Kawasaki KLX140R F Datang Memenuhi Hasrat Pehobi Jalur Ekstrem

Kawasaki KLX140R F

Tanpa seremoni, KLX140R F MY2022 dijual untuk pasar Indonesia. Sebagai produk global, spesifikasinya sama seperti di Amerika Serikat. Tapi bukan didatangkan utuh dari sana, melain dirakit di Thailand. Tentu bakal disambut hangat oleh penggemar jalur ekstrem. Dilabeli harga Rp38,3 juta dan tanpa STNK, benar-benar sebuah motocross tulen.

Tampilannya pun begitu. Tanpa dilengkapi alat kelengkapan lalu lintas, tidak ada lampu sein, kaca spion maupun dudukan pelat nomor. Depan kemudi tidak ada headlamp, cuma ditutup cover tipis layaknya Kawasaki KX series. Bagian dashboard atau setang bisa dibilang trondol bahkan tanpa disediakan speedometer.

Motor penggaruk tanah ini pakai warna khas hijau, strip hitam, dan jok dual-tone hitam-hijau serta dilengkapi tulisan 'Kawasaki'. Didesain untuk medan off-road, tak salah bila penampilannya cukup sangar. Cocok digunakan untuk para penghobi jalur ekstrem, dan bisa juga dipakai anak-anak yang ingin belajar motor trail. Tanpa kunci kontak dan sudah pakai elektrik starter sehingga mudah untuk dinyalakan. Selain itu, motor ini juga dirancang dengan rangka yang kuat.

Kawasaki KLX140R F

Dimensi panjang tercatat 2.005 mm, lebar 790 mm dan tinggi 1.135 mm. Ia punya bobot lebih ringan 20 kg dari KLX150, cuma 99 kg. Faktor itu didukung pelek dan swing arm yang dibuat dari bahan alumunium. Menariknya, komponen bisa digunakan ke KLX series lain. Disokong pula tangki bahan bakar berkapasitas 5,8 liter.

Karakter motor off-road makin kuat lewat road clearance 315 mm, memudahkan pengendara ketika menghadapi medan berat. Ia juga telah dilengkapi back step dan juga didukung rem petal disc berdiameter 220 mm di bagian depan dan 190 mm di belakang. Peranti itu disediakan demi menunjang keamanan pengendara kala melakukan off road.

Baca Juga: Daftar Harga Motor Trail 150 cc Terbaru per Mei 2021

Kawasaki KLX140R F

Basis mesinnya mirip KLX150. Berupa mesin 144 cc, SOHC, 2-valve, berpendingin udara dengan sistem pengapian DC-CDI. Ukuran diameter x langkahnya 58 mm x 54,4 mm dengan perbandingan kompresi 9.5:1. Ia bisa menghasilkan power maksimum 8,3 kW (11 Hp) pada 8.000 rpm dan torsi 12 Nm di putaran 6.000 rpm. Untuk tipe ini tidak lagi menggunakan karburator Mikuni melainkan Keihin PB20. Tenaga disalurkan ke roda belakang via transmisi manual 5 percepatan.

Untuk suspensi masih seperti pendahulunya, menggunakan teleskopik berdiameter 33 mm di depan dengan rubber boot cover. Belakang disematkan Uni Trak, single shock with piggyback reservoir, bisa disetel preload, compression dan reboundnya. Sedang rodanya lebih dewasa dari KLX150, yakni pakai 21 inci dengan ban 80/100 di depan dan 18 inci gunakan kulit bundar 100/100 di belakang. (Bgx/Odi)

Baca Juga: Antara Varian Kawasaki KLX 230, Mana Paling Menarik?

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Kawasaki Unggulan

  • Yang Akan Datang