Ekspektasi SUV 7-Seater Terbaru Honda, Berdasarkan N7X Concept

Honda N7X Concept dikenalkan sebagai calon SUV 7-Seater terbaru. Pihak Honda Prospect Motor (HPM) masih menutup bakal menjadi model apa kelak. Tapi spekulasi selalu mengarah ke BR-V generasi baru. Kepastian itu mungkin baru didapat saat GIIAS 2021 berlangsung.


Yang pasti, ia dikembangkan dari racikan tangan dingin tim Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. Bahkan menurut pabrikan, kemunculannya merupakan buah riset panjang dari kebutuhan masyarakat. Kalau dilihat dari tampilan, model sangat mencirikan sang suksesor BR-V. Maklum, saat ini unit eksis mulai terlihat usang, perlu dibesut ulang. Lantas beberapa intensi pun muncul.


“Saat ini concept car ini tidak mengacu pada model tertentu. Honda N7X ini merupakan konsep kami mengenai seperti apa mobil tujuh penumpang seharusnya. Jadi N7X memiliki kelapangan seperti MPV dan mempunyai ketangguhan seperti kendaraan SUV. Ada potensi ia diproduksi di Indonesia. Karena memang mobil ini dirancang berdasarkan kebutuhan konsumen di sini,” ucap Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director Honda Prospect Motor (HPM), secara daring (3/5).


Jujur saja, mekanikal pacu LSUV Honda masih bisa diandalkan. Etos kerja Earth Dreams Technology senantiasa kuat dibanding lawan sepadan. Jika benar N7X ialah manifestasi dari All New BR-V, rasanya enjin berkode L15Z1 i-VTEC empat silinder DOHC tetap bertahan. Momen puntir optimal diraih 145 Nm di 4.600 rpm. Jantung pacu memberi denyut maksimal hingga 120 PS pada 6.600 rpm. Lalu opsi penyaluran resultan pembakaran via transmisi manual enam percepatan atau CVT. Semua didistribusi ke roda depan.


Honda N7X Concept


Fitur


Perangkat keselamatan Honda BR-V masih bisa mengimbangi lawan. Contoh, berupa sistem pengereman ABS + EBD, Vehicle Start Assist (VSA) demi menjaga stabilitas kendaraan. Serta Hill Start Assist (HSA) guna memudahkan akselerasi setelah berhenti di tanjakan. Sedang dalam aspek keamanan, ia didukung immobilizer dan alarm system sebagai standar. Namun terasa kurang jika N7X digadang menjadi generasi lanjutan. Toh Yusak Billy menyebut bakal membuat kejutan di GIIAS pada Agustus 2021. Itu sangat mengacu pada BR-V.


Maka versi All New wajib dilengkapi safety belt tiga titik dengan retractor. Lalu jumlah kantong udara ditambah. Toyota Rush saja punya enam, maka Honda selayaknya memperbanyak hingga tujuh atau bahkan delapan airbags. Lalu sisipkan pula fitur seperti Traction Control, Electronic Stability Control (ESC). Bahkan kalau perlu, imbuhi Collision Mitigation Braking System, Road Departure Mitigation. Jadi sebagai mobil gres, sangat terasa ubahan di dalam tubuh. Apalagi konsumen Indonesia semakin peduli pada aspek keselamatan kendaraan keluarga tujuh penumpang.


Cruise Control pun jangan sampai terlewat di All New BR-V untuk mengungkit nilai jual. Di kelas LSUV sementara ini baru Mitsubishi Xpander Cross yang memiliki. Fitur ini sangat membantu kepraktisan berkendara. Tinggal tekan tombol, kemudian atur kecepatan, kaki bisa leluasa tanpa injak pedal gas. Lalu benefit lain, dapat menjaga laju putaran mesin sehingga berkorelasi dalam efisiensi asupan bahan bakar ke ruang bakar.


Honda N7X Concept


Kabin Mirip Amaze


Dalam tampilan perdana sang mobil konsep N7X, tatanan kabin sangat mirip dengan interior Amaze. Mulai dari bentuk dasbor, panel hingga lingkar kemudi amat identik. Saat ia menjadi All New BR-V, kemungkinan sistem audio mirip dari model eksis. Fitur pemanja telinga pakai layar monitor lebar gaya floating capacitive touchscreen senantiasa ada. Seperti BR-V sekarang. Head unit layar sentuh ukuran 8 inci. Bisa dipertahankan dan kompatibel berbagai format musik. Misal AM/FM radio, MP3/WMA, bluetooth, smartphone connection, aux input plus USB port. Kemudian sanggup menampilkan multimedia melalui mode HDMI dengan kabel opsional. Bahkan lebih lengkap, berupa sisipan smart connectivity web link. Anda dapat menghubungkan smartphone ke monitor, menampilkan beberapa aplikasi tertentu, misal Youtube.


