Komparasi Toyota Corolla Cross 1.8 Gasoline vs Honda HR-V 1.8 Prestige

Segmen crossover kompak tambah seru. Pilihannya makin beragam setelah kedatangan Toyota Corolla Cross. Bergaya SUV yang sanggup mengakomodir lima penumpang, lanjut dibekali pemacu 1.800 cc. Ada varian hybrid dan non-hybrid. Untuk versi pemacu tunggal, layak disandingkan dengan Honda HR-V 1.8 Prestige. Sedang mencari crossover dengan fitur paling lengkap, keduanya patut masuk opsi. 


Datang dari nama besar memberikan ketenangan tersendiri. Sewajarnya masuk di akal kebanyakan orang. Kendati begitu, dari segi harga kembali ke bujet masing-masing. Honda HR-V Prestige dibanderol Rp 415,7 juta sementara Toyota Corolla Cross Gasoline Rp 457,8 juta. Terdapat selisih lumayan jauh, siapa yang lebih berpotensi memuaskan hasrat atau kebutuhan Anda?


Daya Pikat Tampilan Luar


Toyota Corolla Cross


Urusan gaya, keduanya memikat dengan cara berbeda. Toyota Corolla Cross membawa nuansa kental SUV dengan komposisi kepala empat pilar. Terlihat rugged sekaligus berkelas, juga menonjolkan kepraktisan pemakaian. Grille besar di depan menegaskan rasa mewah bersama trim kromium di beberapa titik. Namun, eksekusi desain keseluruhan mungkin terlihat konservatif dan sederhana.


Lain cerita pada HR-V prestige, lenggokan tubuh cenderung manis dan futuristis. Keunikan ia pancarkan melalui profil tubuh membulat dengan fasad depan memicing intimidatif. Ada nuansa Accord bila mencari sisi berkelas. Pun nuansa kasar diminimalisir oleh gebyuran cat sewarna bodi pada elemen cladding.


Honda HR-V Prestige


Terlepas dari rancangan, keduanya menawarkan fitur serupa di bagian eksterior. Mereka bawa penerangan full LED. Mulai lampu utama, tail light, DRL, sampai lampu kabut semua berasal dari pendar dioda. Bergengsi pula lantaran melekat sunroof elektris di atap. Tak hanya itu, kemudahan akses smart entry dengan tombol di handle pintu dapat dinikmati.


Kendati begitu, Corolla Cross boleh unggul dalam hal kepraktisan pengangkutan. Tergambar dari desain eksterior, dikonfirmasi oleh data spesifikasi. Ia mencatatkan dimensi 4.460 x 1.825 x 1.620 mm (PxLxT). Pemain Honda jauh lebih mungil dengan pengukuran 4.294 x 1.772 x 1.580 mm. Atas dasar ini, Corolla jangkung menjanjikan ruang bagasi ekstra. Tak perlu dikhawatirkan juga menyoal area kabin, dipastikan lebih lapang berkat wheelbase panjang.


Keatraktifan Kabin


Toyota Corolla Cross


Familiar, kata ini berlaku untuk desain interior kedua kontestan. Kalau HR-V disebabkan eksistensinya yang sudah cukup lama, Corolla Cross sendiri karena mengadopsi dasbor dari sang sedan. Yang jelas menyuarakan sensasi premium. Ada sebaran panel soft-touch baik itu di door trim, dasbor, sampai ke konsol tengah. Tak ketinggalan setir dibungkus leather berisi kontrol audio dan cruise control.


HR-V Prestige tawarkan kesan driver oriented. Konsol tengah tinggi seakan mengisolasi ruang kokpit, ditambah lagi pemanfaatan panel instrumen besar serta paddle shifter. Di lain sisi, Corolla Cross cenderung sederhana dan mementingkan kenyamanan seluruh penumpang. Contoh untuk pengatur suhu, mengusung sistem otomatis dual zone ditambah blower khusus penumpang belakang. HR-V sendiri sebatas dibekali single zone climate control tanpa kisi AC belakang.


Honda HR-V Interior


Namun, HR-V patut dilirik atas kecanggihan pengoperasian. Berikan kemudahan manuver lewat rem parkir elektrik berikut fitur auto hold. Dengan demikian, tidak perlu repot dalam kondisi lalu lintas stop and go. Begitu mobil sudah berhenti, ia bakal menahan laju secara otomatis. Tinggal injak pedal gas untuk melanjutkan perjalanan. Sementara itu, Corolla Cross masih mengadopsi rem parkir konvensional dari kaki.


Sarana hiburan dengan fungsi kekinian dimiliki keduanya. Layar 9 inci dipakai Toyota, dan 8 inci di Honda. Konektivitas smartphone mereka bawa, hanya saja Toyota sematkan satu gimmick menarik. Adalah sensor Near-Field Communication (NFC) untuk membaca saldo e-money. Well, memudahkan pengecekan agar tidak nyangkut di pintu tol karena kurang awas.


Adu Performa 1.800 cc


Toyota Corolla Cross


Pemacu 1.800 cc naturally aspirated dimanfaatkan Honda dan Toyota untuk crossover mereka ini. Disayangkan Honda tidak menunjukkan taringnya. Ekstraksi tidak begitu besar namun mungkin diimbangi oleh tubuh mungil HR-V. Unit 4 silinder segaris 16 katup kepunyaan Honda siapkan ekstraksi 139 PS pada 6.500 rpm. Keluar setelah momen puntir 169 Nm memuncak di 4.300 rpm.


Di atas kertas, lontaran tenaga Corolla Cross sedikit lebih unggul. Menyiapkan total 140 PS di 6.400 rpm bersama torsi puncak 172 Nm di 4.000 rpm. Tapi dalam hal performa memacu boleh jadi mirip lantaran ‘jip’ Corolla memiliki bodi lebih besar. Pun keduanya menerjemahkan putaran mesin ke roda depan melalui transmisi CVT.


Safety Lengkap


Jangan khawatir menyoal keselamatan. Honda HR-V Prestige merupakan varian termahal dan mengadopsi safety features paling komplet di keluarganya. Standar seperti sabuk pengaman tiga titik untuk seluruh penumpang dan sistem pengereman ABS+EBD+BA tidak perlu ditanya. Pasalnya, modul elektronik dalam urusan handling datang meramaikan. Meliputi Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA).


Cerita serupa ditemukan pada Corolla Cross, sama lengkapnya. ABS+EBD+BA, hingga kontrol stabilitas elektronik dan HSA dimiliki. Berbeda sedikit dalam urusan kantung udara. Tersemat airbag 7 titik pada Corolla Cross. Termasuk dual SRS Airbag, Knee Airbag, dan Side serta Curtain Airbag. Di Honda, kantung udara untuk kaki pengemudi absen dari daftar.


Simpulan


Honda HR-V Prestige dukung kenikmatan penggunaan dalam kota. Mengingat ia memiliki dimensi jauh lebih kompak ketimbang Corolla Cross. Juga fitur seperti auto brake hold yang meringankan beban komutasi. Di lain sisi Corolla Cross boleh dibilang jadi kontestan all-rounder. Dalam komposisi lima penumpang, kapasitas bagasinya jelas lebih luas. Tidak salah dipilih kalau punya anggaran lebih. (Krm/Odi)


Sumber: Oto.com

Artikel yang direkomendasikan untuk anda