Kawasaki Ninja ZX-4RR Resmi Mengaspal di Indonesia, Dikasih Spek Tertinggi

Kawasaki ZX-4RR

 

KEY TAKEAWAYS

  • KMI langsung tawarkan varian dan spek tertinggi

    Karena diimpor utuh, ada batasa unit. Untuk kloter pertama ada 40 unit dan pakai sistem undi
  • Ninja ZX-4RR resmi meluncur secara virtual, Senin (27/3). Unit yang dijual PT Kawasaki Motor Indonesia adalah hasil impor utuh atau CBU (Completely Built Up) dari Thailand. Harganya Rp239,9 juta on the road (OTR). Quota pun terbatas hanya 40 unit untuk kloter pertama.

    Sistem pembelian menggunakan metode undi. Jadi, calon pembeli harus lebih dulu melakukan pendaftaran secara daring lewat QR code yang sudah disediakan. Khusus wilayah Jabodetabekser (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Serang) hanya kebagian jatah 15 unit. Karena berstatus impor utuh, KMI akan mengikuti regulasi kuota impor dari pemerintah. 

    Head Sales & Promotion PT KMI, Michael C. Tanadhi mengatakan, khusus pasar Indonesia perusahaan hanya menjual 1 varian saja yakni Ninja ZX-4RR varian tertinggi. Tipe yang masuk diklaim sebagai unit dengan spesifikasi paling gahar dan fitur terlengkap. "Akan ada perbedaan mengikuti regulasi masing-masing negara. Kebetulan yang di Indonesia kita meluncurkan Ninja ZX-4RR dengan tenaga maksimal 77 PS," kata Michael.

    Spesifikasi Khusus Indonesia

    Kawasaki ZX-4RR

    Secara detail spesifikasi, unit yang dibawa ke Indonesia hampir serupa dengan unit yang lebih dulu meluncur di pasar Amerika Serikat (AS). Namun besaran output yang dihasilkan ada perbedaan sedikit, yakni besaran tenaga dan torsi.

    Kawasaki Ninja ZX-4RR versi Indonesia menggunakan mesin berkubikasi 399 cc, DOHC, 16-katup, pendingin cairan, dan berpengabut injeksi. Rancang ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 77 PS atau 75,9 Hp pada 14.500 rpm saat ram air aktif dan torsi puncak 37,6 Nm pada 12.500 rpm.

    Adapun unit yang diniagakan di AS memiliki tenaga maksimal tertinggi 80 PS atau 78,9 Hp saat raim air bekerja. Ketika ram air tidak aktif, tenaga maksimalnya adalah 77 PS atau setara dengan tenaga tertinggi versi unit Indonesia.

    Sebelumnya KMI menampilkan video teaser top speed dari Ninja ZX-4RR di atas mesin dyno (gigi 6) yang sanggup digeber sampai 253 km/jam. Mereka juga melakukan uji kecepatan di Sirkuit Sentul dengan kecepatan 207 km/jam saat posisi gigi 5.

    Sementara untuk fiturnya, membandingkan dengan laman resmi Kawasaki Indonesia dan AS tak ada perbedaan. Ninja ZX-4RR sudah dilengkapi dengan panel meter TFT seluas 4,3 inci, penerangan full LED, Assist & Slipper Clutch, Kawasaki Traction Control, Kawasaki Quick Shifter (up&down), Smartphone Connectivity Rideology, Power Modes 4 (Sport, Road, Rain, Rider), hingga pengereman ABS 2 sensor.

    Baca Juga: Pengganti D-Tracker, Kawasaki Indonesia Meluncurkan KLX150SM

    Suspensi dan Pengereman

    Kawasaki ZX-4RR

    Nah untuk memberikan sensasi berkendara yang andal di perkotaan maupun sirkuit, Ninja ZX-4RR sudah menggunakan suspensi depan berjenis up-side down SFF-BP 37 mm dengan opsi pengaturan pre-load. Sementara di belakang pakai peredam model Horizontal Back-link, BFRC lite gas charged shock w/ piggyback reservoir, adjustable compression, rebound and spring preload.

    Untuk roda di bagian depan pakai cast wheel ukuran 17 inci berbalut ban 120/70. Adapun dibelakang mengusung ring 17 inci dengan profil ban 160/60.

    Buat mengimbangi performa dari Ninja ZX-4RR, pabrikan mengaplikasikan rancang deselerasi yang cukup advanced. Di depan misalnya, pakai 2 cakram semi floating yang masing-masing berukuran 290 mm. Posisi kaliper dipasang secara radial dengan total 4 piston. Di belakang dikawal dengan pengereman cakram tunggal 220 mm berkaliper 1 piston.

