Daftar Pilihan Skutik Honda untuk Awal 2022

Honda Forza 2021

Skutik punya tingkatan tersendiri, mulai dari kasta murah hingga mahal. Astra Honda Motor (AHM) menawarkan jajaran komplet. Mereka cukup menguasai kelas entry level dan tersedia opsi level premium. Semuanya untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia sekaligus juga gengsi konsumennya. Ada apa saja pilihannya? Berikut detail spesifikasi dan daftar harga skutik Honda dari paling murah hingga paling mahal, untuk tunggangan Anda tahun 2022.

 

Beat Series

Honda beat 2021

Honda Beat series merupakan penguasa pasar skutik berbanderol murah. Populasinya sudah lebih 17 juta unit di Indonesia. Bahkan sampai sekarang menyandang status motor paling laris di Tanah Air. Padahal mesinnya cuma 110 cc dan dimensinya kecil. Generasi baru yang dilabeli All New ini dipasarkan dengan harga Rp16,665 juta (tipe CBS), Rp17,365 juta (CBS ISS), Rp17,465 juta (Deluxe) dan Rp17,365 juta (Street) OTR DKI Jakarta.

All New Honda Beat menggendong mesin 110 cc SOHC dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI yang tergabung dalam rangkaian teknologi eSP (enhanced Smart Power). Ia dipercaya mampu menghasilkan tenaga 8,89 hp pada 7.500 rpm dan torsi sebesar 9 Nm di putaran 5.500 rpm. Dapur pacunya ketambahan fitur ISS agar bahan bakar tak terbuang percuma.

Fiturnya boleh dibilang lebih komplet dibanding kompetitor. Ada bagasi penyimpanan barang sebesar 12 liter, kemudian ada dua rak kecil lagi di bawah stang. Sektor pencahayaan utamanya kini sudah berteknologi LED, panelmeter menggabungkan digital dengan analog, dan di dalamnya diberikan fitur indikator ECO. Kunci kontak sudah terintegrasi dengan pembuka jok, lebih praktis. Tak lupa juga Combi Brake System (CBS) yang menjadi fitur standar buat Honda Beat termurah. Ada pula Side Stand Switch serta Parking Brake Lock yang berguna saat motor berhenti di tanjakan atau turunan, sehingga lebih aman.

Sementara Beat Street perbedaan paling mencolok karena menggunakan naked Handlebar. Membuat tampilannya lebih sangar, karena kabel push-pull throttle, kabel Combi Brake System dan master rem depannya terekspos. Selain itu, lebih ringan untuk bermanuver. Pengendara tidak cepat pegal jika dibandingkan dengan stang yang lebih rendah dan pendek.

 

Genio

Honda Genio 2020

Platform Genio dipakai untuk model skutik Honda lainnya, salah satunya fitur rangka dengan teknologi rangka baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Rancang bangun yang diterapkan dapat mereduksi bobot total motor. Rangkanya dibuat dengan proses produksi press dan laser welding. Sehingga bobotnya hanya hanya 11 kg. Tereduksi jauh ketimbang penggunaan sasis model pipa besi. Dampak positif penggunaan frame tersebut juga bisa dirasakan oleh pengguna dalam hal kestabilan dan pengendalian yang lebih lincah.

Untuk mesinnya, ia mengandalkan 110 cc, satu silinder, 4-langkah SOHC eSP, pendingin udara dan PGM-FI. Dibenamkan pula teknologi ACG starter yang membuat starter mesin lebih halus. Dan bergandengan dengan ISS (Idling Stop System) khas Honda yang membuat mesin mati otomatis saat berhenti, dan menyala kembali hanya dengan memutar tuas gas. Output tenaga Genio sendiri ada di angka 6,6 kW (9,0 PS) pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 9,3 Nm di putaran 5.500 rpm.

Berkat penggunaan rangka ESAF, volume bensin jadi lebih besar yakni berkapasitas 4,2 liter. Lalu bagasi 14 liter, plus power outlet untuk mengisi daya ulang gawai. Untuk fitur keamanan ditunjang secure key shutter, brake lock atau rem parkir, combi brake, dan side stand switch yang menjadi fitur standar Honda Genio.

Skutik ini mengisi segmen di atas Beat, dan di bawah Scoopy. Dari segi harga, Genio dipasarkan Rp17,945 juta (OTR Jakarta) untuk tipe CBS dan Rp18,415 juta (OTR Jakarta) tipe CBS-ISS.

