Honda ADV300 Aplikasikan Teknologi Forza, Meluncur Akhir Tahun

JAKARTA, Motovaganza.com – Sukses ADV150 rupanya membuat Honda tergiur untuk membangun motor bergaya sama namun dengan mesin yang lebih besar. Kabar ini tersiar dari Vietnam dan Thailand. Disebutkan jika Honda tengah menyiapkan ADV300. Besar kemungkinan, konstruksi utama mengadopsi milik Forza 300, berikut mesin dan fitur. Ini bisa jadi jawaban bagi konsumen yang tak sanggup menebus X-ADV, tapi merasa terlalu mungil untuk meminang ADV150. ADV300 bakal menjawab keinginan banyak konsumen yang menginginkan skutik bergaya adventure. Basis Honda Forza 300 rasanya pas untuk dicolok mentah-mentah ke spesies satu ini. Mengacu pada spesifikasi di Eropa, dapur pacu 279 cc 4-valve PGM-FI bisa memproduksi tenaga 25,15 hp @7.000 rpm dan torsi 27,2 Nm @5.750 rpm. Ukuran diameter dan langkah silindernya 72 mm x 68,5 mm, alias tak terlampau overbore. Perbandingannya cukup dekat. Sehingga tenaga bisa diraih dalam putaran cukup merata. Terbukti dari gapaian torsi maksimal, muncul mulai 5.000 rpm tadi. Masih masuk akal dan relevan, mengingat statusnya bakal menjadi motor tualang. Namun boleh jadi, penyesuaian mapping ECU dilakukan. Supaya karakter adventure lebih terasa lagi, layaknya konversi mesin PCX ke ADV150. Perubahan di sektor injeksi dan saringan udara juga sangat memungkinkan berbeda. Begitu juga kaki-kaki. Selain ban beralur asimetris semi pacul, pasti ada diferensiasi pada penopang motor. Paling tidak travel garpu dibuat lebih panjang. Lebih bagus lagi jika mengusung model inverted-fork, atau biasa disebut upside-down. Belakangnya juga kemungkinan sama, diubah memakai model sub-tank serta memiliki jarak main panjang. Baca juga: Honda ADV150 Dijual di AS, Harganya 2 Kali Lipat dari Indonesia
Honda Forza

Fitur Forza

Selain soal teknis, fitur-fitur canggih Forza hampir pasti diaplikasikan semua ke ADV300. Seperti adjustable windshield, yang bisa dioperasikan secara elektrik. Fasilitas ini cukup memukau untuk motor di bawah Rp 100 juta. Adapun HSTC (Honda Selectable Torque Control), si pengatur distribusi tenaga ke roda. Mekanisme ini memungkinan Anda memilih sensitivitas torsi dalam beberapa tahap. Bukan tidak mungkin, G-Switch pada X-ADV turut diaplikasikan. Perangkat ini membuat karakter gas lebih tajam, karena melangsungkan putaran crankshaft ke roda belakang. G atau Gravel ini dibutuhkan saat melaju di hamparan tanah dan kerikil. Sementara hal-hal kecil seperti pencahayaan LED, Smart Key System, panel instrumen analog-digital informatif, power outlet, serta ABS dua kanal rasanya mutlak hadir. Mengingat adiknya saja sudah punya itu. Baca juga: KOMPARASI: Honda BeAT VS Genio, Panduan Memilih
Honda X-ADV

Akankah Masuk Indonesia?

Disebutkan jika ADV300 akan diproduksi di Thailand. Berikut proses research and development. Namun, negara yang kemungkinan besar mendapat giliran pertama justru Indonesia. Mungkinkah begitu? Oke ADV150 melakuan debut di Indonesia. Tapi model dengan mesin 300cc rasanya agak jauh. Kalauoun benar, bukanlah ADV versi 300, melainkan 250cc. Kita tahu, PPnBM mengancam motor di atas 250 cc ke atas, sehingga nilai jual bisa-bisa tak memiliki daya saing. Dan pasti menjadi pertimbangan Honda untuk memasarkannya di sini. Probabilitas terbesarnya, ADV Tanah Air memakai rancang bangun Forza 250. Fitur-fitur yang disebutkan tadi tak jauh berbeda. Hanya kubikasi dan output saja lebih kecil. Versi 250 memiliki tenaga 23,5 hp @7.500 rpm dan torsi 24 Nm @6.250 rpm. Bukan sesuatu yang terlalu buruk bukan? Oke, kita tunggu saja. Sumber: Motosaigon Baca juga: Honda ADV300 Diperkirakan Rilis Akhir Tahun Ini, Pakai Teknologi Dari Forza HELMI ALFRIANDI | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Aprilia RSV4 X-GP Ludes Terjual, Jadi Motor Koleksi Bernilai Fantastis
    Aprilia RSV4 X-GP Ludes Terjual, Jadi Motor Koleksi Bernilai Fantastis
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
    Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ducati Multistrada V4 Rally 2026: Petualangan Tanpa Batas dengan Teknologi Paling Canggih
    Ducati Multistrada V4 Rally 2026: Petualangan Tanpa Batas dengan Teknologi Paling Canggih
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • MotoGP Australia 2025: Raul Fernandez Raih Kemenangan Perdana di Phillip Island
    MotoGP Australia 2025: Raul Fernandez Raih Kemenangan Perdana di Phillip Island
    Zenuar Yoga . 20 Okt, 2025
  • Federal Oil Ungkap Peredaran Pelumas Tidak Sesuai Spesifikasi di Jambi, Konsumen Diimbau Lebih Waspada
    Federal Oil Ungkap Peredaran Pelumas Tidak Sesuai Spesifikasi di Jambi, Konsumen Diimbau Lebih Waspada
    Zenuar Yoga . 20 Okt, 2025
  • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
  • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
    Ardiantomi . 15 Okt, 2025
  • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Ducati Panigale V4 R 2026: Teknologi MotoGP dalam Balutan Motor Jalan Raya
    Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
  • Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Yamaha XMax, Sembilan Tahun Menjadi Ikon Skutik Premium di Indonesia
    Zenuar Yoga . 19 Sep, 2025
  • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
    Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
    Ardiantomi . 17 Sep, 2025
  • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025