Varian S diposisikan sebagai Honda BR-V termurah yang hanya punya opsi transmisi manual. Harga ditawarkan Rp281,1 juta (OTR Jakarta). Kami melihat lebih dekat unitnya untuk mengeksplorasi apa saja yang dimiliki. Apakah sepadan dengan banderolnya?
Dari luar sudah terlihat kesederhanaannya. Tampil terondol, sehingga butuh menambahkan aksesori penunjang sendiri biar tampil mewah atau sekadar menyesuaikan kebutuhan. Mulai dari depan, tidak punya fog lamp. Penerangan hanya mengandalkan LED headlamp plus DRL yang memang standar untuk semua varian. Melongok ke atap, tidak ada roof rail. Jadi seakan gundul polos sedikit hilang kesan SUV-nya. Jika perlu mengangkut barang di atap, bisa menambahkan roof bar sendiri.
Kesan murah juga tampak dari pilar B. Dikelir sewarna bodi, tidak hitam seperti trim atas. Lalu pembeda lain bisa dilihat dari antena yang bukan model shark dan masih memakai pelek kaleng ditutup wheel cap. Ukurannya 16-inci sama seperti tipe E, Dibalut ban 215/60 R16.
Tidak ada perbedaan dari dimensi. Panjangnya 4.490 mm, lebar 1.780 mm dan tinggi 1.685. Wheelbase pun membentang jadi 2.700 mm yang sepanjang CR-V, sementara ground clearance menjulang ke 220 mm. Menggambarkan sosok gagah yang makin kental unsur SUV-nya. Polosnya tipe S bisa saja menjadi sarana kreativitas memodifikasi penampilan.
Baca Juga: Detail dan Kelengkapan All New Honda BR-V E CVT
Masuk kabin akan disambut kesederhanaan serupa. Malah terkesan terlalu murah untuk mobil seharga Rp281,1 juta. Apalagi material dasbor juga masih terlihat tipis dan ringkih. Setir sudah pasti sangat polos. Tanpa tombol sama sekali, tidak penuh seperti tipe Prestige yang punya Honda Sensing. Seluruh kursi dilapisi bahan fabric hitam. Masih terasa nyaman dan enak diduduki. Asal hindari makan dan minum di kabin agar terhindar dari kotoran. Atau bisa langsung melapisinya dengan kulit sintetis.
Varian ini tetap menawarkan head unit layar sentuh 7 inci dengan fitur Android Auto dan Apple Carplay. Bagian pengaturan AC juga tetap digital lewat tombol. Tuas transmisi manual 6-percepatan juga tampak simpel. Berikut rem parkir model tarik konvensional.
Fiturnya memang paling sedikit dalam jajaran BR-V. Tapi bukan berarti terlampau spartan. Setidaknya sangat mencukupi sesuai kebutuhan dasar untuk mobil masa kini. Buktinya dari peranti keselamatan, ia sudah tersemat 4 titik airbag. Sisi pengereman lengkap ABS, EBD & BA, kemudian sudah mendapat Vehicle Stability Assist begitu pula Hill Start Assist. Lainnya ada Emergency Stop Signal, ISOFIX+tether, sensor parkir, immobilizer, alarm dan tentunya APAR. Hanya saja tidak akan mendapat kunci Smart Key, melainkan Wave Key biasa.
Dibalik kap mesin masih bersemayam mesin seri L15 4-silinder berkapasitas 1,5-liter. Tapi tidaklah sama seperti BR-V lama. Ini memakai unit serupa milik Honda City Hatchback RS dengan konstruksi DOHC. Dalam satu piston ada dua camshaft yang masing-masing menggerakan dua katup sekaligus. Ada perubahan output meski sangat sedikit. Tenaga menjadi 121 PS di 6.600 rpm dan torsi 145 Nm di 4.300 Nm. Pilihan transmisi hanya manual dengan enam tingkat percepatan. (Odi)
Baca Juga: Xpedisi Tana Toraja, Perjalanan Penuh Cerita Bersama All New Honda BR-V
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.