Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Yokohama Luncurkan Ban Mobil Perkotaan dan SUV

    Produsen ban asal Jepang, Yokohama, merilis BluEarth-GT AE51 dan Geolandar CV G058. Kedua produk diklaim memiliki keunggulan dalam hal performa berkendara. Masing-masing model dijual dengan harga mulai Rp 1 jutaan hingga Rp 2 jutaan. Produk pertama menyasar segmentasi mobil perkotaan. Satunya lagi, dapat diaplikasikan di kendaraan SUV.


    “Kedua ban ini kami kenalkan di Tanah Air, dengan keunggulan di kelasnya masing-masing. Yokohama BluEarth-GT AE51 merupakan ban bagi mobil-mobil grand touring. Tak hanya digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Tapi juga untuk pemakaian harian di perkotaan. Sementara Yokohama Geolandar CV G058 ditujukan untuk mobil-mobil di kelas mid-size dan crossover SUV,” ujar Eka Satria, Deputy General Manager PT YHI Indonesia, dalam siaran pers (16/11).


    BluEarth-GT AE51


    Yokohama Bluearth


    Produk pertama, BluEarth-GT AE51 yang didaulat menjadi penerus dari BluEarth-A AE50. Klaim mereka, ban dirancang agar memberi kesenyapan, kestabilan, kenyamanan berkendara dan ramah lingkungan. Ia juga dijadikan Original Equipment Manufacturers (OEM) dari beberapa merek seperti: Lexus, Toyota serta Mazda.


    Ban BluEarth-GT AE51 memiliki pola telapak asimetris (Asymmetric Pattern) yang dikembangkan secara khusus. Tujuannya agar mampu menyuguhkan pengendaraan baik di sisi luar dalam. Selain itu, tiga garis di bagian tengah (Triple Centre Rib) memastikan stabilitas pada kecepatan tinggi. Alur guratan menyerupai petir (Lightning Grooves) dibilang dapat meningkatkan traksi. Sementara pola potongan pisau (Blade Cut Sipes), memberikan efek rigid demi stabilitas.


    Lalu dikatakan pula bisa irit bahan bakar. Itu berkat penggunaan compound telapak dua lapis supaya menekan kehilangan energi karena panas yang dihasilkan. Profil samping juga dapat mengurangi distorsi. Serta desain bahu dengan relung kecil memfasilitasi pembuangan panas. Penggunan compound terkini pada BluEarth-GT AE51. Merupakan teknologi pencampuran karet Advanced Reaction Technology in Mixing terbaru. Barang anyar ini diproduksi dalam 66 ukuran. Dimulai dari ring 14 hingga 19 inci. Di sini didagang dengan banderol mulai Rp 1 jutaan.


    Geolandar CV G058


    Yokohama Geolander


    Satu lagi, Geolandar CV G058. Ini merupakan produk terbaru bagi mobil mid size dan crossover SUV. Ban jadi penerus G055 yang kali pertama mendebut pada 2012. Menurut Yokohama, produk gres memiliki kemampuan sebagai ban all season atau segala musim. Dikatakan memberi kenyamanan dalam perjalanan jauh. Selain itu, daya tahan karet ditingkatkan plus makin senyap. “Tak dapat dipungkiri. Segmen crossover SUV saat ini merupakan model mobil yang tengah berkembang di seluruh dunia. Termasuk Indonesia. Karena itulah kami menganggap Geolandar CV G058 merupakan produk yang cocok untuk pasar Tanah Air,” Eka mengimbuhi.


    Adapun pola telapak Geolandar CV G058 menampilkan beberapa alur khas (sipe-based pattern - A). Dengan menggabungkan teknologi pabrikan, mereka mengklaim dapat meningkatkan performa keseluruhan. Seperti sipes kombinasi 2D / 3D (B) guna menambah daya tahan ban terhadap keausan tidak rata. Sekaligus mengungkit traksi di jalan basah dan bahkan jika lanskap tertutup salju. Penggunaan empat alur kombinasi di bagian tengah telapak (C) dapat meningkatkan traksi. Sekaligus mencegah gejala hydroplaning. Selanjutnya penggunaan variasi lima pola telapak dibilang meminimalisasi kebisingan.


    Compound terbaru diterapkan berdasar teknologi silika mutakhir milik Yokohama. Selain itu, profil dikembangkan menghasilkan bentuk kontak lebar nan datar. Jadi menambah daya tahan ban serta ketahanan terhadap keausan tidak merata. Sehingga awet dipakai lebih lama. Dibandingkan dengan Geolandar SUV G055 pendahulu. Kini kemampuan pengereman di jalan basah telah meningkat sebesar 12 persen. Stabilitas pengendalian di kondisi basah baik meningkat 13 persen. sementata tingkat kebisingan jalan dan pola telapak masing-masing berkurang 34 persen serta 9 persen.


    Geolandar CV G058 memiliki 43 ukuran. Mulai dari ring 15 hingga 20 inci. Ban dijual mulai dari Rp 2 jutaan. “Kedua produk ini kami harapkan dapat menjadi pilihan bagi konsumen Indonesia di tiap segmen. Nah, selain dua ban itu, kami juga tengah mempertimbangkan untuk mengenalkan satu produk lain. Yaitu Yokohama BluEarth-XT AE61 yang diperuntukan bagi kendaraan urban juga jenis kendaraan crossover,” pungkasnya. (Alx/Odi)

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda