Hadapi Honda CBR150R dan Yamaha R15, Suzuki Siapkan GSX-R150 Baru

Suzuki GSX-R150

Honda dan Yamaha sudah bergerak pada awal 2021 ini. Kedua pabrikan memperkenalkan CBR150R dan R15 di segmen fairing. Bagaimana dengan Suzuki? Mereka ternyata tidak tinggal diam. Suzuki berencana melakukan penyempurnaan terhadap GSX-R150. Pabrikan berlogo "S" juga menjanjikan beberapa perubahan.

Indikasi kehadiran model-model baru sebenarnya sudah disampaikan pada akhir 2020 lalu. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyatakan akan merilis 4 motor baru tahun ini. Bocoran yang diberikan adalah model baru yang peluncurannya ditunda akibat pandemi Covid-19.

Di antara produk yang siap diluncurkan, Suzuki memberi isyarat penyegaran terhadap GSX-R150. Pembaruan dimaksudkan agar daya saing GSX-R150 menjadi lebih kuat menghadapi kompetitornya.

Rival

Suzuki GSX-R150

Di segmen ini, pemain utama Honda CBR-150R sudah lebih dulu mengalami perubahan. Paling signifikan adalah penambahan fitur baru Asist/Slipper Clutch demi mencegah ban belakang slip akibat engine brake secara ekstrem. Sedangkan Yamaha R15 hadir dengan warna baru. Suzuki berencana melakukan penyempurnaan GSX-R150 dengan beberapa fitur baru. Perubahan tidak cuma satu, tapi ada beberapa sekaligus.

"Ada banyak hal yang akan kita buat untuk GSX. Meski kompetitor sudah banyak perubahan, kita tidak tinggal diam. Pasti kita akan melakukan perbaikan-perbaikan. Kita siapkan lagi gimmick-gimmick untuk meningkatkan penjualan kita," kata Yohan Yahya, 2W Sales & Marketing Departement Head SIS dalam jumpa pers virtual (04/03).

Yohan Yahya mengatakan, Suzuki bukan hanya berencana meluncurkan model baru, juga perubahan minor pada model yang sudah ada, alias facelift. Sedangkan dua sisanya digadang-gadang diperkenalkan pada paruh kedua tahun ini, sambil melihat perkembangan situasi pandemi. "Ya kita lihat lah. Kita tunggu termasuk pertanyaan kapan launching produk baru. Yang pasti adalah, kita tunggu," pungkas Yohan.

Baca Juga: Suzuki Rilis GSX-R1000R Legend Edition, Edisi Jawara MotoGP

Kabar GSX250

Suzuki GSX250

Satu nama lain yang kabarnya juga siap mengaspal di Tanah Air adalah Suzuki GSX250. Model ini masuk dalam Peraturan Kementerian Dalam Negeri No.1 Tahun 2021. Indikasi produk ini akan diluncurkan Suzuki. Namun, mereka masih belum membuka suara terkait kabar tersebut.

Yohan Yahya belum bersedia mengeluarkan statement terkait kabar tersebut. "Kalau ditanya Suzuki GSX150R belum ada refreshment, kita sudah lakukan dengan penggunaan livery baru untuk model tersebut. Tapi untuk model yang lainnya, kita balik lagi, kita tunggu saja," ujar Yohan Yahya.

Jika melihat kompetitornya yang sudah meluncurkan produk untuk motor sport berkapasitas 250 cc, memang hanya Suzuki yang belum memberikan produk baru. Kawasaki sudah menghadirkan Ninja 250 empat silinder, dan Honda sudah menghadirkan CBR250R serta Yamaha sudah meluncurkan Yamaha R-25.

Suzuki GSX250 ini memang sudah lama ditunggu-tunggu kehadirannya di Indonesia. Pasalnya, sejak meluncurkan Thunder 250 dan Inazuma 250, Suzuki belum lagi memasukkan motor dengan kubikasi mesin 250cc.

Dalam NJKB bahkan tertera Suzuki GSX 250 dijual dengan harga Rp 34 jutaan. Yohan mengatakan bahwa pihaknya memang memperhatikan hal tersebut. Namun, ia bersama jajarannya tidak akan tinggal diam melihat serangan yang dilancarkan oleh para kompetitornya tersebut. "Meskipun kompetitor sudah ada perubahan, tapi kita tidak tinggal diam," tegasnya.

