Macam-macam Kawasaki KLX, Trail untuk Harian hingga Off-road Serius

Kawasaki KLX230 R

Ragam pilihan KLX ditawarkan Kawasaki Indonesia. Jumlah yang banyak untuk menyasar pasar lebih luas dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan maupun bujet. Mulai dari versi standar buat penggunaan harian, hingga versi terondol untuk bermain di tanah. Berikut ragam model KLX yang ada di Indonesia.

KLX 150

KLX 150

Termasuk varian paling murah dibanding yang lain, dibanderol Rp30,1 juta (OTR Jakarta). Pembedanya ada di bagian roda, pakai ukuran 70/100-19 inci di depan dan 90/100-16 inci di belakang. Suspensi depan masih jenis teleskopik berdiameter 33 mm. Belakang menggunakan model unitrack dengan setelan 5 tingkat preload. Secara umum, KLX 150 memiliki berat kosong 116 kg, dengan ground clearance 255 mm, dan wheelbase 1.355 mm.

Mesinnya 144 cc SOHC satu silinder berpendingin udara. Tenaga yang mampu dikail mencapai 11,8 hp di 8.000 rpm dan torsinya 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Daya disalurkan dari transmisi 5-percepatan manual. Bodinya ramping dan menghasilkan posisi riding yang nyaman. Motor ini ditujukan untuk rider pemula. Kawasaki menyebutnya “easy to ride for new riders and satisfying for experienced riders”. Tersedia dua pilihan warna: hitam dan hijau. Harga yang ditawarkan Rp31 juta OTR Jakarta.

KLX 150L

KLX 150L

Bodi sama dengan versi standar, tapi ia hadir mengusung grafis retro. Terlihat dari striping yang mirip Kawasaki KDX dan KX Series era 80-an. Untuk tipe ini hanya tersedia satu warna, hijau dengan motif retro. Joknya beda dari varian lain, pakai warna biru.

Sektor mesin sama, memakai kapasitas 144 cc SOHC berkonfigurasi satu silinder, karburator, dan sistem pengapian DC-CDI. Beda di sektor kaki, roda pakai ukuran 21 inci depan dan 18 di belakang. Dipasangkan ‘ban tahu’ berukuran 2.75 depan, dan 4.10 belakang.

Efek dari roda lebih besar dari varian standar, membuat dimensi lebih panjang, 2.080 x 830 x 1.155 mm (PxLxT). Selain itu, ground clearance jadi 295 mm, dan tinggi jok 870 mm. Bobotnya naik 2 kg dari versi standar ke 118 kg. Kapasitas tangki bahan bakar 6,9 liter. Bila ingin meminang KLX 150L standar, siapkan mahar Rp32,6 juta on the road (OTR Jakarta)

KLX 150BF

KLX 150BF

Huruf BF di belakangnya merupakan kode dari Big Foot. Artinya, trail ini punya area kaki-kaki yang lebih advance dibanding tipe standar. Ukuran rodanya masih sama, 21 inci depan dan 18 inci belakang. Ban juga sama persis. Bedanya dia sudah pakai suspensi upside down di depan berdiamater 35 mm. Diameter piringan cakram juga lebih besar, yaitu 240 mm depan dan 190 mm belakang. Menjanjikan daya cengkram lebih baik.

Dimensi bodi lebih pendek 10 mm, dan makin ramping 5 mm dari model ‘L’ maupun standar. Ground clearance dan tinggi jok sama dengan tipe L. Masing-masing 295 mm dan 870 mm. Berat motor dan kapasitas tangki bahan bakar masih sama.

Tersedia satu pilihan warna, hijau motif hitam. Bila tertarik, siapkan dana sebesar Rp35 juta (OTR Jakarta).

Baca Juga: Skutik Juga Bisa Tampil Gagah ala Motor Adventure, Berikut Pilihannya

KLX 150BF SE

Kawasaki KLX 150 BF SE

Tambahan huruf SE tapi masih identik dengan KLX 150BF. Bedanya, ia cukup mumpuni dalam menerjang medan off-road, lantaran punya tambahan aksesori, semacam hand guard, engine guard, serta aksen warna hitam pada bagian bodi dan pelek. Tersedia dalam empat pilihan warna: biru, hijau, merah dan kuning. Semuanya gunakan tabung upside down berkelir emas. Dilego Rp37,7 juta (OTR Jakarta).

KLX 150 BF maupun BF SE punya mesin sama. Berkapasitas 144 cc SOHC berkonfigurasi satu silinder, karburator, dan sistem pengapian DC-CDI. Tenaga yang dihasilkan mencapai 11,8 hp di 8.000 rpm dan torsinya 11,3 Nm pada 6.500 rpm. Dayanya disalurkan dari transmisi 5-percepatan manual.

KLX 230

harga KLX 230

Secara tampilan, KLX 230 berbeda dengan KLX series lain. Ia punya batok lampu yang lebih besar. Tersedia dua tipe, standar dan SE. Dibedakan dengan corak di bodi, tambahan aksesori dan pelek berkelir hitam. Masing-masing dijual Rp43,3 juta dan Rp45,8 juta OTR Jakarta.

Jantung pacunya dibekali mesin injeksi satu silinder, 233 cc, SOHC, 2-katup, berpendingin udara, dipadankan transmisi 6-percepatan. Diameter dan langkah sebesar 67 x 66 mm dengan kompresi rasio 9.4:1. Mencatat 18,7 Hp untuk tenaga dan torsi 19,8 Nm. Mesin ini mampu menghadapi rintangan dan memberikan performa trail riding sangat baik.

Menggunakan perimeter frame baru yang dapat memberikan kestabilan handling. Ditunjang telescopic fork untuk depan dan new uni track swingarm berbahan alumunium belakang. Punya bobot kering hanya 132 Kg (Standar) dan 133 Kg (SE). Tangkinya dapat menampung bahan bakar sebanyak 7,5 liter.

Trail ini menggunakan ban ‘tahu’ dengan ukuran 2.75-21 depan dan 4.10-18 belakang. Untuk bagian pengereman, motor ini disokong single disc berdiameter 240 mm depan dan 220 mm belakang. Secara keseluruhan, KLX 230 bertenaga, ringan, mudah bermanuver dan menjadi motor ideal untuk penggunaan harian maupun off-road.

KLX 250

kelebihan KLX 250

Hadir dengan kapasitas mesin yang lebih besar. Lalu dilengkapi dengan berbagai komponen untuk melibas jalanan aspal maupun berlumpur. Modelnya mengacu pada Kawasaki KX motocross yang gesit. Saat ini dirinya dijual Rp65,1 juta OTR Jakarta. Hanya ada satu warna, hijau Kawasaki yang khas.

Dari sektor dapur pacu membawa mesin injeksi 250 cc DOHC 4-katup, berpendingin cairan, dipadankan sistem transmisi 6-percepatan dan sudah mengantongi sertifikasi EURO3. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 21,4 Hp pada 7.500 rpm dan torsi 21 Nm di putaran 7.000 rpm.

Tetap memakai rangka jenis diamond yang terbukti kuat dan lentur serta swingarm dari bahan alumunium yang terkenal ringan. Dilengkapi dengan suspensi depan upside down berdiameter 43 mm. Belakang monoshock jenis unitrack dengan pengaturan compression, rebound dan spring preload.

Panel Kawasaki KLX 250 sudah full-digital dan lampu depan jenis clear diamond, membuat pencahayaan saat malam hari lebih baik. Dengan ground clearance 280 mm dan ban depan 21 inci serta 18 inci belakang, menjamin siap menerjang segala medan jalan.

KLX 140R F

KLX 140R F

Hadir sebagai pendatang baru. KLX 140R F MY2022 punya bobot lebih ringan 20 kg dari KLX reguler. Beratnya cuma 99 kg. Faktor itu didukung dari pelek dan swing arm yang dibuat dari bahan alumunium. Motor tanpa STNK ini dijual Rp38,3 juta.

Secara tampilan, dia mengacu pada motocross tulen. Tanpa dilengkapi alat kelengkapan lalu lintas, headlampnya cuman ditutup cover tipis layaknya Kawasaki KX series. Tidak ada lampu sein, kaca spion maupun dudukan pelat nomor. Bagian dashboard ataupun setang bisa dibilang trondol bahkan tidak disediakan speedometer. Didesain untuk medan off-road, dan cocok digunakan untuk para pehobi jalur ekstrem.

Basis mesinnya mirip dengan KLX 150 yakni mesin 144 cc, SOHC, 2-valve, berpendingin udara dengan sistem pengapian DC-CDI. Ukuran diameter x langkahnya 58 mm x 54,4 mm dengan perbandingan Kompresi 9.5:1. Ia bisa menghasilkan power maksimum 8,3 kW (11 Hp) pada 8.000 rpm dan torsi maksimum 12 Nm di putaran 6.000 rpm. Untuk tipe ini dirinya tidak lagi menggunakan karburator Mikuni melainkan Keihin PB20. Tenaganya itu disalurkan ke roda belakang via transmisi manual 5 percepatan.

