Vespa 50 Special-e Kejutkan Milan Design Week 2022

Vespa 50 special-e


Sebuah Vespa klasik yang belum pernah ada sebelumnya terlihat di Milan Design Week 2022. Unit yang disebut Vespa 50 Special-e ini lahir dari sebuah konsep yang dirancang oleh Garage Italia. Jadi ini bukan produk massal, melainkan sebuah inovasi. Menariknya, powertrain konvensional dilepas dan diganti dengan tenaga listrik.

KEY TAKEAWAYS

  • Vespa 50 Special-e bukan produk massal, tapi bisa dipesan

    Masih berupa konsep yang dirancang oleh Garage Italia dengan penggerak listrik
  • Vespa berkelir putih gading nan kontras ini merupakan kreasi Lapo Elkann dan Sergio Esposito. Bengkel custom yang dimiliki Lapo telah ada sejak 2015. Ia banyak melakukan pekerjaan restomod, namun selama ini hanya fokus pada mobil. Lapo sendiri merupakan anggota keluarga Agnelli, cucu mantan ketua Fiat Gianni Agnelli. Saudaranya yang bernama John Elkann adalah ketua Ferrari, Stellantis dan CEO Exor, sebuah perusahaan induk dari kedua pembuat mobil itu.

    Vespa 50 special-e

    Markas Garage Italia terletak di Piazzale Accursio di Milan, tempat debut berlangsung. Sementara Vespa 50 Special-e mewakili kiprah pertama Garage Italia ke dunia roda dua. Unit itu mengambil panggung bersama Alfa Romeo Spider Duetto Hybrid yang juga memulai debutnya di Milan Design Week.

    Alasan mereka membuat Vespa 50 Special-e adalah untuk satu hal, yaitu entri terbaru dalam seri ICON-E Garage Italia yang mengubah desain klasik Italia menjadi versi listrik. Intinya tentu saja, karya mereka akan menjadi ikon desain Vespa. Proyek sebelumnya dalam seri ICON-E termasuk Fiat 500 Jolly dan Fiat Panda Integral-e.

    Baca Juga: Ini Jadinya Kalau Vespa dan Justin Bieber Berkolaborasi

     

    Vespa 50 special-e

    “Saya sangat senang dapat mempersembahkan Garage Italia Customs Special-e karena bagi saya Vespa bukan hanya ikon gaya dan desain. Bahkan, saya sangat terikat dengan Piaggio oleh kasih sayang yang mendalam karena sepupu saya Giovanni Alberto Agnelli adalah Presiden perusahaan pada 1990-an. Kepadanyalah saya mendedikasikan kreasi terbaru Garage Italia ini,” kata Lapo Elkann.

    Menurut CEO Garage Italia, Sergio Esposito karya ini bukan kendaraan demonstrasi dan bukanlah versi yang dibuat sekali saja. Ia mengatakan kalau unit ini segera tersedia untuk pre-order melalui saluran resmi Garage Italia.

    Vespa 50 special-e

    “Dengan Vespa 50 Special-e kami membidik langsung ke hati para pecinta turtleneck Italia, melalui desain yang berkesinambungan dengan kesuksesan besar. Vespa semakin memperkuat penceritaannya, dan menghadirkan dirinya di musim panas dengan kesegaran, warna, dan sentuhan kami yang serba Italia. Vespa 50 Special-e bisa langsung dipesan melalui saluran resmi Garage Italia Customs,” ujar Sergio Esposito.

    Vespa 50 Special-e garapan Garage Italia dicat dengan warna putih gading nan kontras. Berbagai detail masih bertahan dengan wujud aslinya. Namun tentu saja dengan sentuhan baru dari tangan dingin Lapo dan Sergio. Rak bagasi depan dan belakang ditambahkan, tapi dalam paket opsional. Spion bertangkai pendek memiliki dial persegi panjang yang mengingatkan dengan bentuk lampu depan. Dari sekian banyak ubahan, tempat duduk model tunggal menjadi ciri khasnya. Dibungkus dengan teknis inovatif. Pakai bahan material kulit dengan tekstur berlian.

    Tidak banyak informasi yang tersedia tentang powertrain listrik yang dipakai. Tetapi paket penggerak menggantikan mesin pembakaran bensin di kompartemen samping. Dengan kekuatan 7 kW dan jangkauannya dikatakan sekitar 100 km dengan sekali pengisian daya. Bila kinerja yang diciptakan sebesar itu, berarti ia lebih unggul dibandingkan dengan teknologi terbaru yang ada di pasaran saat ini. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: Perpaduan Vespa dan Christian Dior Ciptakan Produk Berkelas

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Vespa Unggulan