Kawasaki Ninja 250SL vs Suzuki Gixxer SF 250, Adu Sporty Fairing Silinder Tunggal

Gixxer vs Ninja

Suzuki Gixxer SF 250 datang tapi bawa spek bertolak belakang dengan lawan-lawannya. Di saat kompetitor lain sudah beranjak ke 2-silinder dan ada yang 4-silinder, Suzuki tetap pede masukkan Gixxer walau hanya 1-silinder. Jadilah kurang berimbang melawan para pemain utama klasemen sport fairing 250 cc. 

Namun masih ada pesaing paling pantas diadu dalam segala aspek. Ialah Kawasaki Ninja 250SL. Walau sudah eksis tahunan lebih cepat, baru sekarang mendapat lawan sepadan. Gixxer pun membawa perlawanan ketat antarsesama sport 250 cc 1-silinder. Bersaing di pasar yang boleh dibilang ceruknya kurus itu, siapa yang paling pantas untuk dipinang? 

 

Desain

 

Suzuki Gixxer SF 250

Secara konsep, Suzuki Gixxer SF 250 jelas sebuah sport touring lantas posisi riding tak terlalu menunduk ketimbang Ninja 250SL. Fascia depan terlihat sporty dengan siluet lampu yang dibuat sedikit mirip dengan GSX600R. Sementara desain fairingnya juga cukup atraktif, ada semacam lubang angin untuk memenuhi fungsi aerodinamika. Bila Anda mengincar motor seperempat liter fairing dengan tampilan sport namun dan ada nuansa touring-nya, Gixxer SF 250 bisa dijadikan pertimbangan.

Sementara buat Anda yang lebih memilih tampilan racy dan kental aura sporty, Kawasaki Ninja 250SL bisa memenuhi itu. Posisi berkendaranya cukup 'mengintimidasi' lewat penggunaan setang model underyoke-nya. Dari bagian depan, samping, sampai ke buritan tarikan garis tajam konsisten hadir di motor besutan geng hijau.

 

Dimensi

Kawasaki Ninja 250SL

Memandang sekilas kedua motor ini, mereka sama-sama punya postur minimalis dan proporsional. Suzuki Gixxer SF 250 memiliki panjang 2.010 mm, lebar 740 mm, tinggi 1.035 mm, ground clearance 165 mm. Sementara bobotnya 161 kilogram dengan volume tangki BBM mencapai 15 liter.

Adapun Kawasaki Ninja 250SL punya panjang 1.935 mm, lebar 685 mm, dan tinggi 1.075 mm. Kemudian untuk ground clearance-nya 165 mm dengan total bobot 151 kilogram. Oh iya, tangki BBM mampu menenggak bensin sampai 11 liter.

Jika membandingkan, Suzuki Gixxer SF 250 tampil lebih gambot ketimbang Ninja 250 SL. Namun produk Suzuki lebih berat, selisih tembus 10 kilogram.

Baca Juga: Honda Beat Deluxe vs Suzuki Nex II Elegant, Harga Terpaut Tipis Pilih yang Mana?

 

Performa

Suzuki Gixxer SF 250

Meski mengusung mesin 1-silinder, ternyata keduanya mengemas konstruksi enjin dan teknologi berbeda. Mungkin saja menyesuaikan dengan konsep yang diusung.

Suzuki Gixxer SF 250 dibekali mesin 249 cc, SOHC, 1-silinder, 4-katup, 4-tak, pendingin oli (SOCS), dan sudah berpengabut injeksi. Klaim pabrikan, dengan penggunaan jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga maksimal sampai 25,6 PS pada 9.000 rpm dan torsi puncak 22,6 Nm di putaran mesin 7.500 rpm. Output tersebut disalurkan lewat transmisi manual kopling 6-percepatan.

Sementara Kawasaki Ninja 250 SL hadir dengan mesin 249 cc, 4-Tak, satu silinder, DOHC, 4-katup, pendingin cairan, berpengabut injeksi. Tenaga yang dihasilkannya sebesar 28 PS pada 9.700 rpm dan torsi 22,6 Nm di 8.200 rpm. Tenaga ini disalurkan dengan transmisi manual 6-percepatan.

Di atas kertas, Kawasaki Ninja 250SL lebih unggul dari sektor performa. Apalagi motor ini juga punya bobot total lebih ringan sampai 10 kilogram, yang tentu mempengaruhi akselerasi dan kecepatan ketika dipacu di jalan.

 

Kelengkapan Fitur

kawasaki ninja 250SL

Nah, ketika membeli motor, tentu sektor ini juga tak luput dipertimbangkan. Suzuki Gixxer SF 250 dibekali sistem pencahayaan depan dan belakang LED, namun untuk sein masih mengusung bohlam konvensional. Dia juga sudah memakai panelmeter full LCD dan pengereman dual ABS (Anti-lock Braking System).

Sementara penerangan Kawasaki Ninja 250SL masih halogen biasa. Kemudian belum tersemat fitur keselamatan aktif ABS di roda depan dan belakang. Kendati demikian, sudah mengaplikasikan panel meter full LCD yang memberi informasi penting.

 

Harga

Pertanyaannya siapa yang lebih terjangkau? Kawasaki Ninja 250 SL paling murah. Dia dibanderol Rp35,9 juta OTR dengan opsi kelir putih dan hijau, sementara Suzuki Gixxer SF 250 dijual seharga Rp49,3 juta hadir dalam pilihan warna Triton Blue/Silver (100th Year Anniversary Edition), Metallic Triton Blue, dan Metallic Matte Black.

 

Pilih yang Mana?

Jawabannya hanya Anda yang bisa menentukan. Tapi jika boleh memberi saran, kalau mencari tampang segar maka Suzuki Gixxer SF 250 bisa dipertimbangkan. Motor ini cocok juga buat pengendara yang lebih mementingkan keergonomisan dan nyaman untuk dikendarai.

Sementara jika ingin tampil lebih agresif dan racy, Kawasaki Ninja 250SL punya hal itu. Mesinnya sudah DOHC, pendingin cairan, dan punya power maksimal sampai 28 PS. Harga yang ditawarkan juga lebih murah ketimbang Suzuki Gixxer SF 250. Namun Anda akan dapat motor dengan tampilan 'itu-itu' saja, karena 250 SL sudah lama tak dapat pembaruan. (Kit/Odi)

 

Baca Juga: Yamaha WR 155R vs Honda CRF150L, Mencari yang Cocok untuk Gaya Bertualang Anda

Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250SL Comparison

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Suzuki Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi