Ini Beda Mesin Ducati Scrambler 800 dan Scrambler Sixty2
JAKARTA, 19 Mei 2016 - Sejak pertama kalinya di perkenalkan oleh PT Garansindo Euro Sport, distributor resmi Ducati di Indonesia pada Indonesia Motor Show 2016 beberapa waktu lalu, Ducati Scrambler 800 dan Scrambler Sixty2 mendapat sambutan luar biasa. Tampilannya yang khas serta pilihan kapasitas mesin menjadi alternatif pecinta motor asal Italia tersebut.
Sebelumnya, Motovaganza pernah membahas mengenai perbedaan fisik dua varian Scrambler ini. (Baca: Ini Perbedaan Ducati Scrambler Sixty2 dan Scrambler 800).
Kali ini Motovaganza akan sedikit memberikan informasi mengenai basic mesin yang digunakan. Model Scrambler 400 atau lebih akrab dipanggil Sixty2 merupakan varian Scrambler terkecil dengan mesin berkubikasi 399cc berpendingin udara dengan mesin bertipe L-Twin. Dimana Bore x Stroke: 72 x 49mm dengan rasio kompresi: 10.7: 1. Mesin ini diklaim akan mampu menghasilkan power: 41 hp @ 8750 rpm / 25,3 lb-ft @ 7750 rpm dengan 6 percepatannya.
Berbeda dengan sang adik, Scrambler 800 tampak lebih gagah dengan mesin berkubikasi 2 kali lebih besar yaitu, 800 cc dengan mesin bertipe L-Twin serta dilengkapi Air-cooled. Mesin ini memiliki 2 katup per silinder dengan ukuran Bore x Stroke: 88,0 x 66,0 mm dengan rasio kompresi 11: 1. Mesin ini mempu memproduksi tenaga sebesar 75 hp pada 8.250 rpm dan torsi maksimal 50 lb.-ft. di 5750 rpm pada 6 percepatannya.
Sebenarnya Scrambler 800 mengadopsi mesin milik Ducati Monster 795 yang memiliki kubikasi sebesar 795 cc dengan ukuran Bore x Stroke yang sedikit diperbesar. Selain itu, pengembangan di sektor mesin lainnya terlihat pada penggunaan kopling basah di Scrambler 800. Langkah ini menjadikan suara mesin Scrambler 800 terdengar lebih halus serta lebih bertenaga.
Walau keduanya memiliki latar belakang yang berbeda namun, untuk kedua motor dual sport ini dijadikan backbone dalam penjualannya di Indonesia. Sixty2 dan Scrambler 800 hadir melalui PT Garansindo Euro Sport dimana harga untuk Sixty2 di banderol dengan harga Rp 219 juta (Off the road).
Sementara untuk Scrambler 800 Icon red dibanderol Rp 329 juta, Icon Yellow Rp 339 juta, tipe Classic dan Urban endure di banderol Rp 379 juta. Sedangkan varian tertinggi tipe full throttle dibanderol Rp 399 juta.
Anda tertarik memilikinya? Sambangi saja dealer resmi Ducati Indonesia di Jl. Kemang Utara No 28, Jakarta Selatan, Indonesia 12730.
ANDHIKA KRESNA
Artikel Unggulan
- Terbaru
- Populer
Artikel yang direkomendasikan untuk anda
Motor Unggulan
- Terbaru
- Yang Akan Datang
- Populer
Artikel Motor dari Oto
- Berita
- Artikel Feature
- Advisory Stories
- Road Test