Cocok Jadi All-new BR-V


Visual N7X yang ditampilkan sudah sangat matang. Ia lebih pantas menyandang mobil produksi massal. Sehingga kecil kemungkinan berubah bentuk, sebagai generasi terbaru BR-V. Kisi-kisi depan pakai gaya trapesium terbalik, sambung dengan dua mata utama. Bilah-bilah vertikal tersusun menghiasi grille berbalut kromium. Kap mesin berbentuk tegak menambah aura SUV betulan. Lalu sorot utama, foglamp, termasuk lampu siang hari (DRL) berteknologi LED. Selain hemat energi, pendaran cahaya kian terang. Berbeda dari model lawas, rumah lampu depan dibuat menyipit pola jajar genjang. Ada semacam tarikan garis tipis menghiasi di dalamnya. Sehingga racikan depan tampak sublim.


Lantaran mobil dengan nomenklatur Bold Runabout Vehicle ini merupakan jenis small SUV. Maka harus ada sentuhan jiwa tualang. Saat Anda melihat N7X, ia memiliki fender hitam atau alis roda mengitari bodi. Bumper lebih menonjol berikut pelindung silver di bawah. Citra Honda di Tanah Air menyandang penghasil mobil bergaris tajam nan sporty. Acap kali sebuah merek linear dari standar kualitas. Pada model prototype, sudah mengandung vibrasi yang menyentuh hati konsumen.


Berpindah ke bagian buritan. N7X seolah terinspirasi dari bentuk bokong indah di CR-V maupun City hatchback. Garis LED melengkung ke atas. Bentuk seperti itu terpahat memesona. Juga menambah kesan premium kala lampu ekor bersinar pada malam hari. Roofrail maupun side skirt turut pula menyemarakkan bodi teranyar. Dalam tampilan perdana, tampak pelek lebih besar dari model eksis. BR-V saat ini hanya memakai roda 16 inci dual tone baru dengan profil ban 195/60.


Honda N7X Concept


Ukuran diameter roda pada sangat mungkin menjadi 17 inci. Itu bukan tanpa alasan. Dengan diameter roda bertambah, artinya ground clearance atau jarak pijak tanah bisa menjadi 220 mm. Lazimnya di kendaraan penumpang, satu inci bisa meninggikan kaki sekitar 20 mm. Sehingga angka itu bisa menambah jenjang kaki, tatkala kendaraan harus melewati tanggul jalan atau medan terjal. Lalu corak pelek 10 palang di N7X sebaiknya tetap dipertahankan.


Guna menjamin keselamatan pengendara, sangat mungkin ia tetap berdiri di atas papan konstruksi G-CON + ACE™ with Side Impact Beam. Gunanya meredam benturan saat terjadi kecelakaan. Sah-sah saja andai platform tidak berubah. Tapi bisa sedikit dimodifikasi supaya menambah kelapangan penghuni kabin. Itu berhubungan dengan wheelbase di All New Honda BR-V. Bisa diregangkan hingga menyentuh 2.700 mm. Angkanya mirip seperti ukuran CR-V 1,5 liter turbo. Alhasil ruang kaki ikut bertambah. Walau berkonfigurasi tujuh penumpang, niscaya tetap terasa lapang.


“N7X adalah konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7-seater. Tidak hanya menawarkan performa berkendara menyenangkan. Tetapi juga ketenangan serta kenyaman sebuah mobil premium untuk seluruh penumpangnya. Kami sangat bangga menjadikan Indonesia sebagai yang pertama di dunia dalam mengenalkan N7X Concept. Yakni sebuah konsep yang mendefinisikan ulang mobil di kategorinya. Termasuk kesenangan berkendara,” pungkas Takehiro Watanabe, President Director Honda Prospect Motor.


OTO.com sempat meramalkan bentuk pembaruan All New BR-V beberapa bulan lalu. Bahkan menampilkan coretan sketsa yang sangat mirip dengan N7X. Semoga sejumlah prospek mengenai kelengkapan terkandung, dapat terwujud dalam bentuk produk massal. Itu soal waktu saja untuk pembuktian lebih lanjut. (Alx/Odi)

Jelajahi Honda BRV

Tampak Depan Bawah Honda BRV
Honda BRV Rp 251,2 - Rp 293,8 Juta Cicilan Mulai : Rp 5,73 Juta
Lihat Promo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda