Cara Bawa Mobil Bertransmisi Manual yang Benar Agar Komponen Awet

MT

 

Tren pengguna mobil transmisi matik semakin naik. Namun, masih banyak pula pengendara di Indonesia yang membutuhkan dan menggunakan girboks manual. Ada banyak faktor, mulai dari bentang alam hingga keawetan (cenderung minim kendala) saat digunakan. Suzuki membagi beberapa tips kebiasaan berkendara dengan mobil bertransmisi manual. Sehingga komponen lebih awet, aman dan berkendara jadi semakin efisien.

Kalau menurut Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT SIS. Pengendara mobil bertransmisi manual tentu harus memahami berbagai informasi mengenai kebiasaan berkendara optimal dan benar. Berikut ini merupakan beberapa kebiasaan yang dapat diterapkan bagi pengendara:

 

Geser Tuas Transmisi

Memindahkan tuas transmisi dalam keadaan netral saat berhenti di lampu lalu lintas. Beberapa pengendara ada yang memiliki kebiasaan seperti tidak memindahkan tuas transmisi ke posisi netral (N) saat berhenti. Tepatnya saat menunggu lampu lalu lintas sedang menyala merah. Bahkan posisi kaki masih menginjak pedal kopling dan rem.

Kebiasaan ini tentunya akan membuat otot kaki pengendara menjadi lebih cepat lelah. Dilihat dari faktor keselamatan, hal ini sekaligus menjaga komponen kopling agar lebih awet. Suzuki mengimbau pengendara untuk memindahkan tuas transmisi ke posisi netral. Lalu menggunakan rem tangan saat posisi mobil dalam keadaan diam.

Baca Juga: Cek Sumber Kebisingan Mesin dan Cara Penanganannya

 

Jangan Biasakan Pegang Transmisi Terus-terusan

Beberapa pengendara memiliki kebiasaan seperti meletakkan tangan di bagian tuas transmisi ketika mengemudi. Sebaiknya dihindari kegiatan semacam ini. Karena akan berpengaruh kepada kesigapan pengendara. Suzuki menganjurkan kepada pengendara untuk melepaskan tangan setelah memindahkan tuas transmisi. Lalu kembalikan posisi tangan di lingkar kemudi. Pentingnya posisi tangan selalu di lingkar kemudi adalah untuk memberikan keamanan, keselamatan dan kecepatan reaksi saat berkendara.

 

Keseringan Injak Kopling

Saat mobil berhenti di tanjakan. Tidak sedikit pengemudi menginjak pedal kopling setengah untuk menghindari posisi mobil tidak mundur ke belakang. Padahal kebiasaan ini justru merugikan. Karena membuat gesekan berlebih pada kanvas atau cakram kopling. Jika pengendara dalam kondisi mengharuskan berhenti di tanjakan. Lebih aman agar menggunakan rem tangan supaya mobil tidak bergerak mundur. Dengan meninggalkan kebiasaan menginjak pedal kopling setengah dan menggantinya dengan penggunaan rem tangan. Berkendara pun jadi lebih aman, kopling bisa lebih awet.

“Masih tingginya pengguna mobil bertransmisi manual sering kami jumpai di berbagai wilayah di Indonesia. Kebiasaan mereka saat mengoperasikannya pun ternyata beragam. Maka dari itu, kami merasa perlu memberikan saran agar mengemudi mobil bertransmisi manual bisa terasa lebih nyaman, aman dan awet,” ungkap Hariadi, dalam keterangan tertulis. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Pentingnya Coating Cat Mobil saat Memasuki Musim Hujan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
    Waspada Bahaya Keracunan Karbon Monoksida di Mobil: Kenali Gejala, Pencegahan, dan Tips Aman
    Setyo Adi . Hari ini
  • Yuk! Kenali Pembaruan dan Keunggulan New Honda Civic RS e:HEV
    Yuk! Kenali Pembaruan dan Keunggulan New Honda Civic RS e:HEV
    Alvando Noya . Hari ini
  • Kemenperin Dorong Konsep Green Mobility untuk Industri Otomotif Nasional
    Kemenperin Dorong Konsep Green Mobility untuk Industri Otomotif Nasional
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Maxus G50 Hybrid Debut di Cina, Bisa Lawan Innova Zenix dan Serena di Indonesia
    Maxus G50 Hybrid Debut di Cina, Bisa Lawan Innova Zenix dan Serena di Indonesia
    Anindiyo Pradhono . Hari ini
  • Merek Elektronik Bikin Mobil Listrik, Ini Detail Spek Polytron G3 dan G3+
    Merek Elektronik Bikin Mobil Listrik, Ini Detail Spek Polytron G3 dan G3+
    Anjar Leksana . Hari ini

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
    AION Driveperience 2025 di Bintaro, Ada Test Drive dan Promo Menarik
    Alvando Noya . Hari ini
  • MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
    MG Motor Indonesia Catat Prestasi di PEVS 2025, Mobil Listrik Makin Mendominasi
    Alvando Noya . Hari ini
  • BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
    BMW Indonesia Catat Rekor Q1 2025 dan Pertahankan Dominasi di Segmen Mobil Premium
    Alvando Noya . 08 Mei, 2025
  • Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
    Honda Meluncurkan Civic RS e:HEV di Indonesia
    Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
  • BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
    BMW MINI Eurokars PIK 2 Resmi Dibuka, Hadirkan Konsep Retail Next untuk Pengalaman Premium
    Alvando Noya . 08 Mei, 2025
  • Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
    Racikan Ini yang Bikin Tiggo 8 Chery Super Hybrid Bisa Irit Bensin dan Senyap
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
    Impresi Volvo XC90 Facelift: SUV Premium Plug-in Hybrid, Fitur Keselamatan Lengkap dan Kabin Super Mewah
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
    Harga dan Spesifikasi Lengkap New Honda Civic RS e:HEV
    Anjar Leksana . 08 Mei, 2025
  • Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Suzuki Fronx Siap Meladeni Rival di Segmen Small SUV
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mei, 2025
  • Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Menilik Tawaran Paket Fitur Keselamatan MG 4 EV
    Alvando Noya . 07 Mei, 2025
  • Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Waspada Keracunan Karbon Monoksida di Dalam Mobil, Ini Cara Mencegahnya
    Setyo Adi Nugroho . 06 Mei, 2025
  • Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Rahasia Perawatan Aki Agar Tetap Prima
    Setyo Adi Nugroho . 29 Apr, 2025
  • Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Pentingnya Ganti Oli Kompresor AC Mobil Secara Rutin
    Muhammad Hafid . 15 Apr, 2025
  • Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Waspada Bahu Jalan dan Pahami Aturannya
    Setyo Adi Nugroho . 28 Mar, 2025
  • Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Lawan Kantuk saat Perjalanan Mudik, Pakai Cara Ini
    Setyo Adi Nugroho . 27 Mar, 2025
  • Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Road Test Hyundai Tucson 1.6T-GDi HEV: Seperti Nyetir EV!
    Anjar Leksana . 09 Apr, 2025
  • Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Road Test Mazda CX-80 PHEV: Performa Andal di Medan Pegunungan!
    Muhammad Hafid . 22 Mar, 2025
  • Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Road Test Haval Jolion Ultra HEV: Enak Buat ke Luar Kota
    Alvando Noya . 13 Mar, 2025
  • Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Test Drive BYD Sealion 7: Di Mana Letak Kelebihannya?
    Eka Zulkarnain . 03 Mar, 2025
  • First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    First Drive Chery Tiggo Cross: Mengancam Lawan dengan Paket Fitur dan Harga!
    Setyo Adi Nugroho . 12 Feb, 2025