KTM 250 Adventure Tak Lama Lagi Rilis, Honda CRF250 Rally Punya Rival Kuat

KTM 250 adventure

KTM telah mengumumkan kehadiran adventure entry level-nya. Ialah 250 Adventure, yang sebelumnya hanya tersiar desas-desus serta tangkapan gambar amatir. Kabarnya Desember 2020 jadi waktu pelepasan tualang seperempat liter baru. Dan tentunya membuat Honda CRF250 Rally, bakal punya rival kuat dari sejarah yang sama.

Ya, keduanya punya konsep menerjemahkan motor Rally Dakar ke versi produksi. Tampak dari padanan bodi, sampai peranti yang menempel di KTM maupun Honda. Khas adu cepat padang pasir. Namun Honda tampaknya lebih cepat mengaplikasikan ke kelas seperempat liter dari KTM. Padahal, secara histori kiprah juara lebih banyak dicetak jenama Austria.

Nama Honda mungkin tenar di tahun 70-80an hingga melahirkan Africa Twin. Tapi masuk era milenium, KTM berturut-turut naik podium menjadi paling hebat di ajang reli padang pasir terganas di dunia. Tepatnya 2001-2019 dan baru dimenangkan sayap burung kembali di 2020. Lantas di tipe terkecil ini, siapa lebih hebat amunisinya?

Baca Juga: Michelin Rilis Ban Motor Baru Khusus Sport dan Adventure

KTM 250 adventure

Walau belum pasti, tapi sudah bisa diprediksi. Basis KTM 390 Adventure kemungkinan dijejali ke 250, hanya saja dalam kubikasi lebih kecil. Dan sebagai informasi, mereka berbagi jantung dengan seri Duke. Artinya petualang baru bakal punya mesin tak beda jauh dengan naked sport KTM 250 cc.

Berapa outputnya? Kalau mengacu pada spesifikasi yang ada, sangat-sangat memukau. Mengusung konfigurasi satu silinder 250 cc DOHC, dengan torehan tenaga begitu kuat. Daya kuda maksimal bisa mencapai 29,6 Hp di 9.000 rpm, sementara torsinya sekitar 24 Nm pada 7.500 rpm. Belum lagi, ada kemungkinan dapat warisan teknologi anti hopping clutch alias assist dan slipper clutch. Namun bi-directional quick shifter belum tentu masuk paket, begitu pula kontrol traksi demi menekan harga.

Jika dibandingkan CRF250 Rally, torehan KTM sudah lebih dari cukup. Dapur pacunya memang sama-sama 250 cc satu silinder DOHC. Namun tenaga maksimalnya 24,4 Hp di 8.500 rpm serta torsi 22,6 Nm pada 6.750 rpm. Apalagi ia belum punya assist dan slipper clutch. Masih konvensional. Ditambah racikan bobot KTM biasanya lebih ringkas, sehingga tenaga bisa diterjemahkan lebih baik.

KTM 250 adventure

Soal suspensi kemungkinan tak ada beda dari 390 Adventure. Travel depannya panjang dengan model upside down, serta pasti dibuat oleh WP. Mungkin bakal beda jenis saja. Dan belakangnya ditopang suspensi tunggal dengan ragam setelan. CRF sebetulnya juga menarik. Suspensi depan Showa jenis inverted punya diameter tabung 43 mm. Serta konfigurasi shock belakang tunggal dari merek sama, serta berjarak main panjang. Hal ini belum bisa disimpulkan, harus diuji secara langsung nanti.

Tapi bicara deselerasi, akan terasa optimal di KTM 250 Adventure. Dua cakram bakal dikombinasikan sensor ABS buatan Bosch, terkoneksi di keduanya. Tapi kalau sampai sensor cornering ABS di 390 rasanya tak bakal ada, sebab ini entry level. Semoga saja sistem nyala matinya tetap dipertahankan. Paling tidak, spesifikasi begitu sudah lebih depan dari pada CRF tanpa ABS sama sekali.

Beranjak ke fitur, kokpit mereka berdua sama-sama pakai monitor digital. CRF sudah terbukti bisa menyajikan data lengkap. KTM masih jadi misteri. Namun saat berkaca ke seri 250, mungkin isinya bakal standar saja. Tidak advance semacam layar 390.

Baca Juga: Prototipe Yamaha MT-09 Turbocharger sedang Dikembangkan

KTM 250 adventure

Lanjut soal desain, KTM 250 Adventure dirancang hampir identik dengan kakaknya. Baik fairing, peletakkan lampu, model mika, sampai bagian buritan mirip-mirip. Begitu pula aksesori semacam engine guard dan hand guard. Hanya saja ada rumor, penerangan full LED bakal dipangkas. Mungkin depannya hanya dihias DRL, sementara sorot utama masih halogen.

Di india, estimasi harganya bakal di kisaran Rp 46 jutaan. Tentunya bakal sangat menarik buat segmentasi motor adventure seperempat liter. Dan jika benar dimasukkan ke Indonesia, pasti harganya di bawah Rp 100 juta. Mungkin bisa lebih murah dari CRF250 Rally yang Rp 80 jutaan. Sebab sang kakak saja bisa dijual di Rp 114,3 juta OTR Jakarta, berkat fasilitas perakitan baru di Jawa Tengah. (Hlm/Odi)

Sumber: Young Machine

Baca Juga: Tak Sabar Menunggu Rilis Harley-Davidson Mini, Benelli 302S Dimodifikasi Jadi Tracker Amerika

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor KTM Unggulan

Artikel Motor KTM dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • KTM 1390 Super Duke R Evo Masuk Kategori Hyper Naked Bike
    KTM 1390 Super Duke R Evo Masuk Kategori Hyper Naked Bike
    Zenuar Yoga . 14 Mar, 2024
  • Buat Penggemar Off-Road dan Adventure, Simak Daftar Harga KTM-Husqvarna Terbaru
    Buat Penggemar Off-Road dan Adventure, Simak Daftar Harga KTM-Husqvarna Terbaru
    Setyo Adi Nugroho . 22 Okt, 2022
  • KTM 390 Adventure MY 2022 Menerima Penyegaran Penting, Paket Elektronik dan Desain
    KTM 390 Adventure MY 2022 Menerima Penyegaran Penting, Paket Elektronik dan Desain
    Zenuar Yoga . 06 Des, 2021
  • Foto Spy Shot Tersebar, KTM Disinyalir Merancang RC 8C Versi Road Legal
    Foto Spy Shot Tersebar, KTM Disinyalir Merancang RC 8C Versi Road Legal
    Zenuar Yoga . 24 Nov, 2021
  • KTM Indonesia Resmi Rilis Tiga Model Baru, Paling Menarik Adventure 250
    KTM Indonesia Resmi Rilis Tiga Model Baru, Paling Menarik Adventure 250
    Zenuar Yoga . 10 Nov, 2021
  • Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Selisih Rp10 Jutaan, Ini Komparasi Lengkap Honda CRF250 Rally vs KTM 250 Adventure di Pasar Indonesia
    Bangkit Jaya Putra . 12 Mei, 2022
  • Motor Tualang Kelas Menengah Dari Eropa, Pilih KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?
    Motor Tualang Kelas Menengah Dari Eropa, Pilih KTM 390 Adventure atau BMW G 310 GS?
    Zenuar Yoga . 19 Jan, 2021
  • Test Ride KTM 390 Adventure: Dua Alam Tak Jadi Masalah
    Test Ride KTM 390 Adventure: Dua Alam Tak Jadi Masalah
    Bangkit Jaya Putra . 19 Okt, 2021