Konsep Qianjiang QJ7000D Calon Motor Listrik Pertama Benelli

Qianjiang Motorcycle sempat memajang konsep QJ7000D di Beijing Motor Show 2021. Ada sinyalemen kuat, motor purwarupa itu meluncur secara internasional di bawah merek Benelli. Meski sudah tampil ke hadapan publik, spesifikasi belum dibuka.


Meski Qianjiang berusaha untuk tidak mengungkapkan spesifikasi teknis, beberapa sumber mengatakan kalau model ini datang sebagai tolok ukur sepeda motor listrik performa tinggi. Banyak yang berharap kalau  bisa setara  motor bermesin 600 cc atau lebih.


Berdasarkan gambar, ada beberapa aspek menarik yang perlu diperhatikan. Dari segi tampilan, mengadopsi jenis sportbike. Penyematan warna biru pada fairing pertegas dirinya sebagai sepeda motor listrik. Desain bodi dari depan hingga buritan yang tajam membuatnya terlihat agresif dan aerodinamis.


benelli electric bike


Topeng headlamp mengingatkan kita pada motor sport Yamaha berkapasitas 250 cc. Bedanya, ia pakai model quad-light. Lengkap dengan spion di tameng atas dan visor model smoke. Di bagian itu juga tampak tegas garis-garis tajam. Sementara lampu sein LED tipis berada di tiap sisi sayap. Membuat wajahnya tampak agresif dan sporty.


Di balik visor terdapat panel instrumen full digital. Ukurannya lumayan besar. Jadi informasi kondisi motor lebih mudah dibaca oleh pengendaranya. Beberapa fitur canggih dengan konektivitas Bluetooth diharapkan ada padanya. Bila di motor sportbike konvensional tangki difungsikan buat penampung bahan bakar, di QJ7000D justru menjadi sebuah kompartemen. Bahkan bisa menaruh helm full face di situ. Sungguh menarik.


benelli electric bike


Pengamatan lebih dekat bisa kita lihat di bagian kursi. Ia pakai model split tipis dengan bentuk melengkung ke belakang. Bagian ekor jadi terlihat ramping dan rapi. Tak ada sepatbor menempel, digantinya dengan mudguard untuk menahan cipratan. Di situ pula penempatan sinyal belok dan pelat nomor nantinya. Buat menopang pengemudi dan penumpang, sambungan subframe justru terlihat di bagian depan atau di bawah tangki. Lazim saja, lantaran ini masih versi prototipe.


Soal posisi berkendara, layaknya motor sport pada umumnya yang merunduk. Sebab, motor ini dilengkapi dengan setang jepit atau clip on. Motor penggeraknya berada di tengah dan mengalirkan tenaga ke roda belakang menggunakan rantai. Sistem suspensi terdiri dari upside down di depan dan monoshock belakang. Sehingga, bagian kaki-kakinya terkesan lebih kekar dan menawarkan peredaman yang maksimal. Pengereman kedua roda masing-masing pakai cakram. Depan dijepit dua kaliper, sedang belakang satu.


Dengan industri mobil global menuju elektrifikasi, sepertinya ini saat yang tepat bagi Benelli untuk menjelajahi pasar EV. Namun sampai sekarang masih belum diketahui kapan QJ7000D diproduksi.


Untuk diketahui, Benelli adalah merek Italia yang sekarang dimiliki oleh konglomerasi Cina, Zhejiang Qianjiang. Perusahaan itu juga memiliki QJMotor di bawah payungnya. Saat ini, sesuai perkembangan terakhir, ia telah menciptakan perusahaan lain bernama Qianjiang Electric Vehicle yang didukung oleh modal kuat Geely Group. (Bgx/Odi)


Sumber: Gaadiwaadi

Artikel yang direkomendasikan untuk anda