Pentingnya Melakukan Perawatan Rem Secara Berkala

GR Hilux brakes

Fungsi rem pada mobil sangat penting untuk mengendalikan laju kendaraan. Peran rem sangat vital, untuk itu memerlukan perawatan berkala. Semua beragam jenis rem perlu mendapat perhatian. Seperti rem hidrolik, rem cakram, rem tromol dan juga rem dengan fitur anti-lock braking system (ABS).

Ada beberapa gejala ketika rem memiliki bermasalah. Seperti ada bunyi dari perangkat rem, keluar bau hangus dan rem mobil bergetar. Saat pengemudi menginjak pedal rem dan terasa ada getaran atau berbunyi, itu artinya terdapat permukaan yang tidak rata pada piringan rem atau kondisi kampas rem yang mulai aus. Jika tercium bau hangus terbakar, ada kemungkinan minyak yang terbakar pada lingkar roda. Ini menandakan adanya kebocoran pada kaliper rem.

Perawatan perangkat rem sebenarnya cukup mudah. Paling gampang mengikuti jadwal secara berkala dengan membawa ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan. Ini karena rem termasuk perangkat yang kompleks dan membutuhkan sentuhan tangan mekanik berpengalaman jika mengalami masalah. Bagi pemilik kendaraan awam, yang bisa dilakukan hanya pemeriksaan tinggi minyak rem. Biasanya terletak di dalam kap mesin sejajar posisi pengemudi. Jika terlihat minyak rem berkurang dengan jarak penggunaan kurang dari 20.000 kilometer, itu artinya ada kebocoran dalam sistem pengereman dan perlu segera dibawa ke bengkel.

Baca Juga: Cek Komponen Penting Ini Bila Mobil Terdampak Abu Vulkanik dan Solusi Mengatasinya

brembo brake

Cara lain adalah dengan rajin membersihkan cakram rem. Karena terletak dalam posisi terbuka, bahkan menghadap jalan sehingga resiko terpapar debu maupun kotoran. Bersihkan area permukaan cakram secara rutin terutama pada musim hujan. Jika mulai berkarat dapat membersihkan dengan cairan pembersih agar fungsinya tetap maksimal.

Bila kerap mendengar decitan di pedal rem, segera periksa permukaan kampas rem. Apakah mulai menipis atau kampas rem yang menipis. Jika piringan cakram mulai menipis maka sebaiknya mengganti dengan yang baru. Jika hanya permukaan tidak rata biasanya bisa dibubut namun ini tergantung dengan kondisi cakram.

Pemeriksaan juga dilakukan di bagian kaliper rem. Perangkat ini sebenarnya jarang bermasalah, namun ada beberapa hal yang dapat mengurangi performanya. Ini membuat rem bergoyang atau bergeser sehingga membuat laju mobil tersendat jika pedal rem diinjak.

Selain perawatan, perlu juga mengetahui cara rem yang benar. Ini juga untuk menjaga performanya. Jangan menginjak pedal rem terlalu keras, selalu perhatikan jarak dengan kendaraan lain agar bisa mengantisipasi pengereman. (Sta/Odi)

 

Baca Juga: Masuki Musim Hujan, Jangan Lupa Cek Kondisi Kampas Rem Mobil

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang