Perhatikan Hal Berikut Sebelum Beli Mobil di Pameran Otomotif

Namanya pameran otomotif, pasti banyak bertabur promo dan diskon menarik. Apalagi pemerintah memberi insentif potongan PPnBM yang beragam. Mulai dari kendaraan berkubikasi 1.500 cc hingga 2.500 cc. Deret kendaraan itu tersaji di IIMS Hybrid 2021. Jangan bingung lantaran banyak tawaran menggoda. Ada sejumlah langkah agar calon konsumen dapat memiliki kendaraan idaman. Tepat sesuai dengan kebutuhan masing-masing personal. Dan cara pandang mengenai hal ini tak bisa disamaratakan.


Pilih Tipe Mobil Paling Cocok


Cermati dulu tipe mobil apa yang paling cocok dengan kebutuhan Anda. Kemudian perhitungkan, apakah mobil bertipe small car dirasa sesuai untuk mendukung kebutuhan atau tidak. Apakah Anda membutuhkan kendaraan bertipe SUV? Lantas SUV berukuran manakah yang sesuai jumlah anggota keluarga Anda. Buat daftar checklist.


Anda perlu mencatat hal-hal yang penting diperiksa ketika sesi test drive. Sehingga dapat melakukan perbandingan setimpal, antarkendaraan. Daftar checklist ini meliputi karakteristik kendaraan seperti: akselerasi, kemudi, handling, pengereman, warna eksterior diinginkan, kenyamanan di dalam kabin (seperti kursi, akses keluar masuk dan ruang kargo). Perhatikan pula jarak pandang, hingga teknologi serta fitur tersedia. Penting untuk berdiskusi dengan keluarga atau sahabat terdekat, mengenai kendaraan yang Anda pertimbangkan. Mereka juga mungkin mengenal seseorang yang memiliki kendaraan sama. Dan dapat memberikan masukan dari pengalamannya.


toyota IIMS 2021


Rasakan Kenyamanan Kabin


Dapatkah Anda masuk dan keluar kendaraan amat mudah? Periksa ketinggian mobil. Apakah dilengkapi dengan side-step. Seberapa nyaman dan jumlah konfigurasi kursi. Bisakah calon konsumen mengatur posisi jok secara mudah? Kemudian rasakan kenyamanan kabin, terutama menyesuaikan posisi lingkar kemudi tanpa kesulitan, jika sering mengemudi sendiri. Periksa juga, seberapa luas pandangan dari dalam, ke depan, samping, serta belakang melalui kaca spion.


Kenali Fitur dan Teknologi


Jangan lupa untuk mempelajari sistem infotainment bawaan. Cobalah selami apa saja kegunaan fitur, setiap tuas, tombol dan lainnya. Saat menjajal mobil tes, pahami arti semua ikon pada tampilan meter cluster, terutama yang berkedip. Kemungkinan fitur keselamatan ini belum pernah Anda temui di kendaraan sebelumnya. Lalu cek kebutuhan perawatan. Simak interval perawatan kendaraan, serta cari informasi mengenai biaya servis yang dianjurkan sesuai buku servis.


Test Drive Dulu


Kalau sebagian besar perjalanan Anda berada di jalan raya, maka cobalah test drive di jalan serupa. Pastikan kenyamanan berkendara. Jika calon konsumen sering parkir di tempat yang sempit, maka harus dicoba melakukannya juga. Jangan hanya mengikuti rute yang direkomendasikan oleh tenaga penjual.


Tidak Impulsif Ambil Keputusan


Sebaiknya tidak membeli mobil pada hari yang sama saat Anda mengujinya. Wangi mobil baru dapat menggoda calon pelanggan untuk membuat keputusan impulsif. Namun ada baiknya pertimbangkan dengan matang. Setidaknya menunggu satu atau dua hari sebelum memutuskan. Lakukan perbandingan harga. Merek mana yang memberikan promosi-promosi khusus, yang ditawarkan melalui pameran berskala besar seperti IIMS Hybrid 2021.


Sesuaikan Anggaran


Beberapa konsumen acap kali memiliki berbagai kebutuhan di saat yang bersamaan. Seperti cicilan rumah, motor atau lainnya. Dengan ketersediaan cash terbatas, opsi kredit dapat menjadi pilihan untuk memiliki kendaraan yang diinginkan. Sejumlah hal berikut bisa jadi masukan buat Anda, sebelum memilih skema pembayaran.


Jangan terpancing penawaran DP rendah. Ada alasan tersendiri mengapa sales mobil mematok angka DP yang terbilang tinggi. Bahkan dengan jangka waktu kredit (tenor) sekitar empat sampai lima tahun. Hal ini dilakukan agar Anda tidak terjebak dalam skema penawaran uang muka ringan. Yang sebetulnya memberatkan dalam pembayaran saban bulan.


Wajib diperhatikan biaya-biaya ekstra di luar pembayaran kredit. Berbagai ongkos tambahan seperti administrasi, asuransi dan provisi biasa dikenakan di awal pembayaran kredit. Agar tidak menyulitkan, pastikan biaya-biaya tambahan ini telah diperhitungkan sebelumnya. Sehingga tidak mengejutkan Anda saat melakukan pembayaran kredit.


Dan terakhir, lihat perbandingan penghasilan tetap dengan cicilan yang ditawarkan. Batas maksimal disarankan untuk pembayaran cicilan kredit adalah sepertiga (sekitar 30 persen) dari keseluruhan penghasilan tetap. Maka, selalu pertimbangkan penawaran kredit. Tujuannya agar Anda tidak kesulitan mengatur keuangan yang dibutuhkan. Jadi proses pembayaran bulanan bisa lancar. Komunikasikan hal ini bersama keluarga, agar kondisi aliran uang bisa terpantau jelas. (Alx/Odi)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda