Honda E-VO, Motor Listrik Bergaya Cafe Racer dengan Teknologi Canggih

Honda E-VO

Honda resmi meluncurkan E-VO, sepeda motor listrik bergaya cafe racer, di Beijing, Tiongkok. Model ini dirancang untuk mobilitas perkotaan dengan tampilan ramping dan futuristik, tanpa knalpot, serta desain yang mencerminkan karakter retro kontemporer.

Rangka dan Dimensi Honda E-VO

Honda E-VO menggunakan rangka aluminium ringan, yang diklaim anti-korosi dan tahan banting. Suspensi depan upside down serta sistem peredam kejut nitrogen FSD di bagian tengah memberikan stabilitas berkendara yang optimal.

Dimensi motor ini cukup kompak dengan panjang 1.996 mm, lebar 755 mm, tinggi 1.057 mm, serta jarak sumbu roda 1.380 mm. Ground clearance 186 mm dan tinggi jok 765 mm membuatnya cukup nyaman untuk pengendara dengan postur tinggi.

Opsi Penggunaan Baterai

Honda menawarkan dua pilihan baterai untuk E-VO:

  • 4,1 kWh dengan jangkauan 120 km (WTMC), pengisian daya 90 menit dengan listrik rumah tangga, atau 60 menit dengan pengisi daya cepat.
  • 6,3 kWh dengan jangkauan 170 km (WTMC), pengisian daya 150 menit dengan listrik rumah tangga, atau 90 menit dengan pengisi daya cepat.

Kedua varian menggunakan motor listrik berdaya 15,53 kW, yang menghasilkan tenaga 21,5 hp. Tenaga ini disalurkan ke roda belakang melalui belt drive, bukan motor hub seperti skuter listrik pada umumnya.

Honda E-VO

Top Speed dan Fitur Teknologi

Kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 110 km/jam untuk varian 4,1 kWh, dan 120 km/jam untuk varian 6,3 kWh. Motor ini juga mampu menanjak di jalan dengan kemiringan 30 derajat.

E-VO dilengkapi dengan meter cluster TFT LCD 7 inci, yang menampilkan berbagai informasi penting seperti navigasi, musik, pemantauan tekanan ban, status baterai, serta konektivitas kamera DJI.

Keamanan dan Kenyamanan Berkendara

Honda E-VO juga menawarkan fitur keamanan canggih, termasuk sistem keyless berbasis NFC, sehingga pengendara dapat menghidupkan kendaraan tanpa anak kunci.

Untuk varian 6,3 kWh, fitur keselamatan semakin lengkap dengan DVR camera, rem cakram di semua roda, serta sistem ABS. Selain itu, terdapat Traction Control System (TCS) yang berfungsi untuk mencegah ban selip di jalanan licin, meningkatkan keamanan berkendara.

Harga dan Potensi di Indonesia

Honda E-VO dijual dengan harga 29.999 yuan (sekitar Rp67,87 juta) untuk varian 4,1 kWh, sementara varian 6,3 kWh dibanderol 36.999 yuan (sekitar Rp83,71 juta).

Apakah motor ini akan sukses jika dijual di Indonesia? Hal ini tentu bergantung pada kesiapan infrastruktur kendaraan listrik serta penerimaan masyarakat terhadap motor listrik bergaya cafe racer. Namun, dengan tren kendaraan listrik yang semakin berkembang, bukan tidak mungkin motor ini bisa menjadi pilihan menarik bagi pengendara yang ingin tampil beda dengan teknologi ramah lingkungan. (Alx)

Baca Juga: Honda CB125F MY 2026 Membawa Teknologi Modern dan Fitur Unggulan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Honda Luncurkan Cafe Racer E-VO Elektrik, Dijual Mulai Rp67 Jutaan
    Honda Luncurkan Cafe Racer E-VO Elektrik, Dijual Mulai Rp67 Jutaan
    Anjar Leksana . 05 Jun, 2025
  • Harga Motor Honda Juni 2025: Naik Tipis, Tapi Masih Kompetitif
    Harga Motor Honda Juni 2025: Naik Tipis, Tapi Masih Kompetitif
    Zenuar Yoga . 02 Jun, 2025
  • Dominasi Astra Honda Racing Team di ARRC Sepang 2025: Amankan Puncak Klasemen!
    Dominasi Astra Honda Racing Team di ARRC Sepang 2025: Amankan Puncak Klasemen!
    Zenuar Yoga . 02 Jun, 2025
  • Wanda AI: Era Baru Layanan Pelanggan Honda
    Wanda AI: Era Baru Layanan Pelanggan Honda
    Zenuar Yoga . 02 Jun, 2025
  • AHM dan WMS Perkuat Pendidikan Vokasi
    AHM dan WMS Perkuat Pendidikan Vokasi
    Zenuar Yoga . 28 Mei, 2025
  • New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    New Yamaha R25 Lawan Honda CBR250RR, Siapa Lebih Unggul?
    Zenuar Yoga . 15 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Honda Vario 160 ABS vs Stylo 160 ABS, Ini Perbedaan Fitur, Desain, dan Kelebihannya!
    Zenuar Yoga . 14 Mei, 2025
  • Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Pilih Skutik 125 cc Ideal: Yamaha Fazzio, Honda Vario 125, atau Suzuki Burgman Street 125EX?
    Zenuar Yoga . 28 Apr, 2025
  • Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Bujet Terbatas? Ini Pilihan Motor Murah yang Tetap Fungsional
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025
  • First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024