Harga Tak Terpaut Jauh, Mending Pilih Toyota Rush GR Sport atau Sienta V?

Toyota Rush GR Sport

Toyota memang paling lengkap memberikan pilihan model kendaraan. Mulai dari LCGC 7-seater, Low Multi Purpose Vehicle (MPV), SUV 7-seater, sedan hingga MPV mewah, ada semua. Banyaknya pilihan ini bisa menjadi pilihan menarik sekaligus membingungkan bagi calon konsumen. Terutama bagi pencari mobil keluarga.

Misal Anda punya bujet Rp300 juta, ada dua mobil keluarga Toyota bisa dipilih: Toyota Rush dan Sienta. Pastinya bukan dari segmen sama, namun keduanya layak dipertimangkan bila sedang mencari mobil 7-seater keluaran Toyota. Apalagi harganya tak terpaut banyak. Kami pilih Toyota Rush GR Sport senilai Rp256,6 juta (M/T) dan Rp266,2 juta (A/T). Lalu Toyota Sienta V senilai Rp260,1 juta (M/T) dan Rp276,7 juta (CVT). Harga keduanya sudah termasuk insentif PPnBM 100 persen yang diperpanjang hingga akhir 2021. Kami coba telisik segala kelebihan dan kekurangan yang ada, supaya memudahkan Anda mengambil keputusan.

 

Alasan Pilih Rush

Toyota Rush GR Sport

Rush adalah SUV yang menganut body on frame plus penggerak roda belakang (RWD). Menyiratkan sebuah kendaraan pelintas medan berat dan pantas diajak blusukan asal tidak terlampau ekstrem. Sangat cocok untuk kondisi jalanan Indonesia yang beragam seperti bertemu jalanan rusak hingga banjir. Ground clearance tinggi memberi rasa aman melewati variasi jalanan.

Sebagai trim tertinggi, Rush GR Sport punya fitur jempolan. Malah melampaui Sienta V yang harganya lebih mahal. Fitur keselamatan menang telak. Seluruh penumpang dilindungi 6 titik airbag lengkap peringatan untuk selalu memakainya. Selain standar ABS+EBD, telah dilengkapi peranti aktif Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS). 

Toyota Rush GR Sport cabin

Fitur kenyamanan mulai dari smart entry yang tidak butuh lagi anak kunci. Area dashboard terisi head unit monitor 7-inci dengan ragam fungsi. Punya Weblink, Miracast, koneksi iPod/iPhone, Bluetooth, kamera parkir dan tersebar 8 speaker. Pengaturan AC model digital, plus power slot di semua baris kursi. Penerangan utama sudah pakai LED. Khusus varian tertinggi GR Sport, tersemat berbagai ornamen khas divisi balap dan ada fitur baru idle start/stop. Jika aktif, diklaim mampu menambah efisiensi bahan bakar. Sebab mesin akan mati saat berhenti di lampu merah atau dalam kondisi stop and go.

Tidak ada keistimewaan dari kabin Rush. Format 7-seater sama seperti Avanza hanya sedikit lebih lapang. Tujuh penumpang bisa duduk tanpa berdesakan, tapi tidak akan senyaman di Sienta. Akses melalui pintu konvensional dan lantai tinggi, biasanya menyulitkan orang lanjut usia. Sama halnya karakter berkendara. SUV ber-platform semi-monokok dengan ground clearance tinggi dan ban besar, tentu tidak bakal senyaman MPV murni pakai sasis monokok. Walau mendapat pembenahan, tetap saja Rush belum bisa menyamai kenyamanan Sienta.

Mesin Rush dan Sienta sama-sama memakai seri 2NR. Bedanya ada di kode VE yang berarti posisi mesin membujur tersambung ke gardan belakang sebagai penanda gerak roda belakang (RWD). Output sedikit lebih kecil dari Sienta, 104 PS dan 136 Nm.  Seperti karakter Avanza dan Rush sejak dulu, rasio gigi selalu dibuat kasar, meski sudah semakin halus sekarang ini. Yang pasti, layout seperti itu sesuai karakter SUV yang seharusnya tangguh di segala kontur jalan. Opsi transmisi tersedia manual 5-speed dan otomatis konvensional 4-speed. Cocok dijadikan kuda beban sehari-hari bila tidak terlalu mengutamakan kenyamanan.

Baca Juga: Toyota Fortuner Bermesin 1GD-FTV 2,8-liter Berpeluang Dijual di Indonesia

 

Pertimbangan Sienta

Toyota Sienta Welcab

Sienta jelas lebih nyaman berkat adopsi sasis monokok dan penggerak roda depan (FWD). Keuntungan utamanya menghasilkan kabin luas tanpa ada gundukan gardan di tengah lantai, dek rendah, ditambah atap meninggi. Posisi duduk untuk semua penumpang pun bisa lebih rileks. Enaknya Sienta juga, dimensi bodi tergolong kompak. Panjangnya 4.235 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.695 mm. Ideal untuk berkendara di perkotaan sampai memasuki gang-gang kecil.

Kabin Sienta amat akomodatif sesuai peruntukan MPV keluarga. Paling menarik metode pelipatan Dive-In. Kursi baris ketiga mampu dimasukkan ke kolong baris kedua. Praktis menambah luas bagasi. Dua sepeda dapat masuk dengan gampangnya. Akses penumpang pun mudah. Pintu geser elektrik di titip sisi sangat mempermudah. Keluar-masuk di area sempit bukan persoalan.

Toyota Sienta

Harus diakui, peranti keselamatan Sienta V tidak sebagus Rush GR Sport. Kantong udara cuma 3 titik: dual airbag dan knee airbag. Tak punya VSC maupun HSA, karena hanya tersedia di Sienta tipe Q. Lampunya saja masih halogen, tapi sudah proyektor. Head unit berukuran sedikit lebih besar, 6,8-inci, dengan fitur relatif serupa tapi speaker cuma ada 6. Beruntung masih disisakan smart key dan juga kamera belakang.

Unit 2NR-FE milik Sienta menandakan mesin melintang tanda penggerak roda depan (FWD). Daya dihasilkan sebesar 107 PS dan torsi 140 Nm. Penyalurannya dilakukan oleh transmisi manual 6-percepatan atau CVT. Tentu saja karakter performa akan berbeda dari Rush. Rasio gigi lebar membuat mesin optimal di putaran rendah. Nyaman untuk cruising jarak jauh, sekaligus irit bahan bakar. Girboks CVT terkenal nyaman tanpa terasa perpindahan gigi.

 

Simpulan

Pilih Sienta V kalau mengutamakan nyaman dan kepraktisan. Sayang tidak dapat trim tertinggi. Sehingga tak mendapat fitur keselamatan sebaik Rush GR Sport. Lain halnya jika Anda yang mementingkan resale value, durabilitas dan senang bertualang bersama keluarga sembari off-road ringan, pilihannya jelas Rush GR Sport. Fitur keselamatan superlengkap menjadi nilai lebih yang tak bisa ditebus Sienta V. (Odi)

 

Baca Juga: Toyota Rush Kini dengan Sentuhan GR Sport Menggantikan TRD Sportivo

Toyota Rush vs Toyota Sienta Comparison

Toyota Rush
  • Rp 284,4 - 310,45 Juta
Toyota Sienta
  • Rp 237,05 Juta
Toyota Rush vs Toyota Sienta
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Toyota Unggulan

  • Yang Akan Datang

Bandingkan & Rekomendasi

Artikel Mobil Toyota Rush dari Carvaganza

  • Tertarik Toyota Rush Facelift, Bisa Dicicil Mulai Rp4 Jutaan
    Tertarik Toyota Rush Facelift, Bisa Dicicil Mulai Rp4 Jutaan
    Setyo Adi . 05 Apr, 2024
  • Toyota Rush Dapat Facelift Jelang Lebaran, Harga Naik Rp2 Jutaan
    Toyota Rush Dapat Facelift Jelang Lebaran, Harga Naik Rp2 Jutaan
    Alvando Noya . 02 Apr, 2024
  • 6 Low SUV Jepang Yang Bisa Jadi Pilihan Jelang Lebaran
    6 Low SUV Jepang Yang Bisa Jadi Pilihan Jelang Lebaran
    Alvando Noya . 12 Apr, 2022
  • KALEIDOSKOP 2021: Daftar Low SUV Paling Laris di Pasar Nasional
    KALEIDOSKOP 2021: Daftar Low SUV Paling Laris di Pasar Nasional
    Bangkit Jaya . 30 Des, 2021
  • Program EZDeal, Bawa Pulang Toyota Rush dan Vios Dengan Kredit Ringan
    Program EZDeal, Bawa Pulang Toyota Rush dan Vios Dengan Kredit Ringan
    Eka Zulkarnain H . 01 Okt, 2021

Artikel Mobil Toyota Rush dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Skema Kredit Toyota Rush GR Sport Terbaru
    Skema Kredit Toyota Rush GR Sport Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 04 Apr, 2024
  • Toyota Rush Akhirnya Mendapat Penyegaran
    Toyota Rush Akhirnya Mendapat Penyegaran
    Anindiyo Pradhono . 01 Apr, 2024
  • Toyota Rush Diskontinu di Malaysia
    Toyota Rush Diskontinu di Malaysia
    Anindiyo Pradhono . 05 Jan, 2024
  • Toyota Rush Tidak Ikut Mendapat Pembaruan, Bakal Diskontinyu?
    Toyota Rush Tidak Ikut Mendapat Pembaruan, Bakal Diskontinyu?
    Setyo Adi Nugroho . 14 Jun, 2023
  • Tawaran Cicilan Toyota Rush Mulai Rp 4,3 Juta Lewat Layanan Mobility EZDeal
    Tawaran Cicilan Toyota Rush Mulai Rp 4,3 Juta Lewat Layanan Mobility EZDeal
    Setyo Adi Nugroho . 02 Okt, 2021
  • New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    New Toyota Rush GR Sport Vs New Daihatsu Terios R, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 15 Apr, 2024
  • Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Selisih Cuma Rp300 Ribu, Komparasi New Daihatsu Terios Vs Toyota Rush GR Sport
    Setyo Adi Nugroho . 09 Jun, 2023
  • Mitsubishi Xpander GLS Vs Toyota Rush G Varian Termurah Rp 200 Jutaan, Menarik Mana?
    Mitsubishi Xpander GLS Vs Toyota Rush G Varian Termurah Rp 200 Jutaan, Menarik Mana?
    Anjar Leksana . 10 Agu, 2021
  • Kelebihan Toyota Rush yang Membuatnya Tetap Menarik untuk Dipinang Saat ini
    Kelebihan Toyota Rush yang Membuatnya Tetap Menarik untuk Dipinang Saat ini
    Ahmad Karim . 18 Jan, 2021
  • Mengukur Fungsionalitas Toyota Sienta V dan Rush TRD
    Mengukur Fungsionalitas Toyota Sienta V dan Rush TRD
    Anindiyo Pradhono . 05 Jun, 2020
  • Road Test Toyota All New Rush TRD Sportivo AT : Ubahan yang Dinanti-nanti (Part-2)
    Road Test Toyota All New Rush TRD Sportivo AT : Ubahan yang Dinanti-nanti (Part-2)
    Muhammad Hafid . 22 Jan, 2019
  • Road Test Toyota All New Rush TRD Sportivo AT: Ubahan yang Dinanti-nanti (Part-1)
    Road Test Toyota All New Rush TRD Sportivo AT: Ubahan yang Dinanti-nanti (Part-1)
    Muhammad Hafid . 11 Jan, 2019