Carvaganza Editors' Choice Award 2021, Best Features: KIA Seltos

seltos

KIA Seltos terpilih dalam Carvaganza Editors’ Choice Awards 2021 powered by Intersport Automotive sebagai mobil dengan fitur terbaik. Tak sulit untuk menganugerahinya. Ia datang mendobrak pasar lewat mesin turbo, tampilan mewah, fitur berlimpah namun dengan value tinggi. Mendebut di India, mobil ini datang langsung dari pabrik di Anantapur District, Andra Pradesh. Harga Rp295 juta sampai Rp355 juta jadi nilai menarik yang membuatnya semakin dipertimbangkan konsumen Tanah Air.

Sebelum membongkar kelebihan fitur, sejenak kita simak dulu tentang mesin yang digunakan. Ia menggendong mesin Kappa 4 silinder 1,4 liter dengan imbuhan turbocharger. Pilihan ini menjadikannya unggul di atas dari beberapa kompetitornya. Walhasil, tenaga 140 PS dan torsi puncak 242 Nm mutlak mendaulat dirinya sebagai pemilik torsi terbesar di kelas. Tak berhenti sampai di situ. Transmisi otomatis 7-speed kopling ganda (DCT) menawarkan sensasi berbeda.

Keunggulan performa mesin turbo dan transmisi otomatis DCT tak disembunyikan diam-diam. KIA mengemas konsep itu dalam balutan eksterior modern khas rancangan Peter Schreyer. Lihat saja lampu utama LED (Auto Light) dengan lampu berkendara siang hari (DRL) memanjang membingkai tiger nose grille.

seltos

Garis sisi samping dibuat tegas berotot menonjolkan kesan macho. Atapnya terpasang roof rail dengan elemen kemewahan berupa ornamen krom. Aksen sama juga membingkai garis jendela bagian bawah sebagai penegas kesan elegan. Ban membalut velg besar berukuran 17 inci. Uniknya, cladding atau pelindung bodi bagian bawah khas SUV (Sport Utility Vehicle) dari plastik dirancang dalam tema dua warna.

Bagian belakangnya tak kalah mewah. Lampu kombinasi belakang LED dilengkapi ornamen krom yang menghubungkan kedua lampu. Bagian bemper belakang tampil sportif dengan garnish knalpot ganda dan diffuser berwarna perak. Jubahnya yang mewah dan macho ini membungkus dimensi yang lebih besar dibanding rivalnya.

Ukuran lebih besar tentunya menawarkan kabin lebih luas pula. Akses masuk mudah karena sudah dilengkapi smart key. Menghidupkan dan memadamkan mesin pun cukup menekan tombol saja. Kemudian layar MID (Multi Information Display) berukuran 7 inci menyala dan menampilkan beragam informasi berkendara.

seltos engine

Sistem multimedia layar sentuh 8 inci yang melayang di bagian tengah dasbor sudah mendukung konektivitas nirkabel dengan smartphone melalui Android Auto maupun Apple CarPlay. Pengaturan audio bisa juga diatur lewat lingkar kemudi. Tersedia pula tombol pengaturan cruise control.

Lingkar kemudi dengan desain bagian bawah yang rata (flat-bottomed) sudah dibalut kulit. Begitupun jok dan beberapa bagian interiornya. Nuansa kemewahan di dalam kabin Seltos ditambahkan ornamen perak di beberapa bagian. Kelengkapan tambahan khas SUV tak ketinggalan ditambahkan, sunroof elektris.

Duduk di depan kemudi, posisi berkendara bisa diatur secara fleksibel. Tersedia pengaturan 8-arah untuk kursi depan dan lingkar kemudinya pun bisa disetel secara tilt and telescopic. Kursi belakangnya bisa diatur posisi duduknya loh! Bahkan tersedia arm rest dan beberapa cup holder untuk kenyamanan seluruh penghuni kabin.

seltos

Sudah menganut AC digital dengan mode auto climate dan ventilasi untuk mengembuskan udara sejuk ke kabin belakang. Di bawah pengaturan AC, terdapat tempat pengisian daya baterai smartphone wireless. Ini yang pertama di kelasnya. Tak perlu lagi menarik kabel ke power outlet, cukup letakkan smartphone dan baterai otomatis terisi. Kalau untuk penumpang belakang, ada USB slot dan outlet DC 12V.

Mengantisipasi insiden yang tak diinginkan, KIA membekali Seltos dengan banyak fitur keselamatan. Rem ABS (Anti-lock Brake System), EBD (Electronic Brake-force Distribution) dan BA (Brake Assist) hadir. Sedangkan kestabilannya dijaga Electronic Stability Control (ESC). Urusan menanjak juga aman, soalnya terdapat Hill Assist Control (HAC). Lalu proses parkir tak menjadi masalah. Parking Assist yang dibantu garis pandu dinamis memudahkan pengemudi. Bila terjadi kecelakaan, sabuk pengaman tiga titik dengan ELR siap menahan seluruh penumpang dari tumbukan. Masih ditambah lagi airbag tersebar di 6 titik.

Terakhir dan yang tak kalah menarik, meski bukan SUV petualang murni, Seltos juga dibekali mode berkendara. Pilihan mode Sport, Eco dan Normal yang tersedia memang sudah umum. Tetapi Kia menambahkan lagi dengan pilihan mode traksi Mud (Lumpur), Snow (Salju) dan Sand (Pasir).

Kesimpulan

Dibanderol Rp295 juta sampai Rp355 juta, KIA Seltos memang berlimpah fitur. Bahkan banyak yang tidak dimiliki oleh mobil sejenis di kelasnya. Selain memanjakan pengguna, meningkatkan kenyamanan mengemudi, juga mempertinggi level keselamatan. Tak heran jika titel Best Features Award dari jurnalis OTO Media Group layak disematkan. Selamat! (RS)

Jelajahi KIA Seltos

  • Tampak Depan Bawah KIA Seltos
  • KIA Seltos Full Side View
  • Tampak Depan KIA Seltos
  • Tampak belakang Seltos
  • Tampak Grille Seltos
  • Lampu depan Seltos
  • lampu belakang Seltos
  • Knalpot Seltos
  • Tampak depan medium KIA Seltos
  • Tampak kanan KIA Seltos
KIA Seltos
Rp 300 - Rp 360 Juta Cicilan : Rp 6,84 Juta

Model Mobil KIA

Mobil KIA
  • KIA Sonet
    KIA Sonet
  • KIA Seltos
    KIA Seltos
  • KIA Grand Sedona
    KIA Grand Sedona
  • KIA K2700
    KIA K2700
  • KIA Picanto
    KIA Picanto

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Mobil KIA Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren SUV

  • Yang Akan Datang