Ini Perbedaan KLX 150L, KLX 150 BF dan KLX Off-Road

JAKARTA, 6 Juni 2016 - Kawasaki melansir keluarga terbaru KLX yaitu KLX 150 off-road. Model ini melengkapi line-up sebelumnya yaitu KLX 150L dan KLX 150 BF. Lalu apa beda ketiganya? Sekilas ketiganya memiliki tampilan yang hampir sama satu dengan yang lainnya. Padahal ketiga saudara ini memiliki beberapa perbedaan baik secara penampilan fisik maupun performa mesin. Ini di perbedaannya: KLX 150L Kawasaki dengan “tongkrongan” trail ini memang terlihat keren jika dibandingkan dengan varian on-road (Kawasaki Dtracker). Kawasaki KLX 150L terlihat lebih gagah dengan kaki-kaki besar seperti, telescopic fork berdiameter 33 mm pada bagian depan dan Uni-Trak, with 5-way adjustable preload di bagian belakangnya. Velg tipe spoke pada bagian depan berukuran 70/100-19M/C 42P dan 90/100-16M/C 51P pada bagian belakangnya. Ban “kembang  tahu” semakin membuat motor ini asik di ajak adventure. Secara data teknis, Kawasaki KLX 150L ini memiliki dimensi Panjang x Lebar x Tinggi 2,050 x 830 x 1,115 mm dengan jarak ke tanah 255 mm. KLX150L memiliki berat kosong sekitar 116 kg. Kawasaki-KLX150L BACA JUGA: 5 Motor Terbaru yang Akan Diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2019 Dari sektor mesin, KLX 150L “pede” dengan menggendong mesin berkapasitas 150 cc SOHC dengan 2 valves dan Air-cooled, 4-stroke Single. Tenaga maksimal 8.6 kW (12 PS) / 8,000 rpm dengan torsi maksimum di angka 11.3 N.m (1.2 kgf.m) / 6,500 rpm. Untuk suplai bahan bakarnya KLX 150L menggunakan karburator NCV24. KLX150BF Perbedaan Kawasaki KLX 150BF terletak pada penggunaan suspensi depan yang sudah menggunakan suspensi tipe inverted fork alias USD (upsidedown) berukuran 35 mm dan Uni-Trak, with 5-way adjustable preload pada bagian belakang. Akibatnya bobot motor bertambah sedikit lebih berat 118 kg. Dengan embel-embel BF karena penggunaan ban depan 2.75/100-21 45P dan 4.10/100-18 59P untuk belakangnya. Sementara untuk sektor mesin kedua varian ini memiliki basic mesin yang sama. KLX150BFKLX 150 Off-Road Sementara untuk Kawasaki KLX 150 Off-Road yang diperkenalkan di BSD Track kemarin terlihat sangat berbeda dari kedua varian KLX 150. Walau tidak menggunakan suspensi Upsidedown dan lampu penerangan di depan dan lampu belakang serta lampu sein kanan-kiri. Hal ini dikarenakan motor yang diproduksi di Thailand ini hanya diperuntukan di medan grastrack alias sirkuit saja. Untuk dimensinya, KLX150 Off-Road memiliki panjang “sedikit melar” menjadi panjang x lebar x tinggi 2.005 mm x 790 mm x 1.135 mm. Hal ini dikarenakan penggunaan arm baru berbahan allumunium billet layaknya trail kompetisi. Perbedaan lainnya ada pada sisi penggunaan disc brake depan yang sedikit lebih kecil dengan ukuran 220 mm petal disc dual piston. IMG_3244 BACA JUGA: Test Ride Lengkap KLX230: Lincah di Trek Off-road Karena diperuntukkan di medan tanah, maka jarak tanah (ground clearance) pun juga sedikit lebih tinggi dengan penggunaan velg tipe spoke berukuran 80/100-21 M/C 51M dibagian depan dan 100/100-18 M/C 59M pada bagian belakangnya. Motor yang diperkenalkan dengan tagline “Easy, Lightweight and Reliable” ini juga memiliki berat yang tidak sampai 100 Kg yaitu, 99 Kg dengan tangki bahan bakar yang hanya mampu menampung bensin 5,8 Liter. Untuk sektor mesin, Kawasaki KLX150 Off-Road ini tidak memiliki spesifikasi yang berbeda dengan kedua varian lainnya. Hanya saja, diameter gear belakang mengalami “pembengkakan” menjadi 57 mm. Torsi pun naik sekitar 0,7 N.m pada 6500 RPM. Tidak hanya itu KLX 150 Off-Road juga memiliki final reduction ratio (fdr) yang lebih besar dibanding KLX 150L yang hanya memiliki besaran 3.286 (46/14) sementara, KLX 150 Off-Road memiliki fdr sebesar 4.385 (57/13). ANDHIKA KRESNA

