Kia Sonet 7-Seater Debut Global di Indonesia, Tawarkan Akomodasi Ekstra Tanpa Mengubah Dimensi

Perdana di pasar global, kini Kia Sonet punya versi 7-seater. Akomodasi ekstra penumpang, bakal memenuhi kebutuhan konsumen yang butuh daya angkut banyak. Fitur canggih seperti model 5-seater tetap dipertahankan. Plus penambahan satu varian, total memiliki empat tingkatan trim sendiri.


“Sebuah kebanggaan bagi kami mendapatkan kepercayaan untuk melakukan World Premiere Kia Sonet 7-Seater di Indonesia. Permintaan konsumen terhadap mobil keluarga tujuh penumpang di Indonesia yang besar, menjadikannya sangat tepat jika Compact SUV terbaru dari Kia ini melakukan debut dunianya di sini,” ujar Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha.


Secara garis besar mungkin Anda tidak akan menemukan perbedaan dari model 5 seater. Tubuhnya terlihat identik dari segi gaya. Ciri khas dan mayoritas fitur luar eksis. Sebut saja bahasa desain Tiger Nose Grille yang diapit lampu utama LED otomatis. Tak ketinggalan grafis LED “Heartbeat” sebagai DRL dan visual pemanis lampu belakang memanjang. Soal akses, fitur sekelas smart entry hingga Remote Start Engine siap membantu.


Kia sonet 7 seater


Begitupun kalau membahas soal dimensi. Faktanya, Sonet 7-Seater memiliki ukuran tubuh serupa aransemen orisinal. Mencatatkan angka 4.120 x 1.790 x 1.615 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.500 mm. Tak ditemukan rombakan mendasar sehingga ubahan utama tampak memanfaatkan ruang kabin semaksimal mungkin.


Dimensi bodi setara bukan berarti tak dihiasi ubahan basis pembangun. Diakui terdapat penyesuaian ulang dalam kabin Sonet. “Yang direka ulang oleh para insinyur Kia itu adalah floorpan-nya. Jadi, terjadi perubahan yang sangat besar di floorpan di lantai. Di mana lantainya itu diturunkan dan ban serepnya dipindahkan. Itulah salah satu fitur yang membuat Kia Sonet 7-Seater ini sangat berbeda,” ujar Marketing and Development Division Head PT Kreta Indo Artha, Ario Soerjo.


Ya, bisa disimpulkan segala penyesuaian terjadi dalam kabin. Dibuat semakin praktis sekaligus memberikan kenyamanan menyeluruh. Posisi sunroof dikudeta oleh ventilasi ekstra di plafon. Aliran udara jadi lebih optimal tersalur ke belakang. Pun ventilasi AC baris kedua dari konsol tengah tidak juga lengser.


kursi Kia sonet


Urusan kepraktisan, bangku baris tengah berganti model. Sesuai ekspektasi, bench seat versi 7-seater kini mengusung metode pelipatan terpisah 60:40. Terdapat one touch tumble pula sehingga memudahkan akses ke baris terakhir. Namun tak hanya itu, ruang duduk dapat diseimbangkan lewat pergeseran maju mundur dan pengaturan sudut rebahan.


Dari segi kelengkapan interior memang ada satu atau dua komponen absen. Termasuk di antaranya minus sunroof dan pemanja telinga Bose. Namun itu semua boleh jadi tidak berarti banyak sebab secara esensial perbekalannya tetap tergolong menawan ala SUV premium. Sebut saja Ventilated Seat, AC otomatis, Cruise Control bersama kemampuan bawaan eksterior seperti sakelar lampu otomatis dan push start button. Setidaknya semua ini bisa dinikmati pada kelas trim atas.


Bahkan absennya audio Bose diobati oleh kehadiran layar infotainment lebih besar. Tipe tertinggi premiere dibekali unit 10,25 inci sementara Dynamic dan Smart tetap mengusung layar 8 inci. Fungsinya kekinian, terdapat integrasi smartphone Android Auto dan Wireless Apple CarPlay. Berikut diramaikan oleh bantuan kamera parkir plus sensor. Baru di tipe terendah terpasang unit 3,8 inci dengan Bluetooth dan USB.


jok baris ketiga sonet 7 seater


Jantung pacu mengusung unit serupa 5-seater. Adalah enjin empat silinder Smartstream Gamma II berkapasitas 1.500 cc. Sanggup mengekstrak tenaga di atas rata-rata permainan 1.500 cc, sampai 115 PS di 6.300 rpm. Figur torsi sendiri tercatat di angka 144 Nm pada 4.500 rpm. Seluruh putaran lantas diterjemahkan ke roda depan via transmisi manual enam percepatan atau otomatis iVT.


Tidak perlu khawatir soal keselamatan, potensi standar Sonet 5 seater dibawa. Misal Airbag enam titik spesifik trim tertinggi. Mayoritas juga telah memiliki peranti stabilitas sejenis ABS+EBD+BA komplet Electronic Stability Control dan Hill Assist Control. Ada tambahan Tire Pressure Monitoring di dua trim termahal.


Keberadaan Sonet 7-Seater ini menambah opsi bagi pelanggan untuk memilih fitur maksimal atau akomodasi ekstra. Penambahan kapasitas angkut sebetulnya pun tidak melengserkan banyak kelengkapan berkelas. Menariknya, rentang harga cukup bersebelahan dengan model 5-seater. Dibanderol mulai dari Rp199,5 juta sampai Rp296 juta (OTR Jakarta).


Enam warna bisa dipilih calon konsumen. Adalah seleksi dari Clear White, Intelligency Blue, Intense Red, Steel Silver, Aurora Black Pearl dan Beige Gold. Disebutkan display sudah ada di diler dengan target pengiriman dimulai pada tiga sampai empat minggu ke depan. (Krm/Odi)


Harga Kia Sonet 7-Seater:



  • Kia Sonet Premiere 7 iVT - Rp296.000.000,-

  • Kia Sonet Dynamic 7 iVT - Rp272.000.000,-

  • Kia Sonet Smart 7 iVT - Rp258.500.000,-

  • Kia Sonet Smart 7 MT - Rp245.500.000,-

  • Kia Sonet Standard 7 MT - Rp199.500.000,-


Baca Juga: Kupas Tuntas Kia Sonet Smart MT, Varian Tengah yang Tak Kalah Menarik

Jelajahi KIA Sonet

Tampak Depan Bawah KIA Sonet
KIA Sonet Rp 193 - Rp 289 Juta Cicilan Mulai : Rp 4,4 Juta
Lihat Promo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda