Honda E-VO, Motor Listrik Bergaya Cafe Racer dengan Teknologi Canggih

Honda E-VO

Honda resmi meluncurkan E-VO, sepeda motor listrik bergaya cafe racer, di Beijing, Tiongkok. Model ini dirancang untuk mobilitas perkotaan dengan tampilan ramping dan futuristik, tanpa knalpot, serta desain yang mencerminkan karakter retro kontemporer.

Rangka dan Dimensi Honda E-VO

Honda E-VO menggunakan rangka aluminium ringan, yang diklaim anti-korosi dan tahan banting. Suspensi depan upside down serta sistem peredam kejut nitrogen FSD di bagian tengah memberikan stabilitas berkendara yang optimal.

Dimensi motor ini cukup kompak dengan panjang 1.996 mm, lebar 755 mm, tinggi 1.057 mm, serta jarak sumbu roda 1.380 mm. Ground clearance 186 mm dan tinggi jok 765 mm membuatnya cukup nyaman untuk pengendara dengan postur tinggi.

Opsi Penggunaan Baterai

Honda menawarkan dua pilihan baterai untuk E-VO:

  • 4,1 kWh dengan jangkauan 120 km (WTMC), pengisian daya 90 menit dengan listrik rumah tangga, atau 60 menit dengan pengisi daya cepat.
  • 6,3 kWh dengan jangkauan 170 km (WTMC), pengisian daya 150 menit dengan listrik rumah tangga, atau 90 menit dengan pengisi daya cepat.

Kedua varian menggunakan motor listrik berdaya 15,53 kW, yang menghasilkan tenaga 21,5 hp. Tenaga ini disalurkan ke roda belakang melalui belt drive, bukan motor hub seperti skuter listrik pada umumnya.

Honda E-VO

Top Speed dan Fitur Teknologi

Kecepatan maksimum yang bisa dicapai adalah 110 km/jam untuk varian 4,1 kWh, dan 120 km/jam untuk varian 6,3 kWh. Motor ini juga mampu menanjak di jalan dengan kemiringan 30 derajat.

E-VO dilengkapi dengan meter cluster TFT LCD 7 inci, yang menampilkan berbagai informasi penting seperti navigasi, musik, pemantauan tekanan ban, status baterai, serta konektivitas kamera DJI.

Keamanan dan Kenyamanan Berkendara

Honda E-VO juga menawarkan fitur keamanan canggih, termasuk sistem keyless berbasis NFC, sehingga pengendara dapat menghidupkan kendaraan tanpa anak kunci.

Untuk varian 6,3 kWh, fitur keselamatan semakin lengkap dengan DVR camera, rem cakram di semua roda, serta sistem ABS. Selain itu, terdapat Traction Control System (TCS) yang berfungsi untuk mencegah ban selip di jalanan licin, meningkatkan keamanan berkendara.

Harga dan Potensi di Indonesia

Honda E-VO dijual dengan harga 29.999 yuan (sekitar Rp67,87 juta) untuk varian 4,1 kWh, sementara varian 6,3 kWh dibanderol 36.999 yuan (sekitar Rp83,71 juta).

Apakah motor ini akan sukses jika dijual di Indonesia? Hal ini tentu bergantung pada kesiapan infrastruktur kendaraan listrik serta penerimaan masyarakat terhadap motor listrik bergaya cafe racer. Namun, dengan tren kendaraan listrik yang semakin berkembang, bukan tidak mungkin motor ini bisa menjadi pilihan menarik bagi pengendara yang ingin tampil beda dengan teknologi ramah lingkungan. (Alx)

Baca Juga: Honda CB125F MY 2026 Membawa Teknologi Modern dan Fitur Unggulan

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Simulasi Cicilan Kredit Tipe Tertinggi New Honda ADV160 RoadSync DP 10 Persen
    Simulasi Cicilan Kredit Tipe Tertinggi New Honda ADV160 RoadSync DP 10 Persen
    Anjar Leksana . 12 Sep, 2025
  • Honda CG150, Motor Komuter Tangguh Bergaya Klasik yang Digemari di Pakistan
    Honda CG150, Motor Komuter Tangguh Bergaya Klasik yang Digemari di Pakistan
    Anjar Leksana . 10 Sep, 2025
  • Makin Terlihat Klasik dan Dapat Warna Baru, Honda GB350 C 2025 Dilego Rp79 Jutaan
    Makin Terlihat Klasik dan Dapat Warna Baru, Honda GB350 C 2025 Dilego Rp79 Jutaan
    Anjar Leksana . 09 Sep, 2025
  • New Honda ADV160 Resmi Meluncur, Kini Dilengkapi Teknologi Honda RoadSync
    New Honda ADV160 Resmi Meluncur, Kini Dilengkapi Teknologi Honda RoadSync
    Zenuar Yoga . 08 Sep, 2025
  • Bakal Debut di EICMA 2025, Motor Listrik Honda EV Fun Siap Diproduksi
    Bakal Debut di EICMA 2025, Motor Listrik Honda EV Fun Siap Diproduksi
    Zenuar Yoga . 08 Sep, 2025
  • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
    Zenuar Yoga . 10 Sep, 2025
  • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
    Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
    Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025
  • First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
    Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
  • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
    Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
  • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
    Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024