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Honda Modif Contest 2025: Ribuan Modifikator dari 10 Kota Besar Siap Beraksi dengan Karya Terbaik
    Honda Modif Contest 2025: Ribuan Modifikator dari 10 Kota Besar Siap Beraksi dengan Karya Terbaik
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Pembalap Astra Honda Naik Podium di ARRC dan Red Bull MotoGP Rookies Cup
    Anjar Leksana . 14 Jul, 2025
  • Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Yayasan AHM Gelar Safety Riding Camp 2025, Bangun Generasi Peduli Keselamatan Berkendara
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Motor Listrik Serbaguna Indomobil eMotor Tyranno Hadir di Bandung
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Performance Damper Untuk Nmax Turbo dan Neo Mulai Dijual Terpisah, Harganya?
    Zenuar Yoga . 14 Jul, 2025
  • Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Kenali Seluruh Varian Oli Yamalube, Mana yang Cocok Buat Motor Anda?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Ini Kelengkapan Gear Ultima yang Bikin Perjalanan Touring Jakarta-Yogyakarta Jadi Menyenangkan
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Yamaha Mio: Sang Legenda yang Tak Pernah Padam dan Kembali Berjaya di Tengah Gempuran Skutik modern
    Zenuar Yoga . 02 Jul, 2025
  • 6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    6 Kelebihan Maka Cavalry: Motor Listrik Enak Buat Harian dan Touring Tipis
    Ardiantomi . 01 Jul, 2025
  • Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Adu Gengsi Skutik Canggih! Yamaha Nmax Turbo vs Honda PCX160 Roadsync, Mana Layak Dipilih?
    Zenuar Yoga . 10 Jun, 2025
  • Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Yamaha Mio M3 125: Skutik Lincah yang Mudah Dimodifikasi
    Zenuar Yoga . 03 Jul, 2025
  • Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Tips Rawat Baterai Motor Listrik Agar Awet ala United E-Motor
    Bangkit Jaya Putra . 21 Apr, 2025
  • Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Wajib Lakukan Ini Bila Motor Ditinggal Mudik Lebaran
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Biar Aman, 7 Komponen Ini Wajib Diperiksa Sebelum Mudik Menggunakan Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2025
  • Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Terpaksa Mudik Pakai Motor, Perhatikan Hal Ini Sebelum Berangkat
    Zenuar Yoga . 18 Mar, 2025
  • Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Test Ride Maka Cavalry: Jadi Standar Skutik Listrik Lokal yang Ideal
    Bangkit Jaya Putra . 04 Mar, 2025
  • First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    First Ride 4 Model QJMotor: Mana yang Cocok untuk Anda?
    Zenuar Yoga . 03 Mar, 2025
  • Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Test Ride New Honda PCX 160 Roadsync: Teknologi Tepat Guna untuk Berkendara Nyaman
    Setyo Adi Nugroho . 27 Feb, 2025
  • First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    First Ride Yamaha Aerox Alpha: Pembuktian Matic Sport Bukan Cuma Gimik
    Bangkit Jaya Putra . 16 Jan, 2025
  • First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    First Ride Honda CUV e: Senyap dan Bertenaga
    Zenuar Yoga . 02 Jan, 2025