HD Sportsters 1200, Kuzuri Sang Wolverine

YOGYAKARTA, 12 Maret 2018 -- Pertama kali datang ke workshop Thrive Motorcycle, ia tidak membawa referensi secara spesifik bakal bikin motor kustom seperti apa. “Jadi saya belum tahu mau bikin motor kustom seperti apa. Tapi dengan keterbatasan itu, kedatangan saya ke Thrive MC menjadi sangat bearti,” ungkap owner motor, Januar Reuben seperti dilansir kustomfest.com. Dari situlah terjalin hubungan yang semakin erat dengan Thrive MC karena sering berdiskusi mengenai mesin, style motor, seni sampai rute riding yang asyik. “Diskusi semakin berkembang dengan bicara masalah konsep dan desain. Saya banyak mendapat masukan tentang desain dan karakter motor kustom,” papar Januar. Pada proses itu pula dirinya mulai membuka diri dalam menyampaikan seperti apa motor yang ia dambakan. Awalnya ia terpikir untuk memiliki motor kustom dengan kapasitas mesin yang besar. “Saat itu HD Sportster jadi pilihan karena kebetulan Thrive MC sedang memasukan 4 mesin sportster dari US,” kata Januar. Kemudian ia dihadapkan dengan dua pilihan mesin HD Sportster, Sportster 883 dan Sportster 1200. “Sempat terpikir Sportster 883 sebagai pilihan, tapi setelah melalui berbagai diskusi akhirnya saya putuskan untuk memakai Sportster 1200,” kata Reuben. Ia mengaku Chopper merupakan hal yang baru bagi dirinya, tapi antusiasmenya terhadap chopper berkembang cukup pesat karena pengaruh oleh lingkungan dan referensi dari media luar negeri. “somehow saya bisa merasakan sebagian jiwa saya ada pada style Chopper,” papar Reuben. Motor kustom yang diberi nama Kuzuri ini dikembangkan oleh Thrive MC dari sebuah pemahaman tentang Streamline Design yang banyak berkembang di era modern Amerika tahun 1930an. “nah dari ide dasar ini selanjutnya dikombinasikan dengan style old school chopper yang menjadi karakter dari Kuzuri,” ungkap Reuben. Project Kuzuri diakuinya sebagai kelinci percobaan untuk menerapkan ide-ide liar, “beberapa hasil ide-ide liar yang kami wujudkan di Kuzuri beberapanya posisi lampu belakang dan sein belakang. Dua bagian ini memaksa kita untuk putar otak untuk bisa mewujudkannya,” papar Reuben. Meski dua lampu tadi didesain sedemikian rupa tapi tetap tidak mengabaikan fungsinya. “Dua hal tersebut memang terlihat simpel dan elegan tapi justru merupakan bagian yang paling sulit dalam proses pembuatannya,” kata Reuben. Ia juga mengadopsi frame model hard tail rigid guna mewakili konsep old school chopper. Sedangkan nama Kuzuri diambil dari salah satu tokoh superhero favorit anak sang owner yakni Wolverine. “Kuzuri merupakan panggilan bagi Wolverine dalam bahasa Jepang, yang menurut saya masih relevan dengan project ini,” tutup Reuben. [gallery type="thumbnails" columns="5" ids="29324,29329,29322,29330,29321,29323,29325,29326,29327,29328"> Info & Specification : OWNER : Januar Reuben BUILDER :– WORKSHOP NAME : Thrive Motorcycle WORKSHOP ADDRESS : Jl. Kemang Timur Raya No. 15 C, Mampang, Jaksel PHONE NUMBER : 081284014081 EMAIL : www.thrivemotorcycle.com / custom@thrivemotorcycle.com BIKE NAME : Kuzuri CATEGORY : Main Class FFA > 250 ACHIEVEMENT : Kustomfest 2017 Participant FRAME / CHASIS Type : Custom Hard-Tail Rigid Frame Builder : – Production / Year : – ENGINE Type : 4 Stroke V-Twin Evo, OHV Engine Capacity : 1200cc Engine Builder : HD Production Years :2000 Engine Modification : Cut & Shape Cam, Sprocket Cover (minimalis), Sprocket Chain Conversion, Custom Timing Cover TRANSMISSION Type : Stock Builder : – Primary Kit ( Clutch System ) : – WHEELS & SUSPENSION Front & Rear Wheels R18 (R), R21 (F) Front & Rear Tires Firestone Ribbed 5.00-18 (R), Avon Speedmaster 3.00-21 (F) Suspension System : Chopped 35mm Telescopic (F) Brake System : Softtail Stock Modified PIPES & EXHAUST Exhaust System Pipes : Custom Stainless Header & Silencer Exhaust System Material : – Exhaust System Builder : – BODY WORKS & PAINTING Body Works Material : In House Alumunium Body Panel Gastank, Rear Tail Fender, Oil Tank, Electrical Box & eadlight – Dashboard Cove Engine Finishing : Vaporized and Black Powder Coating Body Finishing : Sapphire Blue and Silver Line Over Vaporized Alumunium OTHER PARTS & ACCESSORIES T/H/R/V Custom Seat T/H/R/V Odipus A Footpegs T/H/R/V Gullwing Style Handlebar T/H/R/V Turn Signal Inside Rear Frame T/H/R/V Custom Taillight Stoplamp T/H/R/V Alumunium Cover Filter T/H/R/V Derby Cover (one-off) Sekepal Aspal Kebon Nanas Valve Cap Custom Breather System Custom Exhaust Shield Custom Clutch Lever Suspension Ring Cover Coil-Choke Cover RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Tak Bisa Pakai Nomor 54, Ini Petunjuk Nomor Baru Toprak Razgatlioglu di MotoGP
    Tak Bisa Pakai Nomor 54, Ini Petunjuk Nomor Baru Toprak Razgatlioglu di MotoGP
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Yamaha Indonesia Buat Pelatihan Off-Road Pakai WR155R dan YZ125X
    Yamaha Indonesia Buat Pelatihan Off-Road Pakai WR155R dan YZ125X
    Bangkit Jaya Putra . Hari ini
  • Skema Kredit Scoopy Kuromi, Angsuran Mulai Rp997 Ribu
    Skema Kredit Scoopy Kuromi, Angsuran Mulai Rp997 Ribu
    Setyo Adi Nugroho . 13 Okt, 2025
  • Pembalap Astra Honda Borong Tiga Podium di ARRC Malaysia
    Pembalap Astra Honda Borong Tiga Podium di ARRC Malaysia
    Zenuar Yoga . 13 Okt, 2025
  • Partisipasi Konsumen Federal Oil Meningkat, Program Hadiah Pulsa Jadi Ajang Edukasi Produk Asli
    Partisipasi Konsumen Federal Oil Meningkat, Program Hadiah Pulsa Jadi Ajang Edukasi Produk Asli
    Zenuar Yoga . 13 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    New Yamaha MT-25 vs Suzuki V-Strom 250SX: Mana yang Lebih Nyaman untuk Perjalanan Jauh?
    Zenuar Yoga . 21 Agu, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025