Sering Menempuh Perjalanan Jauh, Benda Ini Wajib Ada di dalam Mobil

woman driving

Saat bepergian jauh dan sudah terbiasa, kadang kendaraan bukan lagi menjadi fokus. Entah karena tak begitu peduli, atau terlalu percaya diri. Ya, apapun kondisinya, kerusakan, kecelakaan atau hal yang tak diinginkan lainnya tak pernah bisa ditebak. Makanya ada baiknya siapkan ragam tools berikut, agar tetap aman di jalan.

Kotak P3K

Kami rasa paling penting kotak ini. Ya, tak berhubungan dengan mobilnya sendiri, melainkan pengemudi dan penumpangnya. Pastikan di dalamnya sudah lengkap untuk sekadar bantuan pertama. Seperti cairan pembersih luka, kapas, perban, gunting atau obat demam. Jika diketahui penumpang punya riwayat penyakit spesifik, segera tambahkan di kotak ini. Terluka atau penyakit kambuh tak melulu disebabkan kecelakaan mobil. Terkadang malah terjadi begitu saja karena kondisi fisik sudah lelah.

Dongkrak

Dongkrak seringkali tertinggal di rumah atau di tempat terakhir memakainya. Padahal, peranannya cukup penting. Tak hanya untuk mengganti ban yang kempes. Benda ini juga berguna untuk mengecek peranti di kolong mobil. Misalnya as roda, tie rod atau banyak lagi.

Nah, jenis dongkrak sendiri berbeda-beda. Ada dongkrak buaya, gunting, botol, atau bahkan kereta. Masing-masing disediakan dalam bobot beragam. Makanya, pastikan sudah sesuai dengan berat kendaraan Anda. Selain itu, sistem operasinya berbeda-beda. Tinggal pilih sesuai kebutuhan. Misal, jika Anda menggunakan SUV tinggi yang hendak melalui medan off-road. Gunakan dongkrak kereta, karena memang didesain untuk bisa mendongkrang di permukaan tanah.

Baca Juga: Bingung Habiskan THR? Tak Ada Salahnya Lebih Memanjakan Mobil Anda

spare tire

Seperangkat Tool Box

Tool box wajib dibawa dan isinya harus lengkap. Setidaknya sesuai dengan ukuran baut-baut mobil Anda. Seperti kunci roda berbentuk cross, L, engkol ataupun yang elektrik. Begitupun tang, obeng plus maupun minus, kunci inggris, kunci pas berbagai ukuran dan kunci busi baiknya juga ada di dalam box. Tak menutup kemungkinan, beberapa baut longgar atau memang harus dibongkar di jalan.

Ban Serep

Dongkrak dan kunci roda lengkap, tapi bannya tidak siap. Ya cukup konyol. Kondisi ban serep baiknya benar-benar dicek terlebih dulu sebelum pergi. Pastikan alurnya masih bagus, tidak kempes, sebisa mungkin ukurannya sesuai. Walaupun, mobil-mobil baru kebanyakan menggunakan ban serep half-size.

Jika letak cadangan ban di mobil Anda ada di kolong, pastikan tuas kail peranti menurunkannya dibawa. Seringkali alat itu tertinggal dan merepotkan saat dibutuhkan. Mobil-mobil yang memiliki ban serep kolong semacam Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Hilux dan banyak SUV lainnya.

Kabel Jumper

Tiba-tiba, mobil tak kunjung menyala saat di starter. Ternyata luput dari pantauan, kondisi kelistrikan terganggu. Kabel jumper bisa jadi penolong pertama. Langsung saja cari mobil lain, lalu hubungkan kedua aki dengan kabel ini. Jangan sampai salah, kubu positif harus bertemu positif. Begitupun sebaliknya yang negatif. Biasanya, kabel merah untuk arus positif dan kabel hitam negatif.

Setelah dihubungkan, nyalakan mesin dan diamkan dulu agak lama. Maksudnya untuk mengisi daya ke alternator. Matikan lagi, lalu nyalakan kembali. Kalau bisa, berarti masih aman. Namun kalau tidak, bisa jadi alternator mulai melemah. Jika sudah rusak, penggantian aki baru juga percuma.

Baca Juga: 9 Fitur ini Sudah Wajib Ada di Setiap Mobil demi Keselamatan Bersama

jumper

Segitiga Pengaman

Masih bingung apa fungsi dari segitiga pengaman? Benda yang sudah menjadi standar di setiap mobil ini malah jarang digunakan. Padahal, sangat berfungsi untuk memberikan peringatan atau tanda pada kendaraan lain. Saat mobil Anda sedang berhenti karena mengalami masalah. Warnanya merah dan memiliki reflektor agar di malam hari tetap terlihat.

Sesuai aturan yang berlaku, letakkan segitiga di depan atau belakang mobil (sesuaikan arah jalan) sekurang-kurangnya empat meter. Kemudian jarak dari samping sebisa mungkin tak boleh lebih dari 40cm.

Sarung Tangan

Usahakan gunakan sarung tangan yang memiliki grip di telapak atau lapisan tebal yang menyeluruh. Supaya saat menyentuh atau meraih bagian kerusakan yang tajam, tangan tak langsung terluka. Sarung tangan seperti ini tak begitu mahal dan banyak tersedia di toko perkakas. Jangan ragu membelinya.

Pendukung

Selain peranti utama tadi, baiknya dilengkapi juga dengan beberapa alat pendukung. Mulai dari senter beserta baterai cadangannya, sekring cadangan, pemadam api darurat, jas hujan, flat tire repair kit, busi, oli cadangan, minyak rem cadangan dan pisau lipat. (Hlm/Odi)

Baca Juga: Run Flat Tire, Ban Penanggung Hidup yang Kerap Dimaki

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang