Kinerja industri otomotif nasional sepanjang kuartal pertama catatkan raihan positif. Untuk diketahui, retail otomotif di Indonesia hingga Maret 2023 mencapai sekitar 271 ribu unit. Angkanya naik 13,7 persen dibandingkan periode yang sama 2022, sebanyak 238 ribu unit. Hal itu juga dirasakan Astra Daihatsu Motor (ADM). Meski banyak model baru meluncur, namun Sigra masih bertahan di pucuk penjualan.
Sepanjang periode yang sama, performa perniagaan Daihatsu catatkan lebih dari 57 ribu unit. Angka ini naik sekitar 22,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sekitar 46 ribu unit. Dari capaian ini. Kontribusi pengiriman dari diler ke tangan konsumen terhadap market share otomotif nasional sebesar 21,2 persen. Naik sekitar 1,5 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebesar 19,7 persen.
Dilihat dari volume dan kontribusi model. Penjualan retail Daihatsu hingga Maret 2023 didominasi oleh top 3 model. Paling utama ialah Sigra yang paling banyak peminat. Mobil laku sebanyak 16.753 unit, atau berkontribusi sekitar 29,1 persen. Ia menjadi kendaraan LCGC tujuh penumpang murah dan terkenal irit bahan bakar.
Baca Juga: Daihatsu Ayla 1.0 X CVT 2023, Paket Hemat Buat Mobilitas Perkotaan
Posisi kedua disusul Gran Max PU (Pick Up) sebanyak 13.100 unit atau menyumbang 22,8 persen. Ia banyak menjaring fleet market dan pelaku usaha kelas UMKM yang semakin berkembang di Tanah Air. Kemudian posisi ketiga ditempati Terios sejumlah 7.773 unit dan memberikan sumbangsih 13,5 persen. Perlu dicatat semuanya merupakan produk lawas, tapi peminatnya justru paling tinggi.
Lalu penyumbang lain dari kelas LMPV. Daihatsu Xenia terkirim 7.008 unit (12,2 persen) selama kuartal pertama 2023. Ayla 6.680 unit (11,6 persen), Grand Max penumpang 3.372 unit (5,9 persen). Rocky di segmen small SUV terjual 1.904 unit (3,3 persen). Terus Luxio plus Sirion cuma kantongi 977 unit (1,7 persen) yang jadi juru kunci performa penjualan ADM.
“Kami bersyukur, menutup kuartal pertama 2023 penjualan Daihatsu raih capaian positif dengan penjualan retail sebanyak 57 ribu unit. Kemudian ditambah kontribusi kenaikan market share otomotif nasional menjadi 21,2 persen. Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung. Dan pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, dalam laporan bulanan. (Alx/Odi)
Baca Juga: Ada Dua Opsi Mesin, Pilih Daihatsu Xenia 1.3L atau 1.5L?
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.