Kawasaki Stockman 250 Mengaspal di Indonesia

Kawasaki Stockman

 

KEY TAKEAWAYS

  • Stockman tetap berbasis KLX dan dikembangkan di Australia

    Memang dirancang untuk menerabas perkebunan, pertambangan dan pertanian
  • Bertambah lagi jenis motor dua alam Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Kawasaki Stockman 250 MY2023 resmi dijual, didapuk sebagai sepeda motor dual purpose yang dilengkapi fitur utilitas tinggi. Cocok untuk kontur geografi di Indonesia, khususnya dipakai untuk perkebunan, pertambangan dan pertanian. Dengan harga jual Rp57,5 juta off the road, apa yang ditawarkan oleh kuda besi dengan tagline “Built Tough”.

    Stockman 250 merupakan sepeda motor yang memang didesain khusus untuk keperluan wara-wiri di perkebunan, pertambangan maupun pertanian. Asalnya dari Australia. Memiliki ciri khas ringan, ringkas dan dapat bermanuver dengan mudah adalah suatu keistimewaan yang ditawarkan.

    Wujudnya kalau dilihat sekilas identik dengan varian KLX. Tapi paling mencolok ada di bagian pencahayaan utama. Desain cover headlamp mirip kepunyaan KLX230 lansiran 2019. Di dalamnya diberi reflektor besar dan masih mengandalkan lampu bohlam konvensional 60/55 W. Meski begitu, menawarkan penerangan yang sangat baik, pagi hari atau setelah matahari terbenam. Toh memang habitatnya selalu di tempat minim cahaya. Bila rusak, mudah untuk mencari penggantinya.

    Kawasaki Stockman

    Untuk melindungi lampu utama dari hantaman kerikil atau saat terjatuh, sudah diberikan headlamp guard. Bisa difungsikan juga untuk membawa barang. Di bawah lampu terdapat sepatbor dan garpu yang mirip kepunyaan KLX230. Namun sayang, belum diketahui berapa jarak main travel-nya.

    Ia pakai sasis yang dirancang untuk trail-riding. Mempunyai keunggulan yang sama dengan KLX series. Bingkai perimeter menawarkan stabilitas mumpuni. Jarak sumbu roda yang pendek juga berkontribusi pada penanganan agar mudah bermanuver. Dimensinya 2.105 mm x 920 mm x 1.110 mm (PxLxT). Jarak poros roda 1.350 mm, ground clearance 220 mm, berat kering 137 kg, dan kapasitas bahan bakarnya 7,5 liter.

    Kawasaki Stockman

    Punya bodywork ramping yang membuatnya lebih mudah saat masuk ladang maupun jalan sempit. Desain jok bergaya datar menawarkan kebebasan bergerak yang luar biasa. Lebar kursi juga memberi keseimbangan, kenyamanan dan jangkauan santai ke tanah untuk kaki pengendara.

    Baca Juga: Cari Motor Touring Kelas Menengah, Ini Pilihannya

     

    Di balik bodinya yang ramping, Stockman mempunyai modal mesin 233 cc, SOHC, 2 valves, berpendingin udara dan sudah berpengabut injeksi. Perbandingan kompresi 9.4:1 yang masih sanggup menenggak Pertalite. Tenaga yang tercatat sebesar 18,7 Hp di 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm di putaran 6.100 rpm. Dayanya disalurkan melalui penggerak rantai lewat transmisi manual 6 percepatan.

    Kawasaki Stockman

    Kaki-kakinya pakai suspensi teleskopik berdiameter 37 mm di depan dengan rubber boot cover dan New monoshock uni trak dengan spring preload. Roda berdiameter 21 inci di depan dan 18 inci di belakang. Masing-masing dibalut dengan ban enduro berukuran 80/100-21 dan 100/100-18. Klaimnya berkat kulit bundar yang terpasang mampu menghasilkan traksi yang baik di berbagai medan off-road. Bagian pengereman, motor ini disokong single disc berdiameter 300 mm dengan dua kaliper depan dan 265 mm belakang satu kaliper.

    Untuk fiturnya ada panel instrumen digital sederhana. Isinya cukup informatif buat ukuran trail. Tertera indikator bensin, waktu, kecepatan, odometer, serta sensor-sensor penting. Demi menunjang perjalanan sulit, ia dibekali dengan beberapa perlengkapan pelindung. Seperti aluminium lever guards, rugged frame sliders dan skid plate. Ada pula wide rear flap. Berfungsi ketika melalui jalan berlumpur. Tutup belakang lebar membantu menjaga bagian belakang pengendara agar tetap bersih.

    Kawasaki Stockman

    Stockman juga menawarkan kenyamanan modern bagi pengendara. Disematkan kunci tuas kopling. Memungkinkan pengendara berhenti dan melepaskan stang saat motor masuk gigi. Kemudian side stand di kedua sisi. Alasan diberi standar samping di posisi kanan dan kiri, seandainya mau parkir di tempat yang sulit seperti di ladang tinggal cari bagian tanah yang rata.

    Warna yang disajikan untuk Stockman yakni Olive Green. Dijual dengan harga Rp57,5 juta off the road. Pengiriman ke konsumen dilakukan awal Desember 2022. Secara keseluruhan, Stockman merupakan sepeda motor ringan, mudah bermanuver dan ideal untuk penggunaan harian maupun offroad. (Bgx/Odi)

     

    Baca Juga: New Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur dengan Fitur Konektivitas Baru

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Kawasaki Unggulan

    • Yang Akan Datang

    Artikel Motor Kawasaki dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test