Triumph Speed Triple 1200 RR Diungkap, Memadukan Gaya Cafe Racer Modern dan Klasik

Triumph-Speed-Triple-1200-RR

Triumph resmi membuka selubung Speed Triple 1200 RR. Tampilan café racer modern langsung tampak dalam platform berbagi dengan Speed Triple 1200 RS. Namun model lebih rendah dan punya fairing kecil. Ditambah lampu utama berbentuk bulat, sangat mencirikan motor Inggris klasik. Triumph Speed Triple 1200 RR 2022 dibanderol $20.950 (Rp298 jutaan).

Kesan Speed Triple 1200 RS masih tersirat jelas. Masih mengandalkan aluminium twin spar, dengan subframe belakang aluminium bolt-on. Termasuk pula model tangki bahan bakar dan area buntut. Sistem pembuangan serupa, tetapi dirinya sudah dibekali peredam stainless steel dengan tutup ujung hitam.

Tapi kalau dari sisi tampilan, Triumph melakukan lebih dari sekadar menambahkan fairing. Meski bukan sportbike full-faired (karenanya mengapa masih pakai nama Speed Triple dan bukan Daytona), RR dirancang yang jauh lebih fokus pada penggunaan trek. Hampir seluruh panel bodi berbahan serat karbon, memberikan kesan premium.

Triumph-Speed-Triple-1200-RR

Gunakan model half fairing yang estetik, berkontribusi pada siluet yang lebih agresif. Panel depannya itu menggabungkan lampu depan bulat tunggal, menggantikan lampu mata serangga yang ikonik. Di atasnya menempel windshield yang menawarkan perlindungan dari terpaan angin, jadi tampilan cukup sesuai.

Untuk RR, Triumph menambahkan setang clip-on 135mm lebih rendah dan 50mm lebih maju dari pada di RS. Pijakan kaki juga digeser ke atas dan sedikit ke belakang, menciptakan posisi berkendara yang lebih agresif ketimbang model naked. Ketinggian kursi 825 mm atau lebih rendah 12,7 mm dari pelana Speed Triple RS.

Jantung mekanis tidak berubah, tetap berkarakter overbore dengan catatan 90 x 60,8 mm (bore x stroke). Berkapasitas 1.160cc DOHC, 3 silinder segaris, 12-katup, berpendingin cairan. Performanya menghasilkan tenaga 177 Hp pada 10.750 rpm dan torsi 124 di putaran 9.000 rpm. Powernya itu disalurkan ke roda belakang via rantai melalui girboks 6 percepatan. Sistem bahan bakar pakai injeksi elektronik sekuensial multipoint dan sudah lolos uji emisi Euro 5.

Baca Juga: Tujuh Line-up Baru Triumph Bonneville MY 2021 Diluncurkan

 

Triumph-Speed-Triple-1200-RR

Mesinnya itu sudah dipasangkan kopling slip-and-assist. Pada perpindahan gigi ke atas, Triumph Shift Assist menyesuaikan sudut pengapian, bahan bakar, dan throttle untuk mengurangi tekanan pada gigi. Untuk perpindahan gigi ke bawah, sistem mengontrol throttle blip untuk pergantian gigi yang lebih mulus. Teknologi ini berasal dari keterlibatan Triumph di kejuaraan Moto2 dan sudah menjadi piranti wajib di seluruh lini.

Speed Triple RR hadir dengan lima mode berkendara (road, rain, sport, track dan rider-configurable). Perangkat elektronik tergolong lengkap, ada cornering ABS dan cornering traction control system yang dapat dialihkan menggunakan data roll, pitch, yaw, dan akselerasi, untuk menghitung sudut kemiringan dan secara aktif mengontrol ABS dan TC sesuai dengan mode berkendara yang dipilih.

Mode pengendaraan memiliki beberapa tingkat intervensi untuk dipilih dan dapat disesuaikan melalui layar TFT lima inci yang diikat secara optik. Menampilkan konektivitas penuh, navigasi, kontrol GoPro, dan pengatur waktu putaran untuk digunakan di trek. Seperti RS, RR memiliki lampu LED di seluruh bagiannya, termasuk DRL, lampu belakang yang terintegrasi ke unit ekor, lampu sein LED self-canceling. Serta mengaplikasi sistem tanpa anak kunci alias keyless.

Triumph-Speed-Triple-1200-RR

Triumph juga meningkatkan peredam kejut, pakai sistem suspensi semi-aktif dari Ohlins tipe Smart EC 2.0 dan dapat diatur secara elektronik. Suspensi depan dan belakang dapat disetel sepenuhnya, bahkan saat berkendara, dan fitur semi-otonom terus menyesuaikan kompresi dan redaman rebound agar sesuai dengan gaya berkendara, kecepatan, dan akselerasi.

Kedua roda gunakan bahan aluminium cor 17 inci yang ringan sama seperti pada RS. Tetapi sesuai penggunaan harian, kulit bundar pakai Pirelli Diablo Supercorsa SP V3. Ban tipe V3 sudah menggunakan kompon balap yang dikembangkan untuk World Superbike Championship. Menampilkan pula desain tapak baru untuk meningkatkan respons terhadap gaya lateral dan meningkatkan daya cengkeram. Tapi buat kinerja yang lebih kuat, Triumph menawarkan ban Diablo Supercorsa SC2 V3 sebagai opsi tambahan.

Sedan tugas penghenti laju mengandalkan cakram ganda 320mm dengan kaliper monoblok Brembo Stylema di depan dan kaliper 2-piston dan disk tunggal 220mm di bagian belakang. Tuas kopling dan rem pakai Brembo MCS yang dapat disesuaikan.

Speed Triple RR 2022 ditawarkan dalam dua skema cat, Red Hopper dan Storm Grey atau Crystal White dan Storm Grey, dengan striping emas. Kedua pilihan warna ini hadir dengan belly pan berkode dan penutup kursi pembonceng. Tentu saja, Triumph menawarkan pilihan aksesori untuk menyesuaikan Speed Triple 1200 RR, termasuk reservoir rem, lampu sein bergulir, pegangan berpemanas, dan opsi bagasi. (Bgx/Odi)

 

Sumber: CycleWorld, Bennetts

Baca Juga: Triumph Lanjut Memasok Mesin Moto2 hingga 2024

Jelajahi Triumph Speed Triple 1200 RS

Model Motor Triumph

Motor Triumph
  • Triumph Bonneville T120
    Triumph Bonneville T120
  • Triumph Bonneville Bobber
    Triumph Bonneville Bobber
  • Triumph Bonneville Speedmaster
    Triumph Bonneville Speedmaster
  • Triumph Bonneville T100
    Triumph Bonneville T100
  • Triumph Rocket III
    Triumph Rocket III
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Triumph Unggulan

Tren Sport

  • Yang Akan Datang