Baca Juga: Suzuki GSX-R150 Berdandan ala Tim MotoGP Suzuki Ecstar

Kinerja 2020

Suzuki Satria F150

Kinerja penjualan sepeda motor Suzuki 2020 lalu cukup apik. Secara keseluruhan mencatatkan angka wholesales 28.310 unit dan retail sales sebesar 30.242 unit. Raihan ini didukung kepercayaan konsumen terhadap model sepeda motor unggulan keluaran Suzuki yang didominasi All New Satria F150 sebagai kontributor penjualan tertinggi dengan wholesales mencapai 15.356 unit atau sebesar 54,2 persen dan retail sales mencapai 15.131 unit atau sebesar 50 persen.

Urutan berikutnya, NEX II turut berkontribusi sebesar 17,9 persen atau sebanyak 5.055 unit untuk wholesales dan 6.241 unit atau 20,6 persen untuk retail sales. GSX-R150, motor sport Suzuki yang sangat ikonik, juga turut menyokong angka wholesales sebanyak 2.723 unit dan retail sales sebanyak 3.097 unit.

Sepanjang 2020, Suzuki meluncurkan beberapa model ke pasar dalam negeri. Pada Oktober, Suzuki mengeluarkan varian warna baru untuk beberapa model sekaligus, seperti GSX-R150, Satria F150, Address FI, dan NEX II. Sedangkan di bulan November, Suzuki meluncurkan model terbaru, yaitu NEX Crossover, sepeda motor yang merepresentasikan gaya hidup bertualang.

Layanan Purnajual dan Ekspor

Suzuki terus berupaya memberikan layanan purnajual yang maksimal bagi konsumen. Sepanjang 2020, Suzuki mencatatkan layanan purnajual sepeda motor sebanyak 390.379 unit intake di 249 bengkel resmi di seluruh Indonesia. Tingginya angka unit intake di tahun 2020 menunjukkan bahwa layanan purnajual Suzuki semakin dipercaya dan tetap menjadi pilihan konsumen.

Pencapaian itu tidak lepas dari hadirnya beragam program servis menarik untuk konsumen serta layanan yang memudahkan seperti online booking melalui website, Home Service, dan 24-hour Suzuki Emergency Roadside Assistance.

Sedangkan untuk suku cadang resmi Suzuki yang terdiri dari Suzuki Genuine Parts (SGP), Suzuki Genuine Oil (SGO), dan Suzuki Genuine Accessories (SGA). Penjualan suku cadang sepeda motor berkontribusi sebanyak 33 persen.

Penjualan suku cadang Suzuki terbilang moncer untuk kondisi pandemi. Kinerja yang baik ini didukung salah satunya oleh aplikasi mobile MySuzuki. Aplikasi bisa diunduh di Play Store atau Apps Store, melayani pembelian suku cadang resmi Suzuki baik mobil maupun sepeda motor.

Sementara dari sisi ekspor, Suzuki juga telah mengekspor total 127.434 unit sepeda motor ke 35 negara tujuan yang tersebar di Asia, Eropa, Timur Tengah, Oseania, dan Amerika Latin. Kontribusi terbesar ekspor sepeda motor Suzuki didominasi oleh Satria F150 sebesar 49,7 persen, kemudian diikuti oleh NEX II sebesar 12 persen, dan Address FI sebesar 11,3 persen. (Raju/Odi)

Baca Juga: Melihat Potensi Kehadiran Suzuki Gixxer SF 250 di Tanah Air

Jelajahi Suzuki GSX R150

  • Tampak belakang serong Suzuki GSX R150
  • Tangki BBM Suzuki GSX R150
Suzuki GSX R150
Rp 31 - Rp 35 Juta Cicilan : Rp 707.310

Model Motor Suzuki

Motor Suzuki
  • Suzuki GSX R150
    Suzuki GSX R150
  • Suzuki Satria F150
    Suzuki Satria F150
  • Suzuki Address
    Suzuki Address
  • Suzuki GSX 150 Bandit
    Suzuki GSX 150 Bandit
  • Suzuki GSX S150
    Suzuki GSX S150

Don't Miss

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Suzuki Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Sport

  • Yang Akan Datang