Honda GB350 C Suguhkan Gaya Retro dengan Warna Anyar

Honda GB350 C dijual Rp70 jutaan di Jepang

Eksistensi motor cruiser klasik masih dijaga serius oleh Honda Motor Co., Ltd. Terbaru, mereka menghadirkan pilihan warna segar bagi GB350 C di Jepang. Ada dua opsi kelir anyar, yakni matte sand storm beige serta matte buret silver. Banderolnya kini 715 ribu yen atau sekitar Rp79 jutaan. Target penjualan dipatok 2.000 unit per tahun. Karakternya tetap antik, jelas diarahkan jadi rival Royal Enfield Bullet maupun Meteor 350.

KEY TAKEAWAYS

  • Honda GB350 C punya kelir anyar yakni matte sand storm beige serta matte buret silver

    Banderolnya kini 715 ribu yen atau sekitar Rp79 jutaan. Target penjualan dipatok 2.000 unit per tahun. Honda GB350 C sejatinya lebih pas dijadikan motor hobi ketimbang tunggangan harian.
  • Mesin dan Karakter Tenaga

    GB350 C membawa paket enjin sederhana namun penuh jiwa. Jantung pacu berkode NC59E mengusung konfigurasi silinder tunggal OHC, 4-tak berpendingin udara. Kubikasi enjin sebesar 348 cc kemudian ukuran bore kali stroke 70 x 90,5 mm. Kompresi 9,5:1 membuat motor ini aman menenggak bensin beroktan rendah, jadi kelebihan tersendiri di Asia.

    Sistem injeksi PGM-FI bertugas mengatur suplai bahan bakar. Outputnya mencapai 20 PS di 5.500 rpm serta torsi 29 Nm di 3.000 rpm. Karakter jelas bukan pemburu kecepatan. Justru menekankan tenaga halus, linear, nyaman dibawa touring santai. Momen puntir bawah padat jadi nilai utama yang sulit ditolak pecinta retro-cruiser.

    Transmisi dan Efisiensi

    Lanjut sektor penyaluran tenaga mengandalkan girboks manual lima percepatan dipadukan kopling multiplat basah. Perpindahan gigi disebut halus, cocok dengan DNA motor cruiser. Tangki berisi 15 liter juga cukup membantu menekan frekuensi isi ulang.

    Terkait konsumsi bensin, uji internal Honda Jepang mencatat efisiensi 47 km/liter pada kecepatan konstan 60 km/jam. Angka itu memang kondisi ideal. Saat dipakai boncengan, menembus lalu lintas padat, atau membawa barang, hasilnya bisa turun. Namun untuk motor 350 cc, efisiensi ini tergolong impresif.

    Honda GB350 C dijual Rp70 jutaan di Jepang

    Roda, Dimensi dan Suspensi

    Di sektor kaki-kaki, Honda menyematkan pelek cast wheel. Ban depan 100/90, 19 inci, dan ukuran belakang 130/70, 18 inci. Sistem pengereman sudah pakai cakram hidrolik di kedua roda, memberi kontrol mumpuni. Tampilan ban besar menyatu apik dengan bahasa desain retro.

    Untuk dimensi tubuh cukup ramah bagi postur rata-rata Asia. Panjang 2.205 mm, lebar 790 mm, tinggi 1.105 mm, wheelbase 1.440 mm. Ground clearance 165 mm cukup membantu kala melibas jalan berbatu. Jok setinggi 800 mm memudahkan banyak pengendara menapakkan kaki. Bobot total 186 kg tergolong moderat, jadi tidak terlalu mengintimidasi pemula di ranah big bike.

    Rancangan Bodi dan Detail Retro

    Nuansa klasik benar-benar dijaga. Lampu depan bulat berbingkai logam, dipadu sentuhan kromium di area spion, cover mesin, knalpot hingga sokbreker belakang. Jok coklat berlapis kulit menambah karakter retro ikonik. Suspensi depan teleskopik dengan pelindung karet, sedangkan belakang memakai dual shockbreaker untuk stabilitas lebih baik.

