Yamaha Indonesia Siapkan Motor Baru Bernilai Jual Rp12,2 Juta, Jenis Apakah Itu?

Yamaha Filano

Ada produk baru yang tengah disiapkan Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. Dalam dokumen instansi pemerintahan. Tertera kode BEJ A/T dengan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (pre-pajak) Rp12,2 juta. Kalau melihat kode di situ, tak ada opsi manual atau MT. Artinya mengacu pada kendaraan segmen skuter matik. Entah entry level atau bukan. Market jenis motor ini di Tanah Air sangat mendominasi. Besarannya di atas 80 persen. Begini analisis Zigwheels mengenai model anyar.

Oke, bagian yang paling mudah ditebak ialah jantung pacu. Kalau melihat besaran angka NJKB, ia bukan jenis skuter Maxi (150 cc ke atas) dari Yamaha. Namun jenis motor matik dengan kubikasi enjin 125 cc. Banyak produk Yamaha menggunakan pemacu di level ini seperti Gear, Mio, Soul GT, Freego dan Fino. Semua memiliki rasio kompresi 9,5:1. Daya maksimum tersalur 7 kW atau 9,52 PS di 8.000 rpm. Sedangkan torsi puncak diraih 9,6 Nm (0,98 kgf.m) sejak 5.500 rpm. Mereka memakai sistem starter elektrik berikut pelumasan mesin 0,80 liter.

Kalau benar Yamaha berkode BEJ A/T itu merupakan skutik klasik. Kelengkapan standar bisa meminjam dari Fino 125 Sporty. Seperti Advance Key System (AKS) yaitu kunci dengan remote yang memiliki fungsi ganda. Yaitu membuka penutup lubang kunci otomatis maupun membantu menemukan lokasi parkir kendaraan. Perangkat ini sangat praktis dalam mendukung kebutuhan generasi muda masa kini.

Baca Juga: Yamaha FreeGo S-ABS Version Mendapat Warna Baru

 

Yamaha Filano rear end

Lantas yang menjadi standar, tersedia Smart Lock System. Penggunaannya bisa lebih aman dan sangat praktis hanya cukup dengan satu jari. Anda dapat mengunci rem saat berhenti di tanjakan maupun turunan. Dukungan lain boleh berupa Smart Side Stand Switch. Mesin tak bakal menyala bila pengendara lupa menaikan standar samping saat hendak bergerak.

Bentuk Yamaha BEJ A/T jua belum diketahui pasti. Tapi jujur, produk Yamaha di Indonesia sudah banyak matik gaya modern. Dari Gear, Mio dan Freego saja memiliki irisan cukup rapat. Market mana lagi yang mau diincar? Namun kalau dari penelusuran Zigwheels. Motor baru cenderung mengarah ke skutik. Sebab sementara ini hanya diwakili oleh Fino semata. Entah bisa menjadi generasi terbaru atau mungkin dengan nomenklatur berbeda.

Yang pasti, sebagai skutik kekinian, ekspektasi bentuk panel meter (speedo meter) berteknologi digital. Walau fisik bergaya jadul namun tetap berorientasi bagi konsumen segala gender dan punya spesifikasi mumpuni. Kalau di pasar Thailand, mereka turut menyodorkan Yamaha Filano bertubuh mirip Vespa. Namun rasanya bukan itu. Untuk lebih jelas, tunggu informasi terbaru. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Cari Tahu Keunggulan dan Kekurangan Yamaha Gear 125 Sebelum Membelinya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Yamaha Unggulan

  • Yang Akan Datang