    Kelengkapan Fitur

    Kawasaki ZX-4RR

    Dari segi fitur, Kawasaki Ninja ZX-4RR juga memiliki kemiripan dengan Ninja ZX-25R. Di mana seluruh lampu sudah mengusung teknologi full LED dan penggunaan panel meter TFT yang informatif. Agar lebih lengkap kami jabarkan fitur lainnya seperti di bawah ini.

    • Suspensi Depan Upside Down SFF-BP with spring preload adjustability and top-out springs
    • Suspensi Belakang BFRC lite gas-charged shock with piggyback reservoir, compression and rebound damping and spring preload adjustability, and top-out spring
    • Assist & Slipper Clutch
    • Economical Riding Indicator
    • Electronic Throttle Valves
    • Kawasaki Quick Shifter (KQS) up & down
    • Kawasaki Traction Control (KTRC)
    • Power Modes 4 Opsi
    • Smartphone Connectivity
    • Anti-lock Braking System (ABS) 2-channel

    (Kit/Odi)

     

    Baca Juga: Kawasaki Ninja 250 2023 Lebih Segar dengan Warna Baru

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Kawasaki Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Kawasaki dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Kawasaki Ninja 40th Series Hadir di Indonesia, Dijual Terbatas
      Kawasaki Ninja 40th Series Hadir di Indonesia, Dijual Terbatas
      Zenuar Yoga . 22 Mar, 2024
    • Kawasaki W175TR Punya Warna Baru, Tampil Lebih Nyentrik
      Kawasaki W175TR Punya Warna Baru, Tampil Lebih Nyentrik
      Zenuar Yoga . 08 Jan, 2024
    • Update Harga Kawasaki Tipe Supermoto per Desember 2023
      Update Harga Kawasaki Tipe Supermoto per Desember 2023
      Zenuar Yoga . 12 Des, 2023
    • Melihat Langsung Kawasaki Ninja Berjantung Listrik dan Hybrid di JMS 2023
      Melihat Langsung Kawasaki Ninja Berjantung Listrik dan Hybrid di JMS 2023
      Anjar Leksana . 31 Okt, 2023
    • Kawasaki Indonesia Luncurkan New Eliminator, Harga Mulai Rp165 Jutaan
      Kawasaki Indonesia Luncurkan New Eliminator, Harga Mulai Rp165 Jutaan
      Zenuar Yoga . 26 Okt, 2023
    • Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
      Bagi Penyuka Motor Retro, Pilih Kawasaki W175 Cafe atau Yamaha XSR 155?
      Zenuar Yoga . 08 Mei, 2023
    • Cari Motor Trail Kelas Menengah, Pilih Honda CRF250L atau Kawasaki KLX250
      Cari Motor Trail Kelas Menengah, Pilih Honda CRF250L atau Kawasaki KLX250
      Zenuar Yoga . 21 Mar, 2023
    • Komparasi New Kawasaki KLX150 vs Honda CRF150L, Selisih Rp1 Jutaan Siapa yang Terbaik?
      Komparasi New Kawasaki KLX150 vs Honda CRF150L, Selisih Rp1 Jutaan Siapa yang Terbaik?
      Bangkit Jaya Putra . 08 Feb, 2023
    • Adu Spesifikasi dan Fitur Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250 SL, Pilih yang Mana?
      Adu Spesifikasi dan Fitur Suzuki Gixxer SF 250 vs Kawasaki Ninja 250 SL, Pilih yang Mana?
      Bangkit Jaya Putra . 16 Nov, 2021
    • Kenali Ragam Model KLX di Indonesia, Bisa Buat Harian Hingga Offroad
      Kenali Ragam Model KLX di Indonesia, Bisa Buat Harian Hingga Offroad
      Zenuar Yoga . 18 Jun, 2021
    • Test Ride Kawasaki KLX150BF, Menikmati Motor Multi Purpose di Habitat Aslinya
      Test Ride Kawasaki KLX150BF, Menikmati Motor Multi Purpose di Habitat Aslinya
      Eka Zulkarnain . 13 Nov, 2020
    • First Ride Kawasaki Ninja ZX-25R: Menguji Nilai Jual di Tempat Paling Ideal
      First Ride Kawasaki Ninja ZX-25R: Menguji Nilai Jual di Tempat Paling Ideal
      Ary Dwinoviansyah . 16 Jul, 2020
    • First Ride Kawasaki W175TR: Impresi Motor Trail Lawas
      First Ride Kawasaki W175TR: Impresi Motor Trail Lawas
      Ary Dwinoviansyah . 13 Des, 2019
    • First Ride Kawasaki KLX 230: Cocok Untuk Penghobi Adventure
      First Ride Kawasaki KLX 230: Cocok Untuk Penghobi Adventure
      Zenuar Yoga . 26 Jun, 2019