    Honda GB350 C sejatinya lebih pas dijadikan motor hobi ketimbang tunggangan harian. Kombinasi mesin sederhana, tampilan klasik, serta ergonomi ramah terasa seimbang. Bagi pasar Jepang, paket ini logis. Ia melengkapi jajaran GB350 dan GB350 S yang lebih dulu hadir sejak Maret 2021.

    Bagaimana kansnya masuk Tanah Air? Sejauh ini agak susah untuk dijual di sini. Skema pajak motor besar berpotensi membuat harganya melambung. Sebagai pembanding, Honda Rebel 500 resmi dijual sekitar Rp200 jutaan. Bila GB350 C masuk lewat jalur impor, harganya bisa mendekati angka itu, bahkan mungkin bisa lebih tinggi. Pertanyaan tersisa: beranikah AHM menghadirkan motor retro ini untuk mengisi celah di bawah Rebel 500? (Alx)

    Baca Juga: 

    Yamaha XSR700 2025 Resmi Dirilis, Retro-Modern yang Ringan, Bertenaga, dan Efisien

    Kans Besar Suzuki Access 125 Meluncur di Indonesia

    Polytron Fox 200: Skuter Listrik Stylish untuk Perempuan, Harga Mulai Rp11,5 Juta

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Honda CG150, Motor Komuter Tangguh Bergaya Klasik yang Digemari di Pakistan
      Honda CG150, Motor Komuter Tangguh Bergaya Klasik yang Digemari di Pakistan
      Anjar Leksana . Hari ini
    • Makin Terlihat Klasik dan Dapat Warna Baru, Honda GB350 C 2025 Dilego Rp79 Jutaan
      Makin Terlihat Klasik dan Dapat Warna Baru, Honda GB350 C 2025 Dilego Rp79 Jutaan
      Anjar Leksana . 09 Sep, 2025
    • New Honda ADV160 Resmi Meluncur, Kini Dilengkapi Teknologi Honda RoadSync
      New Honda ADV160 Resmi Meluncur, Kini Dilengkapi Teknologi Honda RoadSync
      Zenuar Yoga . 08 Sep, 2025
    • Bakal Debut di EICMA 2025, Motor Listrik Honda EV Fun Siap Diproduksi
      Bakal Debut di EICMA 2025, Motor Listrik Honda EV Fun Siap Diproduksi
      Zenuar Yoga . 08 Sep, 2025
    • Update Harga Motor Honda September 2025, Naik Sampai Jutaan Rupiah
      Update Harga Motor Honda September 2025, Naik Sampai Jutaan Rupiah
      Zenuar Yoga . 03 Sep, 2025
    • Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
      Komparasi Skutik Harian: New Honda Scoopy vs Yamaha Gear Ultima Hybrid S, Mana Lebih Baik?
      Zenuar Yoga . Hari ini
    • Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
      Duel Cruiser Modern dengan Cita Rasa Klasik: Honda Rebel 500 vs Royal Enfield Super Meteor 650, Pilih Mana?
      Zenuar Yoga . 11 Agu, 2025
    • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
      Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
      Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
    • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
      Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
      Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
    • Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
      Cari Skutik Nyaman Buat Perjalanan Jauh? Ini Rekomendasinya
      Zenuar Yoga . 09 Jun, 2025
    • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
      Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
    • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
      First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
      Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025
    • First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
      First Dijual Nyaris Rp200 Juta, Begini Rasa Berkendara Vespa Listrik ElettricaRide Honda CUV e:, Cocok Buat Mobilitas Harian
      Zenuar Yoga . 23 Des, 2024
    • First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
      First Ride New Honda PCX160: Penyempurnaan Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 09 Des, 2024
    • Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
      Test Ride New Honda Scoopy: Gesit dan Irit Buat Belah Kemacetan Bali
      Bangkit Jaya Putra . 26 Nov, 2024