Kawasaki Indonesia resmi meluncurkan motor sport terbarunya, Ninja ZX-6R MY2026, pada Kamis (1/8). Model terbaru hadir dengan penyegaran desain, performa tinggi, dan teknologi canggih. Kawasaki menjualnya dengan harga spesial yakni Rp325 juta.
Dari sisi tampilan, Ninja ZX-6R 2026 tampil lebih agresif dan modern. Desain bodi kini lebih ramping dan aerodinamis. Bagian depannya terinspirasi dari Ninja ZX-10R, dengan lampu LED lebih kompak dan garis bodi yang tajam. Warna baru Lime Green menjadi ciri khas model ini.
Ia hadir dengan fitur yang semakin lengkap dan modern. Kini dilengkapi empat mode berkendara yaitu Sport, Road, Rain, dan Rider (user-setting) yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengendara. Lampu sein sudah menggunakan teknologi LED, sementara panel instrumen memakai layar TFT warna berukuran 4,3 inci yang bisa terhubung dengan smartphone melalui aplikasi Rideology The App.
Lewat Rideology The App, pengendara dapat mengakses berbagai informasi seperti odometer, pengukur bahan bakar, jadwal perawatan, hingga catatan pengendaraan, termasuk rute GPS, posisi gigi, dan putaran mesin (rpm). Saat terhubung, notifikasi seperti panggilan dan pesan juga tampil di layar panel motor. Selain itu, pengaturan seperti unit ukuran, jam, dan tanggal pun bisa diubah langsung dari ponsel.
Fitur-fitur unggulan yang sudah ada di model sebelumnya tetap dipertahankan, seperti:
Ninja ZX-6R 2026 menggunakan mesin 4-tak In-Line Four berpendingin cairan dengan kapasitas 636 cc. Mesin ini memiliki sistem katup DOHC dengan 16 katup, dan didukung oleh sistem pengapian digital. Diameter pistonnya adalah 67,0 mm dan langkahnya 45,1 mm, dengan perbandingan kompresi 12,9:1.
Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 95,2 kW (129 PS) pada 13.000 rpm (dengan Ram Air), sedangkan torsi maksimumnya adalah 69,0 Nm (7,0 kgfm) pada 11.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi 6-percepatan.
Secara keseluruhan, motor ini memiliki dimensi 2.025 x 710 x 1.105 mm dengan jarak poros roda 1.400 mm dan jarak ke tanah 130 mm. Berat kosongnya adalah 198 kg, sementara berat keringnya 179 kg. Kapasitas tangki bensinnya cukup besar, yaitu 17 liter.
Untuk mendukung performanya, motor ini menggunakan rangka pressed-aluminium. Dilengkapi dengan suspensi depan SFF-BP berukuran ø41 mm inverted fork yang bisa disesuaikan, baik untuk rebound damping maupun preload-nya. Sementara itu, suspensi belakang menggunakan sistem Bottom-Link Uni Trak dengan piggyback reservoir dan shock gas.
Sistem pengereman depan menggunakan dua cakram semi-floating berukuran ø310 mm dengan kaliper radial monobloc 4-piston. Di bagian belakang, digunakan cakram tunggal berukuran ø220 mm. Memakai ban depan berukuran 120/70ZR17M/C (58W) dan ban belakang berukuran 180/55ZR17M/C (73W). (Bgx)
Baca Juga: Kawasaki Rilis KLX230 Sherpa, Trail Siap Jelajah Kota dan Alam Bebas
Hak Cipta © Zigwheels 2014-2025. Semua Hak Cipta Dilindungi.