 

Scoopy

Honda Scoopy 2022

Sejak meluncur pada 2010, Honda Scoopy memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta skutik unik dan fashionable. Hal ini mengantarkannya menjadi salah satu model skutik terfavorit di Indonesia. Mode terbaru dibekali mesin generasi anyar, 110cc eSP (enhanced Smart Power) yang hemat bahan bakar, sekaligus sanggup menyuguhkan performa optimal. Teknologi eSP terintegrasi dengan ACG Starter, serta Idling Stop System (ISS) menjadi peranti standar.

Berkat rangka baru, kapasitas tangki bahan bakar kini sebesar 4,2 liter. Selain itu, ruang bagasi juga semakin luas, bahkan terbesar di kelasnya yaitu 15,4 liter. Tempat penyimpanan di bawah jok itu dapat menyimpan helm Scoopy. Beragam fitur canggih juga disematkan. Pencahayaan LED projector di depan, Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti-Theft Alarm, USB Charger model terbaru, hingga kombinasi panel meter. Lainnya ada Multi Function Hook, pijakan kaki yang terintegrasi dengan bodi, pelek baru dual 5 spokes, 12 inch dan ban tubeless, standar samping otomatis (Side Stand Switch) serta tuas pengunci Brake Lock.

Menyoal harga, varian Sporty dan Fashion dijual Rp20,325 juta OTR DKI Jakarta. Sedang Stylish dan Prestige dibanderol Rp21,125 juta OTR DKI Jakarta.

Baca Juga: Ragam Pilihan Motor Bebek Honda, untuk Harian sampai Hobi Tersedia

Vario Series

Honda vario 150

Vario punya dua pilihan varian: All New Honda Vario 150 dan 125. Perbedaannya tentu pada sektor mesin, grafis bodi dan penyematan fitur. Soal harga, Vario 150 punya tiga tipe, Exclusive dijual Rp24,565 juta, Exclusive Matte Black dan Sporty Rp24,715 juta OTR DKI Jakarta. Sedan buat trim bawah dilego Rp21 juta (CBS), Rp21,910 juta (CBS-ISS) dan Rp22 juta (CBS-ISS Special Color).

Vario 150 menggendong mesin 149,3 cc, eSP, SOHC, 2 valve, injeksi bahan bakar PGM-FI. Mampu mengeluarkan tenaga 13 Hp pada 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm di putaran 5.000 rpm. Bagian dapur pacunya itu disematkan teknologi eSP, yang mampu menghasilkan pembakaran efisien dan minim gesekan untuk mengurangi risiko terbuang percuma.

Fitur keselamatan sudah ada Side Stand Switch, Brake Lock System dan Combi Brake System (CBS) untuk menyeimbangkan pengereman roda belakang dan depan. Disematkan pula lampu berteknologi LED di semua sistem pencahayaan. Dilengkapi Smart Key System yang terintegrasi dengan Answer Back System dan Anti Theft Alarm sebagai fitur keamanan kendaraan. Dalam hal kepraktisan, ia memiliki kapasitas bagasi sebesar 18 liter, dapat menyimpan helm standar serta barang berdimensi kecil.

 

PCX160 dan PCX e:HEV

PCX160

All New PCX 160 merupakan generasi baru PCX series yang ada di Indonesia. Hadir dalam tiga varian, yakni CBS, ABS, dan e:HEV alias hybrid. Masing-masing varian dibanderol dengan harga yang berbeda, mulai dari Rp30,8 juta (CBS), Rp34,4 juta (ABS) sampai Rp43,6 juta (e:HEV) OTR Jakarta.

All New Honda PCX 160 menggendong mesin berkapasitas 160 cc, SOHC, 4-katup, berpendingin cairan dengan teknologi anyar bernama eSP+. Mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 15,8 Hp pada 8.500 rpm dan torsi puncak 14,7 Nm di putaran 6.500 rpm. Dengan metode pengetesan ECE R40 Euro 3. Alias Idling Stop System (ISS) terus dinyalakan. Angka segitu boleh dibilang masih terjaga, mengingat tenaganya bertambah.

Sedang All New Honda PCX e:HEV dilengkapi motor assist dan riding mode. Ada mode normal (D) dan sport (S). Memberikan sensasi berkendara yang responsif dalam menghadirkan performa maksimal. Sementara itu, terdapat fitur Honda Selectable Torque Control (HSTC) pada tipe ABS dan e:HEV (Hybrid Electric Vehicle). Teknologi untuk mengontrol output torsi mesin dengan mendeteksi perbedaan kecepatan putaran ban depan dengan ban belakang. Sehingga memberikan rasa aman bagi pengendara saat melintasi jalan yang licin.

Selain mengaplikasikan sistem pencahayaan full LED, fitur penunjang lainnya bisa ditemukan di area kokpit. Tertera tampilan baru pada panel meter digital. Data yang disajikan meliputi indikator baterai, perawatan v-belt, serta indikator HSTC dan sensor ABS khusus dua seri termahal. Lubang pengisian di laci kiri pun kini berganti tipe jadi soket USB type A.

Tetap menggunakan smart key system. Didalamnya mengemas 3 fitur sekaligus yakni Immobilizer, Answer Back dan Alarm anti-theft (anti maling). Teknologi dapat memberikan rasa aman dan nyaman kala memarkirkan motor kesayangan.

 

ADV150

Honda ADV150

Di jajaran skutik adventure, Honda ADV150 tergolong pendatang baru. Tak hanya mengejar tampang, beberapa komponen yang ada pada dirinya juga mendukung untuk dipakai ke medan kurang baik. Seperti Windscreen yang sangat fleksibel. Lalu sistem penerangan full LED, DRL (daytime running light), panel meter serbadigital, ABS dan CBS, Honda Smart Key with alarm system), power charger, idling stop system (ISS) serta twin subtank rear suspension.

Jantung mekanisnya berkapasitas 150 cc 4 langkah, SOHC, eSP dengan PGM-FI. Menghasilkan tenaga sebesar 14,3 Hp pada 8,500 rpm dan torsi 13,8 Nm di putaran 6,500 rpm. Honda ADV150 dipasarkan dengan dua tipe, ABS-ISS yang dijual Rp38,251 dan CBS-ISS dilego Rp35,186 OTR Jakarta.

 

Forza

Honda Forza 2021

Astra Honda Motor (AHM) memberi pilihan untuk kelas skutik bongsor 250 cc dengan hadirnya Forza. Pada tahun ini, dirinya mengalami perubahan, khususnya dari sektor dapur pacu dan tampilan. Hadir dengan empat pilihan warna eksklusif yaitu Pearl Horizon White, Indy Gray Metallic, Mat Gunpowder Black Metallic dan Candy Rosy Red. Saat ini dirinya dipasarkan dengan harga Rp84,645 juta On The Road (OTR) Jakarta.

Tampilannya kini lebih atraktif dan kuat dengan kesan eksklusif. Electrical adjustable windscreen kini memiliki jarak penyesuaian lebih tinggi yaitu sekitar 40 mm. Desain cover muffler pakai versi anyar, memiliki tarikan garis lebih tajam.

Semua sistem pencahayaan mengadopsi teknologi LED, baik di depan dan juga belakangnya. Honda Forza telah dilengkapi fitur ESS (Emergency Stop Signal) yang secara otomatis mengaktifkan lampu hazard saat melakukan pengereman mendadak. Untuk mendukung mobilitas tinggi pengendaranya, model ini telah dilengkapi console box dengan USB Charger pada bagian depan.

Honda Forza 250 terbaru mendapat teknologi eSP+. (enhanced Smart Power+). Tetap menggendong mesin 249,01 cc, SOHC, satu silinder, berpendingin cairan. Jantung mekanis ini sudah dilengkapi teknologi penyemprotan bahan bakar injeksi (PGM-FI). Performa di atas kertas sanggup menyemburkan torsi puncak 24 Nm pada 6.250 rpm dan tenaga maksimal 23,5 Hp pada 7.750 rpm.

Beragam fitur canggih lainnya tetap dipertahankan. Di antaranya ada Honda Smart Key System yang terintegrasi dengan alarm anti maling dan Answer Back System. Panel meter kombinasi digital dengan indikator Honda Selectable Torque Control (HSTC), indikator perawatan, trip meter, indikator konsumsi bahan bakar, kecepatan dan RPM. (Bgx/Odi)

 

Baca Juga: Mau Beli Skutik Murah, Honda Genio CBS ISS Bisa Dikredit Rp700 Ribuan Sebulan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan