Hanway G30, Copycat Royal Enfield Himalayan asal Cina

Hanway G30

Produk tiruan asal Cina tak ada habisnya. Sepertinya hampir semua merek jadi bahan plagiat. Merek-merek terkenal seperti Honda, Kawasaki, BMW hingga Ducati ada saja kembaran palsunya. Royal Enfield Himalayan pun tidak luput dicontek juga.

Adalah Hanway, perusahaan motor yang berbasis di Changzhou. Jelas sekali meniru wujud Royal Enfield Himalayan. Dinamakan Hanway G30 dan tampangnya pun jenis tualang. Uniknya, meski terkesan mencontek dari sisi ekterior, motor ini jauh lebih baik dari segi fungsional dan fitur. Ya, berperawakan klasik tapi dibungkus teknologi masa depan. Mungkin itulah yang coba ditawarkan pabrikan agar bisa menarik perhatian.

Hampir seluruh komponen bodi dibuat mirip, hanya secara dimensi tampak lebih kecil. Tengok bagian tangki, dirancang bulat. Sementara versi aslinya lebih gemuk dan ada lekukan tegas untuk menampung dengkul pengendara, serta diberikan besi sebagai pelindung bagian tangki depan. Tapi secara kapasitas, si G30 lebih besar dari Himalayan yaitu 24 liter, naik lima liter.

Baca Juga: Royal Enfield Meteor 350 Sudah Bisa Dipesan, Harga Tak Sampai Rp 100 juta

Hanway G30

Headlamp sama-sama bulat, tapi versi kloning lebih canggih dengan sematan lampu berteknologi LED. Dilengkapi pula dengan DRL (Daytime Running Light) di tiap sisinya. Sehingga sangat membantu memberikan penerangan jika bertualang di malam hari. Windshield dan double sepatbor depan juga terpasang.

Rangkanya pakai model yang sama, double cradle split dupleks. Ada dua pipa besi yang menopang mesin. Tapi sepertinya punya Himalayan tampak kokoh dan lebih kuat. Disematkan pula pelindung jantung mekanis di bagian bawah. Model joknya dibuat mirip, demi menunjang kenyamanan kala berkendara jauh.

Tidak seperti Himalayan, Hanway G30 dimuat dengan peralatan elektronik lebih mewah. Sebut saja port pengisian daya 2A 5V, dan konsol TFT berwarna. Panel instrumen yang terpasang terlihat identik dengan kepunyaan KTM Duke 390. Ukurannya besar, mirip tablet dan mudah dibaca oleh pengendara. Grafis dan menu tersedia juga dibuat mirip. Berbeda dengan informasi display Royal Enfield Himalayan yang masih dalam bentuk konvensional.

hanway G30

Menurut spesifikasi di atas kertas, Hanway G30 menggunakan mesin lebih kecil. Menggendong mesin berpendingin cairan, silinder tunggal 249,2 cc yang menghasilkan tenaga 24 Hp pada 9.000 rpm dan 22 Nm pada 7.500 rpm. Hasil daya itu tentu selisih sedikit dengan Himalayan yang pakai jantung mekanis berkapasitas 411 cc. Tapi dalam hal akselerasi, versi kloning lebih rendah.

Kuda besi Cina juga mendapatkan perangkat keras yang sedikit lebih baik dibanding Himalayan. Sudah terpasang suspensi upside down 35 mm di depan dan monoshock di belakang. Ia menggunakan roda model ruji dengan ukuran 19 inci di depan dan 17 inci belakang. Masing-masing sudah dibungkus dengan ban tipe tubeless berprofil kasar. Dalam hal penghenti laju, si pembajak disematkan rem cakram 280 mm dengan 4 kaliper piston dan 240 mm single kaliper piston. Masing-masing roda sudah dilengkapi dengan ABS sebagai standar.

Dengan spesifikasi mesin lebih kecil, Hanway membanderol motor tulangnya dengan harga kompetitif. Yakni 17.280 Yuan atau setara Rp38,3 juta. Tentu ini jadi harga yang menarik karena Royal Enfield Himalayan di sini dijual Rp114,3 juta.

Baca Juga: Royal Enfield Himalayan 2021 Resmi Rilis di India, Bertambah Kelir dan Fitur Baru

Hanway G30

Perbandingan Spesifikasi dengan Himalayan

Seperti kita tahu, Royal Enfield Himalayan merupakan motor yang digemari olah para pecinta tualang dari seluruh dunia. Ia punya formula sederhana dan kemampuan yang bisa dibawa ke mana saja. Kontruksi lawas, secuil teknologi modern dan punya latarbelakang brand ikonik asal Inggris membuat dirinya disukai.

Punya modal mesin satu silinder 411 cc SOHC bertenaga 24,3 Hp pada 6.500 rpm dan torsi 32 Nm memuncak di 4.500 rpm. Tapi ia sudah memenuhi regulasi BS6, atau setara Euro 4.

Himalayan tak menugaskan cakram sendirian untuk berdeselerasi. Kedua piringan terkoneksi sensor Anti-lock Braking System (ABS). Supaya saat diajak berjelajah terhindar dari gejala ban terkunci. Namun cukup disayangkan, tak ada saklar pemati fungsi ABS. Padahal di India ada. Fitur ini sebetulnya sangat berfungsi. Mengingat ia motor adventure, bukan tidak mungkin disiksa ke medan tanah. Dan terkadang perlu dimatikan pada situasi tertentu.

Panel instrumen dipresentasikan dalam perpaduan analog digital. Informasi kecepatan, putaran mesin, serta fuel meter ditunjukkan jarum mekanik. Sementara sisanya di dalam layar, berikut fitur kompas yang jadi ciri khas-nya. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart, Gaadiwaadi, Car and Bike

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Royal Enfield Interceptor 650, Sosok Karismatik Bernuansa Klasik

Jelajahi Royal Enfield Himalayan

Model Motor Royal Enfield

Motor Royal Enfield
  • Royal Enfield Bullet 350
    Royal Enfield Bullet 350
  • Royal Enfield Classic 350
    Royal Enfield Classic 350
  • Royal Enfield Continental GT 650
    Royal Enfield Continental GT 650
  • Royal Enfield Himalayan
    Royal Enfield Himalayan
  • Royal Enfield Hunter 350
    Royal Enfield Hunter 350
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Royal Enfield Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Adventure Touring

Artikel Motor Royal Enfield Himalayan dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Royal Enfield Pamerkan Prototipe Himalayan Listrik
    Royal Enfield Pamerkan Prototipe Himalayan Listrik
    Zenuar Yoga . 21 Nov, 2023
  • Royal Enfield Moto Himalaya 2022 Finis: Merindukan Kasur Tapi Ada Sesuatu yang Tertinggal
    Royal Enfield Moto Himalaya 2022 Finis: Merindukan Kasur Tapi Ada Sesuatu yang Tertinggal
    Zenuar Yoga . 31 Agu, 2022
  • Royal Enfield Moto Himalaya 2022 Part 3: Perjalanan Lebih Manusiawi Tapi Sulit Mencari Kehangatan
    Royal Enfield Moto Himalaya 2022 Part 3: Perjalanan Lebih Manusiawi Tapi Sulit Mencari Kehangatan
    Zenuar Yoga . 30 Agu, 2022
  • Royal Enfield Moto Himalaya 2022 Part 2: Pembuktian Si Himalayan di Jalur Ekstrem
    Royal Enfield Moto Himalaya 2022 Part 2: Pembuktian Si Himalayan di Jalur Ekstrem
    Zenuar Yoga . 27 Agu, 2022
  • Royal Enfield Moto Himalaya 2022 Part 1: Kesulitan Bernapas dan Proses Aklimatisasi
    Royal Enfield Moto Himalaya 2022 Part 1: Kesulitan Bernapas dan Proses Aklimatisasi
    Zenuar Yoga . 24 Agu, 2022
  • 3 Motor Adventure Ini Versi Barunya Minim Pembaharuan, Mending Pilih Unit Bekas?
    3 Motor Adventure Ini Versi Barunya Minim Pembaharuan, Mending Pilih Unit Bekas?
    Helmi Alfriandi . 12 Mei, 2021
  • Budget Rp 80 Jutaan Bisa Pinang Royal Enfield Himalayan Bekas, Seberapa Pantas?
    Budget Rp 80 Jutaan Bisa Pinang Royal Enfield Himalayan Bekas, Seberapa Pantas?
    Helmi Alfriandi . 23 Apr, 2021
  • Test Ride Royal Enfield New Himalayan (Part 2): Penakluk Segala Medan, Tak Sukar Dikendalikan
    Test Ride Royal Enfield New Himalayan (Part 2): Penakluk Segala Medan, Tak Sukar Dikendalikan
    Helmi Alfriandi . 14 Sep, 2020
  • Road Test Royal Enfield New Himalayan (Part 1): Penakluk Segala Medan, Tak Sukar Dikendalikan
    Road Test Royal Enfield New Himalayan (Part 1): Penakluk Segala Medan, Tak Sukar Dikendalikan
    Helmi Alfriandi . 11 Sep, 2020
  • First Ride Royal Enfield Himalayan Part 2: Jelajah Alam Bersama Kesederhanaan
    First Ride Royal Enfield Himalayan Part 2: Jelajah Alam Bersama Kesederhanaan
    Helmi Alfriandi . 11 Des, 2019
  • First Ride Royal Enfield Himalayan Part 1: Jelajah Alam Bersama Kesederhanaan
    First Ride Royal Enfield Himalayan Part 1: Jelajah Alam Bersama Kesederhanaan
    Helmi Alfriandi . 09 Des, 2019
  • Menjajal Royal Enfield Himalayan di Habitat Offroad
    Menjajal Royal Enfield Himalayan di Habitat Offroad
    Baghendra Lodra . 10 Sep, 2018