Indikasi Motor Listrik Kawasaki Ninja e-1 akan Masuk Indonesia

Kawasaki Ninja e-1 Indonesia

Awal Agustus 2023, Kawasaki mengajukan dokumen persetujuan untuk masuk ke market Australia. Yakni buat motor listrik Ninja e-1 dengan kode NX011A. Nomor itu rupanya sudah tercantum di laman resmi Samsat PKB Jakarta. Bahkan unit tertera memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp66,4 juta. Semoga saja bila kelak dijual di sini, harga on the road bisa lebih kompetitif.  

KEY TAKEAWAYS

  • Kawasaki Ninja e-1 tercantum di laman Samsat PKB Jakarta

    NJKB Kawasaki Ninja e-1 mencapai Rp66,4 juta
  • Mungkin Kawasaki Indonesia ingin menyasar fleet market dulu. Soalnya pemerintah pusat maupun daerah sedang gencar berbelanja kebutuhan operasional menggunakan kendaraan elektrik murni. Lantas kapan masuk? Barangkali pameran roda dua IMOS 2023 jadi tempat pengenalan. Nah, untuk tahu lebih detail, simak spesifikasi maupun kelengkapan unit.

    Baca Juga: Kawasaki Indonesia Siap Luncurkan Eliminator 450 demi Lawan Honda Rebel 500

    Jantung elektrik Kawasaki e-1 pakai permanent magnet synchronous motor dan disokong lithium-ion battery pack.Nominal voltage mencapai 50,4 V dan berat baterai 11,5 kg per pack. Untuk mengisi dari nol hingga penuh butuh tempo 3,7 jam. Kalau Anda menggunakan double pack, artinya waktu pengecasan dikalikan dua. 

    Walau masuk dalam keluarga Ninja. Namun kekuatannya setara motor bensin 125 cc. Lihatlah tenaga maksimal e-1 cuma 9.0 kW (12 PS) dari 2.600-4.000 rpm. Kemudian torsi puncak 40,5 Nm (4,1 kgf•m) sejak 0-1.600 rpm. Kecepatan bervariasi tergantung mode dijalankan. Contoh Eco speed 64 km/h (75 km/h with e-Boost). Lalu gaya berkendara Road bisa capai 88 km/h (99 km/h with e-Boost). Konsumsi listrik diklaim hanya 49 Wh/km. Kemudian daya jelajah sampai 72 km berdasar metode WMTC Class 1. 

    Kawasaki Ninja e-1 Indonesia

    Perlu dicatat, ia mengambil sasis dari Z400. Jadi tipe frame sama, trellis berbahan high-tensile steel. Untuk dimensi, panjang Kawasaki e-1 mencapai 1.980 mm, lebar 865 mm, tinggi 1.105 mm. Jarak sumbu roda 1.370 mm. Ban depan 100/80-17M/C 52S, sedangkan belakang 130/70-17M/C 62S. Lanjut steering angle kanan maupun kiri bisa direbahkan sampai 35°. Ground clearance 160 mm, tinggi jok 785 mm, bobot motor 140 kg. 

    Ia juga memiliki fitur e-boost. Namun untuk mencegah panas berlebih, pengoperasian dibatasi hingga 15 detik. Saat diaktifkan, akselerasi menjadi lebih kuat ketika throttle diputar, seketika kecepatan meningkat. Ketika semua kondisi telah terpenuhi, indikator e-boost di tampilan instrumen akan berwarna abu-abu agar menunjukkan kesiapan tancap gas.

    Lalu terpasang smartphone connectivity, menggunakan aplikasi Ridelogy. Sejumlah fungsi instrumen dapat diakses. Informasi kendaraan seperti odometer, pengukur bahan bakar, jadwal perawatan, dapat dilihat di ponsel. Saat Anda terhubung, pemberitahuan telepon (panggilan & pesan) ditampilkan di panel instrumen. (Alx)

    Baca Juga: Kawasaki W175 SE dan Cafe Mendapat Warna Baru

    Jelajahi Kawasaki Ninja ZX-25RR

    Model Motor Kawasaki

    Motor Kawasaki
    • Kawasaki Ninja ZX-25R
      Kawasaki Ninja ZX-25R
    • Kawasaki D-Tracker
      Kawasaki D-Tracker
    • Kawasaki Ninja 250
      Kawasaki Ninja 250
    • Kawasaki Ninja H2
      Kawasaki Ninja H2
    • Kawasaki W175
      Kawasaki W175
    • Kawasaki Ninja ZX10-R
      Kawasaki Ninja ZX10-R
    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Kawasaki Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren Sport

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Kawasaki Ninja ZX-25RR dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test
    • Vespa LX150, Pilihan 150 cc Termurah Dibanding Primavera, Sprint, dan GTS
      Vespa LX150, Pilihan 150 cc Termurah Dibanding Primavera, Sprint, dan GTS
      Ardiantomi . Hari ini
    • Aprilia RSV4 X-GP Ludes Terjual, Jadi Motor Koleksi Bernilai Fantastis
      Aprilia RSV4 X-GP Ludes Terjual, Jadi Motor Koleksi Bernilai Fantastis
      Zenuar Yoga . 21 Okt, 2025
    • Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
      Suzuki Pamerkan Konsep e-VanVan Listrik di Japan Mobility Show 2026
      Zenuar Yoga . 21 Okt, 2025
    • Ducati Multistrada V4 Rally 2026: Petualangan Tanpa Batas dengan Teknologi Paling Canggih
      Ducati Multistrada V4 Rally 2026: Petualangan Tanpa Batas dengan Teknologi Paling Canggih
      Zenuar Yoga . 21 Okt, 2025
    • MotoGP Australia 2025: Raul Fernandez Raih Kemenangan Perdana di Phillip Island
      MotoGP Australia 2025: Raul Fernandez Raih Kemenangan Perdana di Phillip Island
      Zenuar Yoga . 20 Okt, 2025
    • Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
      Spesifikasi Lengkap Indomobil eMotor Tyranno: Motor Listrik Rp25 Jutaan, Fiturnya Banyak!
      Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
    • Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
      Intip Spesifikasi Harley Davidson Pan America 1250 ST 2026: Lebih Lincah, Cerdas dan Dominan di Jalan Raya
      Zenuar Yoga . 22 Okt, 2025
    • Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Head to Head Skutik 125 cc Retro Modern: Yamaha Grand Filano vs Suzuki Access 125, Pilih Mana?
      Zenuar Yoga . 16 Okt, 2025
    • 5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
      5 Alasan Memilih GTS 150 Dibanding Model Vespa Lainnya
      Ardiantomi . 15 Okt, 2025
    • Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
      Adu Skutik Bergaya Klasik: Pilih Yamaha Fazzio atau Suzuki Access 125?
      Zenuar Yoga . 01 Okt, 2025
    • Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
      Jangan Sembarangan! Ini Tips Merawat Helm Premium Agar Awet
      Zenuar Yoga . 20 Agu, 2025
    • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
      Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
      Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
    • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
      Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
      Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
    • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
      Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
      Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
    • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
      Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
      Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
    • Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
      Test Ride Piaggio Medley S: Skutik Alternatif Buat yang Bosan Merek Jepang
      Ardiantomi . 17 Sep, 2025
    • First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
      First Ride Honda ADV160 RoadSync 2025: Tambahan Fitur yang Lebih Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 16 Sep, 2025
    • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
      Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
      Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
    • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
      First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
      Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
    • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
      Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
      Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025