FIRST IMPRESSION: Merasakan Keganasan MV Agusta All New Brutale 800

FIRST IMPRESSION: Merasakan Keganasan MV Agusta All New Brutale 800
JAKARTA, 28 Februari 2017 – Setelah resmi meluncurkan All New Brutale 800, PT Motor Varese Indonesia (MVI) selaku pemegang merek MV Agusta di Indonesia menyediakan unit test ride bagi jurnalis otomotif di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu lalu. Menjajal kegarangan motor dengan desain body futuristis dengan sasis sadle yang terlihat seperti “mengambang” ini dikawasan Sirkuit Sentul, Motovaganza juga mendapatkan kesempatan tersebut. Melihat penampilannya, motor dengan aliran naked ini terlihat begitu buas, apalagi jika melihat tiga pipa buangan gas buang di bagian sisi kanan motor. Impresi pertama duduk di atas jok MV Agusta New Brutale 800 terasa sangat berkarakter. Hal ini diyakini dengan posisi berkendara yang sedikit agak menunduk serta dimensi setang yang terbilang lebar. MV Agusta New Brutale 800 memiliki tinggi kursi pengendara yang berjarak 829 mm – ini membuat pengendara yang memiliki postur tinggi badan sekitar 175 cm - tidak mengalami masalah  baik soal bobot maupun handling karena kaki bisa menapak sempurna. Speedometer hanya terlihat memuat informasi kecepatan, level bahan bakar, gir transmisi dan riding mode posisition. Tidak membutuhkan waktu lama setelah gelaran coaching clinic bertema safety riding usai, kami pun langsung mencoba untuk memacu motor yang memiliki mesin tiga silinder berkapasitas 800 cc. Baca juga: All New MV Agusta Brutale 800 Diperkenalkan, Harga Rp 530 Juta Baca juga: Intip Detail All New MV Agusta Brutale 800 Baca juga: Safety Riding MV Agusta Owner Club Indonesia (MVOCI) di Sentul Kesan pertama begitu kami mantap untuk memutir gas, motor sudah menghentak seolah mengajak berlari kencang. MV Agusta New Brutale dilengkapi dengan riding mode dengan tiga channel - Rain, Normal/Touring dan Sport - di posisi 3.000 rpm saja mesin masih ‘merengek’ butuh putaran lebih tinggi lagi. Torsi mesin masih terasa liar sampai menginjak rpm tinggi. Menguji fungsi quick shifter up and down yang tersemat pada motor dan juga telah dilengkapi dengan slipper clutch yang beroperasi melalui teknologi hidrolik dan Electronically Assisted Shift (EAS) 2.0 Up and Down Gear Shift, dikelola oleh sistem MVICS terbaru. Motor yang dijual seharga 530 juta rupiah (On The Road Jakarta) ini terbilang nyaman dan “mau” diajak maneuver. Torsi mesin masih terasa liar sampai menginjak rpm tinggi, seperti saat masuk gigi tiga. Di posisi sport pada riding mode, ban depan motor berkesan tidak menapak alias wheelie. Tarikannya terasa seperti rambut “dijambak” setan. Handling naked bike garang tersebut cukup stabil untuk bermanuver di tikungan. Suspensi milik Sachs mampu meredam guncangan dengan baik. Menurut informasi yang didapat, suspensi ini juga mengalami revisi dari model sebelumnya yang sedikit lebih keras sehingga motor seringkali terasa kehilangan traksi. Terlebih suspensi Marzocchi bertipe upside down dibagian depannya membuat handling motor kian mantab. Sayangnya, pihak PT Motor Varese Indonesia hanya menyediakan satu motor dengan waktu yang terbatas untuk media test sehingga kamipun harus “mau tak mau” bergantian dengan media lain yang juga penasaran dengan buasnya motor asal Italia ini. Syaiful Achmad

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Aprilia SR-GT 200 Replica, Jadi Teman Liburan Asyik Berkat Ragam Keunggulannya
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023