Yamaha XSR 155 Makin Garang di Tangan Brilliant Custom Motorcycle

Yamaha XSR 155 Makin Garang di Tangan Brilliant Custom Motorcycle
JAKARTA, Motovaganza.com – Versi standarnya saja, Yamaha XSR 155 sudah cukup representatif untuk dikategorikan scrambler. Tapi tak semua orang puas begitu saja. Yamaha Neo Classic yang tenar belakangan ini, digarap menjadi scrambler murni oleh sebuah rumah modifikasi. Adalah Adi, pemilik Brilliant Custom Motorcycles. Bos bengkel yang berada di kawasan Depok ini berhasil menyulap sosok XSR jauh lebih garang. "Konsep Yamaha XSR kali ini jadi Neo Scrambler. Kami ubah dari mulai bikin visornya, spakbor depan, bracket plat belakang, under tank cover, repaint, sama yang paling penting ban. Ini pakai merek Shinko jenis Big Block, ukuran 17 inci. Di depan lebarnya 130 dan belakangnya 150," kata Adi, dalam sambungan telepon. Ia mengatakan penggunaan ban Shinko Big Block ukuran itu sudah paling ideal. Tinggal masuk saja, tanpa harus mengganti swing arm maupun fork depan. Tidak akan bergesekan. Jika memaksa pakai ukuran lebih besar, harus ada penyesuaian lagi di sektor kaki-kaki. Sementara kalau pelek - karena diganti dengan model jari-jari - otomatis teromol depan belakang juga disubtitusi milik Scorpio lawas. Pemasangannya plug and play, karena memiliki lubang as yang sama persis. Sistem pembuangan tak luput dari daftar modifikasi. Adi memasang knalpot custom full system buatannya, ke sosok jangkung satu ini. Bahannya terbuat dari stainless steel. Dan ia telah menyediakan part ini untuk dijual massal. "Knalpot juga diganti. Ini kami buat sendiri, full system. Sudah tersedia untuk dijual massal, tinggal pasang saja. Bukan cuma untuk motor pesanan ini saja. Adjust dengan sistem injeksinya juga tidak sulit kok. Selain itu, bracket plat nomor belakang (model pendek) juga sudah masuk jadi barang produksi kami, lengkap sama seinnya," tambahnya. Baca juga: XSR300, Keluarga Baru Model Retro Yamaha?

By Order

Selain item yang disebutkan, Adi mengaku sisanya masih by order. Mulai dari cover di bawah tangki, spakbor depan dan sebagainya butuh penyesuaian tersendiri. Tergantung konsumen. Dan untuk waktu pengerjaannya sendiri butuh paling tidak satu bulanan. "Untuk pengerjaan unit XSR ini, kurang lebih makan waktu sampai satu bulanan lah. Kalau urusan biayanya, minimal Rp 12 juta, kalau acuan spesifikasinya persis begini," sambung Adi. Namun ia mengatakan, bisa saja kalau mau lebih hemat. Caranya dengan menukar Shinko jadi merek ban yang tingkatnya jauh di bawah itu. Semacam Swallow dan Corsa. Hanya saja ia lebih menyarankan memakai Corsa, karena tampak motor jadi lebih tinggi. Meski kembali lagi pada selera. Baca juga: Beli Yamaha XSR 155 Saat COVID-19? Cek Perubahan Skema Kreditnya

Ganti Silencer

Lantas knalpot juga tak perlu full system. Cukup mengganti silencer saja, disambung dengan leher standarnya. Pelek juga pakai model palang bawaan. Jadi benar-benar hanya menyentuh roda dan knalpot, serta beberapa aspek kecil. Ongkosnya diestimasikan bisa terpangkas, jadi sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 jutaan. Jika Anda penasaran, aliran custom apa saja yang pantas diaplikasikan pada XSR, sejauh ini Adi hanya menyebut dua. Pertama, jelas bergaya Scrambler dan segala turunannya. Lantas kedua, Café Racer. Kalau berpikir mau dirombak jadi Bobber, Cruiser, atau sejenisnya, lebih baik dipikir ulang. Karena rangka Delta Box agak sulit dibuat semacam itu. Baca juga: Pilih-Pilih, Yamaha Vixion R Atau MT-15?

Konversi Yamaha Vixion ke XSR

Di samping sosok XSR 155 yang baru dicustom, ada satu unit motor lagi turut mencuri perhatian. Yamaha Vixion keluaran 2009 juga mereka rombak. Lucunya, tampang motor jadi serupa dengan XSR. Dari fasad, tangki, hingga rangka benar-benar dibedah total. "Nah, kalau konversi dari Vixion ke XSR yang ini, rangka banyak diubah. Subframenya juga dibuat ulang, agak naik. Cover aki juga dibuat nyambung dengan rangka. Tangki, dan lain sebagainya. Unit yang satu ini agak banyak ubahannya, habis sekitar Rp 20 juta," tutup Adi. Baca juga: Inspirasi Modifikasi Yamaha XSR 155 Jadi Neo Scrambler Murni HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023