Untuk suspensi masih seperti pendahulunya, menggunakan teleskopik berdiameter 33 mm di depan dengan rubber boot cover dan monoshock unit-rak dengan tabung reservoir di belakang. Bisa disetel preload, compression dan reboundnya. Sedang rodanya pakai 21 inci di depan dan 18 inci belakang.

KLX 230R

KLX 230R

Terlahir sebagai motor pure off-road dan tidak dibekali fitur street legal, seperti lampu, speedometer, dan spion. Basisnya sama seperti KLX 230. Perbedaan lain dibanding versi reguler yaitu berat hanya 115 kg, wheel travel yang lebih panjang (250 mm), dan ground clearance lebih tinggi (300 mm).

Tidak ada kick starter, hanya tersedia elektrik start. Tombol untuk mematikan mesin terdapat di sisi kiri setang. Tangkinya dapat menampung bahan bakar sebanyak 6,6 liter. Secara keseluruhan, KLX 230R bertenaga, ringan, mudah bermanuver dan menjadi motor ideal untuk off-road adventure.

Menggunakan All-new perimeter frame yang dapat memberikan kestabilan handling. Ditunjang telescopic fork untuk depan dan new uni track swingarm berbahan alumunium belakang. Punya bobot kering hanya 115 kg.

Penggerus tanah menggunakan ban ‘tahu’ dengan ukuran 80/100-21 51M depan dan 100/100-18 59M belakang. Untuk bagian pengereman, disokong single disc berdiameter 213 mm depan dan single disk 186 mm belakang.

Punya ciri khas layaknya dirt bike, KLX 230R punya suspensi panjang. Bagian depan 250 mm dengan diameter as 37 mm. Hasilnya mampu meredam jalanan bergelombang, dan dengan mudah menghindari bebatuan.

Jantung pacunya sama dipakai KLX 230. Dibekali mesin injeksi satu silinder, SOHC, 2-katup, berpendingin udara, dipadankan sistem transmisi 6-percepatan. Diameter dan langkah sebesar 67 x 66 mm dengan kompresi rasio 9.4:1. Hanya saja memiliki tenaga sedikit lebih besar dibanding versi legalnya. Di atas kertas, tenaga KLX 230R mencapai 14,6 kW (20 PS) pada 8.000 rpm dan torsi 20,6 Nm pada 6.000.

KLX 230R dipasarkan dalam harga Rp49,3 juta. Tidak seperti versi legal yang punya banyak pilihan warna, ia hanya digebyur Lime Green saja. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Deretan Kawasaki KLX Series Khusus Pehobi Trail dan Off-road

Jelajahi Kawasaki KLX 150L

  • Tampak belakang serong Kawasaki KLX 150
  • Ban depan Kawasaki KLX 150
  • Lampu depan Kawasaki KLX 150
  • Knalpot Kawasaki KLX 150
  • Jok Kawasaki KLX 150
  • sandaran kaki Kawasaki KLX 150
  • Rem depan Kawasaki KLX 150
  • ban belakang Kawasaki KLX 150
Kawasaki KLX 150L
Rp 37,3 Juta Cicilan : Rp 851.053

Model Motor Kawasaki

Motor Kawasaki
  • Kawasaki KLX 150L
    Kawasaki KLX 150L
  • Kawasaki Ninja ZX-25R
    Kawasaki Ninja ZX-25R
  • Kawasaki D-Tracker
    Kawasaki D-Tracker
  • Kawasaki Ninja 250
    Kawasaki Ninja 250
  • Kawasaki Ninja H2
    Kawasaki Ninja H2
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Kawasaki Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Off Road

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor Kawasaki KLX 150 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Vespa World Days 2024 Berlangsung Selama 4 Hari di Kota Kelahirannya
    Vespa World Days 2024 Berlangsung Selama 4 Hari di Kota Kelahirannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Gunakan CBR Series, Tim Astra Honda Siap Bertarung di Kejuaraan ARRC Zhuhai
    Anjar Leksana . 18 Apr, 2024
  • Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Honda Vario 125 2024 Dapat Warna Baru, Simak Simulasi Kreditnya
    Anjar Leksana . 15 Apr, 2024
  • MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    MotoGP Amerika 2024: Vinales Juara, Marc Marquez Crash
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Modifikasi Warna Vespa Jadi Tren 2024
    Zenuar Yoga . 12 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pasca Lebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Punya Bagasi Luas, Deretan Skutik Ini Bisa Jadi Pilihan Buat Mudik
    Zenuar Yoga . 26 Mar, 2024
  • Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Pilihan Supermoto yang Bisa Buat Harian Maupun Mudik
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023