KNKT dan Kemenhub Menyimpulkan Perlu Edukasi Perawatan Rangka eSAF

eSAF Kemenhub

Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah melakukan penelitian rangka eSAF Honda. Penelitian dilakukan sejak Agustus lalu hingga September 2023. Ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan kendaraan bermotor yang berkeselamatan juga menindaklanjuti keluhan masyarakat terkait rangka eSAF Honda.

KEY TAKEAWAYS

  • KNKT dan Kemenhub melakukan penelitian perkara rangka eSAF

    Penelitian langsung melihat proses produksi di pabrik dan sepeda motor milik konsumen
  • Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Hendro Sugiatno, meyakinkan agar masyarakat tidak perlu khawatir karena saat ini sedang dalam proses perbaikan. Ini dilakukan utnuk mengutamakan kendaraan bermotor yang berkeselamatan ke depannya. "Hasil penelitian yagn dilakukan oleh tim peneliti telah ditindaklanjuti. Kami bersama KNKT akan mengawal dan mengawasi proses pemeriksaan dan penanganan rangka eSAF ini," ucap Hendro dalam keterangannya, Jumat (15/9).

    Berdasarkan temuan tim peneliti, PT Astra Honda Motor (AHM) selaku produsen membuat rangka eSAF dari raw material berupa high strength steel (HSS) yang diproses menjadi rangka. Lalu rangka dilakukan proses pelapisan coating dengan metode CED (Cathodic Electro Deposition) dengan cara dicelup. Ini dilaporkan setelah tim peneliti mendatangi dan melihat langsung proses produksi rangka eSAF di pabrik Honda di kawasan industri Indotaise Karawang pada (1/9) lalu.

    Hasilnya, tim peneliti melihat proses pengendalian kualitas produk mulai tahap incoming material, press, welding dan pelapisan. Item kontrol termasuk dimensi maupun ketebalan dari hasil proses pelapisan telah dilakukan dan telah memenuhi persyaratan standard manufacturing global.

    Rangka eSAF Honda

    Berdasarkan hasil perhitungan finite element method dan divalidasi secara pengujian aktual di fasilitas milik PT. AHM, dapat dikatakan struktur rangka eSAF cukup kuat dan tidak memiliki daerah kritis atau fatigue dengan stress load yang tinggi. Tegangan yang terjadi masih jauh di bawah Yield Point (batas elastis) dari material rangka.

    Selain ke pabrik, tim peneliti juga meneliti motor konsumen. Temuannya, adanya karat pada bagian dalam rangka yang tidak terlapisi coating dan lubang pembuangan bawah yang berpotensi tertutup kotoran, membuat air tersumber. Ini berpotensi menyebabkan udara lembab di sekitar rangka dan dapat bersifat korosif.

    Indonesia berdasarkan ISO 9223 tentang sistem klasifikasi laju korosi carbon steel berdasarkan kondisi atsmofer lingkungan, masuk pada kategori berat. Kondisi ini memerlukan regulasi lebih lanjut mengenai tata cara pemenuhan ketahanan korosi pada kendaraan roda duat atau lebih.

    Ditjen Hubungan Darat beserta KNKT melihat kondisi di atas, melihat perlunya peningkatan edukasi terkait perawatan dan pemeliharaan kendaraan bermotor roda dua atau lebih.

    PT AHM selaku pabrikan, menindaklanjuti temuan penelitian ini dengan mengoptimalisasi terhadap cara perlindungan rangka dari korosi secara menyeluruh. Langkah yang dilakukan adalah membuka layanan pemeriksaan dan penanganand engan menyediakan layanan 24 jam lewat contact center Honda 1-500-989 yang dapat diakses dari seluruh Indonesia. Cara lain, konsumen dipersilahkan data ke bengkel AHASS terdekat. (Sta/Odi)

     

    Baca Juga: Segini Pendapatan Honda Semester I 2023, Sebelum Rangka eSAF Bermasalah

    Baca Semua

    Artikel Unggulan

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda

    Baca Semua

    Motor Honda Unggulan

    Artikel Motor Honda dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test
    • Jadi Teman Bertualang, Honda Rilis CB200X 2023 Seharga Rp27 Jutaan
      Jadi Teman Bertualang, Honda Rilis CB200X 2023 Seharga Rp27 Jutaan
      Anjar Leksana . 19 Sep, 2023
    • Begini Hasil Investigasi Kemenhub, KNKT dan AHM Soal Rangka eSAF
      Begini Hasil Investigasi Kemenhub, KNKT dan AHM Soal Rangka eSAF
      Anjar Leksana . 15 Sep, 2023
    • Ramai Rangka eSAF Bermasalah, Segini Penjualan dan Laba AHM Paruh Tahun 2023
      Ramai Rangka eSAF Bermasalah, Segini Penjualan dan Laba AHM Paruh Tahun 2023
      Anjar Leksana . 11 Sep, 2023
    • Pedagang Motor Bekas: Efek Viral Rangka eSAF Honda Keropos, Konsumen Lebih Pilih Opsi Lain
      Pedagang Motor Bekas: Efek Viral Rangka eSAF Honda Keropos, Konsumen Lebih Pilih Opsi Lain
      Zenuar Yoga . 11 Sep, 2023
    • Pilihan Skutik Harga Murah Selain Honda Beat eSAF yang Bermasalah
      Pilihan Skutik Harga Murah Selain Honda Beat eSAF yang Bermasalah
      Anjar Leksana . 08 Sep, 2023
    • Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
      Safety Riding Offroad Berujung Terabas Menembus Karst Citatah Bersama Honda CRF150L
      Zenuar Yoga . 03 Agu, 2023
    • Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
      Komparasi Motor Ayago Honda Sonic 150R Vs Suzuki Satria F150, Mana Lebih Unggul?
      Zenuar Yoga . 14 Apr, 2023
    • New Honda CBR250RR Lawan New Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250 FI, Siapa Terbaik?
      New Honda CBR250RR Lawan New Yamaha R25 dan Kawasaki Ninja 250 FI, Siapa Terbaik?
      Zenuar Yoga . 20 Sep, 2022
    • Ini 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Honda Scoopy
      Ini 10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Membeli Honda Scoopy
      Bangkit Jaya Putra . 06 Mei, 2022
    • Pakai ABS dan Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Vario 160 atau Yamaha Lexi S
      Pakai ABS dan Harga Selisih Ratusan Ribu, Pilih All New Honda Vario 160 atau Yamaha Lexi S
      Zenuar Yoga . 11 Feb, 2022
    • First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      First Ride New Honda CBR250RR SP QS: Pembuktian Total Control yang Bikin Nagih!
      Zenuar Yoga . 07 Okt, 2022
    • Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Test Ride Honda ADV 160 ABS: Pembuktian di Jalan Menantang Sejauh 125 Km
      Bangkit Jaya Putra . 21 Jul, 2022
    • First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      First Ride Honda ADV 160: Penyempurnaan Bikin Happy!
      Setyo Adi Nugroho . 07 Jul, 2022
    • Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
      Test Ride Review New Honda Genio 2022: Seberapa Layak Dijadikan Motor Harian?
      Bangkit Jaya Putra . 29 Mar, 2022
    • Test Ride All New Honda Vario 160: Enak Dibuat Santai, Sigap Dibawa Kebut
      Test Ride All New Honda Vario 160: Enak Dibuat Santai, Sigap Dibawa Kebut
      Zenuar Yoga . 17 Mar, 2022