Benelli TRK 800 Mendebut, Penantang Serius Yamaha Tenere 700

Benelli TRK 800 2022

Benelli menambah lagi TRK series dengan memperkenalkan TRK 800 di EICMA 2021. Kedatangannya sudah diketahui sejak tahun lalu. Bermula saat akun resmi QJ Motor merilis video motor adventure sedang diuji pada trek tanah. Meski tak menyebut nama sama sekali, diduga kuat TRK 800. Selain itu kita juga tidak bisa melupakan TRK 702 yang pernah didaftarkan di Departemen Perhubungan Cina. Keduanya disinyalir bakal dihadirkan Benelli untuk pasar Eropa dan Tiongkok. Hanya saja TRK yang mengambil basis dari Leoncino 800 lebih dulu meluncur.

TRK 800 lahir di Benelli Style Center dan dikembangkan oleh departemen R&D House of the Leoncino di Pesaro, kantor pusat dan jantung perusahaan berada. Menjaga nuansa keluarga dari jajaran TRK, model baru ini berbagi elemen gaya, seperti fascia agresif, sepatbor depan dan lampu depan ganda berteknologi full LED dan lengkap dengan DRL. Model baru menawarkan mesin modern yang ditenagai powerplant 754 cc. Ia tergolong kuda besi adventure kelas menengah dengan roda depan 19 inci dengan ban off-road yang tepat. Kemungkinan mulai mengaspal pada akhir 2022 atau awal 2023.

Tentu sebuah langkah maju dalam hal penampilan. Meski mesinnya lebih besar dari TRK 502, ia berhasil terlihat lebih ramping dan lebih seimbang. Bagian hidung seperti paruh menyatu dengan tangki bahan bakar 21 liter, memberikan beberapa asupan udara yang terintegrasi dengan baik di sepanjang jalan.

Benelli TRK 800 2022

Mengingat Benelli dimiliki oleh perusahaan Qianjiang, TRK 800 diproduksi di Tiongkok bersama model yang lebih kecil. Jadi tidak mengherankan jika motor ini terkait erat dengan motor petualang SRT750 dari QJMotor.

Sasis didasarkan pada rangka teralis tubular dengan pelat baja berkekuatan tinggi. Tampak identik dengan QJMotor dan Benelli Leoncino 800. Dirancang untuk menawarkan pengendaraan, penanganan dan kenyamanan yang lebih baik saat dibawa jalan jauh. Menurut Benelli, ergonominya telah dipertimbangkan dengan cermat hingga ke detail terkecil. Tujuannya untuk mengakomodir pengendara dan penumpang agar mendapat posisi berkendara nyaman dan intuitif.

Bermodalkan mesin 754 cc dua silinder, empat langkah berpendingin cairan. Serupa dengan Leoncino 800. Tenaga dihasilkan 76,2 Hp (56 kW) yang mencapai puncak 8.500 rpm, dengan torsi 67 Nm (49,4 ft-lbs) pada 6.500 rpm. Mesin dikawinkan dengan gearbox 6-percepatan plus kopling slip-and-assist. Sayangnya, tidak ada paket elektronik mewah. Meski begitu, ia mampu mengalahkan output Yamaha Tenere 700 yang tercatat punya output 72 Hp.

Baca Juga: Konsep Qianjiang QJ7000D Calon Motor Listrik Pertama Benelli

Benelli TRK 800 2022

TRK 800 duduk di atas garpu terbalik Marzocchi berdiameter 50 mm. Dengan rebound, kompresi, dan preload pegas yang dapat disesuaikan. Jarak mainnya cukup tinggi, yakni 6,7 inci (170 mm). Di bagian belakang, ia menggunakan lengan ayun aluminium dengan monoshock yang dapat disesuaikan untuk preload dan redaman rebound dengan wheel travel 6,7 inci (171 mm).

Dalam hal pengereman, bagian depan disuplai oleh sistem pengereman Brembo yang menampilkan cakram ganda 320 mm dengan kaliper empat piston. Belakangnya cakram 260 mm dengan kaliper piston tunggal. Rodanya pakai pelek aluminium alloy depan 19 inci dan belakang 17 inci, masing-masing dipasangi ban off-road berukuran 110/80-19 dan 150/70-17.

Untuk perlindungan angin, TRK 800 dilengkapi dengan fairing besar, windscreen tinggi yang dapat disesuaikan dan pelindung tangan. Fasilitas lain yang menonjol ada kursi ramping dan luas, pegangan penumpang kokoh, dan stand tengah.

Tidak ada kabar detail mengenai fitur lain. Tapi bisa dipastikan kalau dilengkapi dasbor intuitif yang mudah digunakan, dengan layar TFT berwarna 7 inci beresolusi tinggi. Dan banyak berharap telah dipasangkan konektivitas dan navigasi Bluetooth.

Hal lain belum terjawab adalah harga. TRK 502 Benelli masih memimpin dalam grafik penjualan sepeda motor Italia tahun ini, bahkan mengungguli BMW R1250 GS yang biasanya dominan. Semua itu lantaran berkat harga menggoda. Jika Benelli dapat mencapai kombinasi biaya dan fitur yang sama menariknya untuk TRK 800, kemungkinan bisa mendulang sukses seperti saudaranya. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Benelli 1200GT Mulai Dijual, Alternatif Murah Honda Gold Wing

Jelajahi Benelli TRK251

  • Samping kanan Benelli TRK251
  • Tampak depan serong Benelli TRK251
  • Tampak belakang serong Benelli TRK251
  • Tampak depan Benelli TRK251
  • Tampak belakang Benelli TRK251
  • Tangki BBM Benelli TRK251
  • Mesin Benelli TRK251
  • Stang Benelli TRK251
  • Reflektor samping Benelli TRK251
  • Nitrox Benelli TRK251
  • Jok Benelli TRK251
  • Silencer Benelli TRK251
  • Rem depan Benelli TRK251
  • Rem belakang Benelli TRK251
  • Ban depan Benelli TRK251
  • ban belakang Benelli TRK251
  • windshield Benelli TRK251
  • Tampak belakang Benelli TRK251
  • Tampak belakang kanan serong Benelli TRK251
Benelli TRK251
Rp 52,85 Juta Cicilan : Rp 1,21 Juta

Model Motor Benelli

Motor Benelli
  • Benelli Motobi 200 Evo
    Benelli Motobi 200 Evo
  • Benelli Patagonian Eagle 250
    Benelli Patagonian Eagle 250
  • Benelli Motobi 200
    Benelli Motobi 200
  • Benelli 502C
    Benelli 502C
  • Benelli Caferacer
    Benelli Caferacer
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Benelli Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Adventure Touring

Artikel Motor Benelli TRK251 dari Oto

  • Berita
  • Dibanderol Rp 51 Juta, Benelli TRK 251 Layak Dipinang?
    Dibanderol Rp 51 Juta, Benelli TRK 251 Layak Dipinang?
    Ary Dwinoviansyah . 01 Des, 2019