JAKARTA, Motovaganza.com – Vespa punya banyak pilihan. Kadang bikin bingung, terutama buat mereka yang newbie. Salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah Vespa S 125 i-Get. Tak sekadar tampil modern, dia juga menjadi satu-satunya unit berperawakan sporty. Tentu saja menggoda, terlebih dengan banderol kompetitif.
Wajar, karena memang itulah yang menjadi faktor penentunya.
Vespa S merupakan salah satu produk entry level. PT Piaggio Indonesia selaku pemegang merek mematok harga jualnya di angka Rp 34 juta atau lebih mahal dari produk terbawah lain yaitu Vespa LX 125 i-Get. Namun, tipe S punya nilai jual yang tak bisa disamakan dengan varian LX.
Sekilas pandang, Anda pasti sepakat bahwa Vespa S berpenampilan lebih energik. Lampu kotak yang menjadi identitasnya lantas dipadukan 'dasi' memanjang ke bawah. Maskulin, terutama dengan opsi kelir bodi Titanium Red, Red Matte dan Green Matte. Kemudian dipadu pula dengan penggunaan pelek berwarna hitam.
Tak cuma itu, terjemahan unsur sport juga begitu kentara. Utamanya lewat sematan decal yang menghias area tebeng serta tepong Vespa S. Terakhir, tentu saja desain jok ala single seater. Kendati begitu pengemudi bisa tetap berbagi dengan boncengan, meski porsinya tak sama.
Otomatis cuma itu pembedanya, karena sejatinya tak ada perubahan signifikan terhadap impresi berkendara. Seperti varian lain, Vespa S 125 juga menawarkan posisi berkendara menegak. Tetap nyaman karena setang tinggi dan joknya lebar. Meski menjadikan beberapa penggunanya canggung. Terutama saat berhenti di lampu merah karena memaksa kaki berjinjit.
Baca juga: TIPS: 6 Langkah Merawat Vespa Kesayangan Anda di Rumah
Mesin dan Kenyamanan
Namun, faktor tadi rasanya cuma hal minor dan tak layak diperdebatkan. Toh inilah Vespa, sebuah brand yang 'menjual' historis dan melekat hingga sekarang. Vespa kini juga tak bisa sepenuhnya dikatakan kolot. Nyatanya Vespa S 125 sudah berbekal mesin injeksi dengan 3 buah katup. Mesin i-Get berkapasitas 124,5 cc ini punya output berupa tenaga 10,2 Hp/7.600 rpm dan torsi 10,2 Nm/6.000 rpm. Disebutkan pula, berkat teknologi i-Get ini juga, getaran pada lini Vespa modern seperti S 125 diminimalisir.
Pengendalian memaduan suspensi depan dengan single arm, berpelengkap pegas Helikal beserta peredam kejut tunggal hidrolik. Lalu untuk bagian belakang, mengandalkan shock tunggal dengan 4 setelan kekerasan (preload). Khusus suspensi belakang itu, tak bisa Anda temui pada Vespa LX yang berstatus paling murah. Namun, spesifikasi ini sama dengan kepunyaan Vespa Primavera 150 dan
Sprint 150 yang dijual di atas Rp 40 juta. Item ini juga dipakai oleh Vespa GTS 150 dengan harga jual tembus Rp 50 juta.
Urusan pederaman, Vespa S 125 dibantu sepasang ban tubeless ukuran 110/70-11 dan 120/70-10 (depan-belakang). Sayang pengeremannya hanya mengandalkan cakram (200 mm) di roda depan, sedangkan belakang masih berupa tromol. Memang tanpa ada ABS seperti varian di atas. Tapi untuk ukuran skuter 125 cc, bekalan penghenti laju itu sudah cukup bukan? Yang terpenting Vespa S 125 i-Get dipasarkan dengan harga cukup bersahabat, modis dan sporty.
Baca juga: Servis Piaggio Vespa Bisa Manfaatkan Layanan Antar Jemput Gratis
Spesifikasi Lengkap
Engine |
i-get, 4-Stroke, 3 Valves Single cylinder |
|
|
Ignition |
Electronic injection |
|
|
Capacity |
124.5 cc |
|
|
Maximum Power |
7.6 kW / 7,600 rpm |
|
|
Maximum Torque |
10.2 Nm / 6,000 rpm |
|
|
Cooling System |
Forced Air |
|
|
Transmission |
Automatic CVT (Continuous Variable Transmission) |
|
|
Front Suspention |
Single arm with helical spring and single double-acting hydraulic shock absorber |
|
|
Rear Suspention |
Shock absorber with adjustable preload with 4 settings |
|
|
Front Brake |
220mm disc brake |
|
|
Rear Brake |
110mm drum brake |
|
|
Front Tire |
Tubeless 110/70-11" |
|
|
Rear Tire |
Tubeless 120/70-10" |
|
|
Dimensions |
1,770 mm / 705 mm |
|
|
Wheel Base |
1280 mm |
|
|
Seat Height |
785 mm |
|
|
Fuel Capacity |
7 (± 0.5) liter |
|
|
Emission |
Euro 3 |
Baca juga OTO: Ini Alasan Vespa S Lebih Menarik Ketimbang Model Lain
ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN