Lebih Untung Mana, Pilih Honda PCX ABS Bekas Atau Vario 150 Baru?

Honda PCX Vs Vario

JAKARTA -- Honda PCX tipe ABS ternyata masih cukup diminati di pasar motor bekas. Terbuti, banderolnya masih cukup tinggi. Meski dalam keadaan seken, banyak orang yang ingin meminangnya. Unit lansiran 2018 harganya bervariasi. Rata-rata dijual kisaran Rp 23 sampai Rp 25 jutaan, tergantung kondisi. Kisaran angka itu kalau dihargai motor lain, bisa dapat Honda Vario 150 baru yang sekarang bernilai Rp 24,3 juta. Nah, kalau membandingkan keduanya, mana yang lebih menguntungkan untuk dibeli?

Rasanya orang akan lebih memilih Honda Vario dalam keadaan baru ketimbang membeli model bekas. Selain kondisi gress, Vario juga punya kelayakan untuk dipinang. Tapi PCX punya nilai lebihnya sendiri. Soal akomodasi misalnya, PCX punya bagasi yang jauh lebih besar, 28,8 liter. Bisa menaruh helm full face dan masih tersisa sedikit ruang untuk menyimpan benda kecil lain. Sementara Vario hanya 18 liter, hanya cukup memuat helm open face.

Tambahan poin plus si skutik premium, sudah memiliki pengereman bersensor alias ABS (Anti-lock Braking System) pada roda depan. Tidak seperti adiknya yang masih mengandalkan rem model CBS (Combi Brake System).

Honda PCX

Kelengkapan

Sisi muatan yakni inner rack di bagian depan, Vario punya 2 buah dan posisinya terbuka. Bermanfaat untuk menaruh gloves, air mineral gelas dan benda kecil lainnya. Sementara sang kakak lebih rapi karena dilengkapi penutup. Meski cuma ada satu di sisi kiri, dalamnya diberikan power charging dengan penggunaan daya maksimal 12 W (12V-1A).

Fitur yang sama-sama dimiliki antara lain ISS (Idling Stop System). Fitur ini bisa mengoptimalkan konsumsi bahan bakar. Saat motor posisi idle, kerja mesin mati secara otomatis. Keduanya sudah mengadopsi Smart Key System (keyless) berbasis remote. Di dalamnya ada fitur Answer Back System untuk memudahkan mencari di lokasi parkir, dan anti-theft alarm buat meminimalisir tindak pencurian.

Baca juga: Bikin Iri, Honda PCX di Brasil Punya Warna Keren dan Ban Pirelli

Honda Vario

Mesin

Urusan performa, keduanya sama-sama menggendong jantung pacu 150 cc SOHC 2-Valve berpendingin cairan dan suplai bahan bakar memakai teknologi PGM-FI. Namun output tenaga yang dihembuskan kedua punya perbedaan. Vario, mengeluarkan tenaga 12,9 hp pada 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm di putaran 5.000 rpm. Sementara PCX, sanggup melontarkan 14 hp di 8.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada kitiran 6.500 rpm.

Angka yang dihasilkan itu bukan karena spesifikasi ruang bakar berbeda, melainkan sistem injeksi, ECM dan kruk as yang tidak sama. Menurut uji coba internal AHM, Vario 150 bisa menempuh jarak 46,9 km hanya dengan satu liter bensin, sementara PCX di angka 45 kpl. Selisih itu tentunya ada kaitan dengan bodi vario yang lebih kecil.

Honda PCX

Kaki-Kaki

Untuk Sistem pengereman, kedua roda PCX sudah pakai cakram. Saudaranya hanya gunakan cakram di depan dan belakangnya masih tromol. Kemudian urusan kulit bundar sesuai dengan bodi dari masing-masing unit. Skutik mewah lebih proporsional karena pakai ban berprofil lebar, 100/80 di depan dan 120/70 di belakang. Vario 90/80 depan dan 100/80 belakang, masih memancarkan aura skutik konvensional. Baik PCX dan Vario memakai ban tubeless.

Meski Vario berada di bawah PCX, tapi soal fitur ia masih bisa mengimbangi. Seperti headlamp dan stoplamp yang sudah berteknologi LED. Desainnya pun tak kalah dengan sang kakak, mewah dan sporty. Kemudian panel meter juga sudah full digital, berisi spidometer, indikator bahan bakar, jam dan trip meter. Ada juga fungsi pengingat ganti oli berkala, smart key, indikator baterai dan tegangan aki. Meski semua itu juga tersedia pada PCX.

Baca juga: Honda Vario 150 Bakal Alami Perombakan Seperti PCX?

Honda Vario

Kesimpulan

Kalau urusan desain, kembali ke selera Anda. Vario 150 berpenampilan sporty, sementara kakaknya lebih mengutamakan kemewahan. Keduanya juga cocok untuk mobilitas dalam kota, tapi PCX punya penunjang kepraktisan lebih lengkap, berguna buat menemani perjalanan jauh.

Namun untuk konsumen yang memilih PCX bekas, baiknya melakukan pengecekan mesin motor secara keseluruhan terlebih dahulu. Cara mudahnya lihat bagian gasket dan baut pada mesin, apakah sudah pernah dibuka atau belum. Biasanya terlihat perbedaan warna asli bawaan pabrik. Jika terlihat berubah, bisa jadi motor pernah mengalami masalah serius pada bagian mesin.

Sebagai informasi, Vario 150 saat ini ditawarkan dalam 3 varian; Exclusive Rp 24,150 juta, Exclusive Matte Black dan Sporty Series yang dibanderol Rp 24,3 juta OTR Jakarta. Selisih harga tak begitu jauh dengan PCX bekas yang berkisar Rp 23 juta sampai Rp 25 jutaan. Keduanya tetap pilihan yang menarik. Paling pas melihat bujet, kebutuhan dan selera desain sebelum memilih salah satunya. (Bgx/Raju)

Jelajahi Honda Vario 150

Model Motor Honda

Motor Honda
  • Honda Scoopy
    Honda Scoopy
  • Honda CRF150L
    Honda CRF150L
  • Honda PCX160
    Honda PCX160
  • Honda Beat
    Honda Beat
  • Honda Vario 125
    Honda Vario 125
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Honda Unggulan

Artikel Motor Honda PCX160 dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Dapat Warna Baru, Ini Besaran Cicilan Honda PCX160 ABS Tiap Bulan
    Dapat Warna Baru, Ini Besaran Cicilan Honda PCX160 ABS Tiap Bulan
    Anjar Leksana . 29 Nov, 2023
  • New Honda PCX160 Bersolek, Garansi Rangka 5 Tahun
    New Honda PCX160 Bersolek, Garansi Rangka 5 Tahun
    Anjar Leksana . 21 Nov, 2023
  • Masih Sering Diburu, Harga Bekas Honda PCX 150 Tahun Muda Mulai Rp23Juta
    Masih Sering Diburu, Harga Bekas Honda PCX 150 Tahun Muda Mulai Rp23Juta
    Bangkit Jaya Putra . 24 Jul, 2023
  • Honda PCX160 Punya Warna Baru, Harga Naik Rp100 ribu
    Honda PCX160 Punya Warna Baru, Harga Naik Rp100 ribu
    Zenuar Yoga . 13 Des, 2022
  • Soal Inpres Kendaraan Dinas Listrik, AHM Sebut Sudah Ada Diskusi dengan Pemerintah
    Soal Inpres Kendaraan Dinas Listrik, AHM Sebut Sudah Ada Diskusi dengan Pemerintah
    Bangkit Jaya Putra . 28 Sep, 2022
  • Seleksi Yamaha NMax 155 Vs Honda PCX 160, Siapa yang Layak Dibeli?
    Seleksi Yamaha NMax 155 Vs Honda PCX 160, Siapa yang Layak Dibeli?
    Bangkit Jaya Putra . 14 Jul, 2023
  • 4 Hal yang Perlu Diketahui Mengapa Lebih Pilih Honda PCX 160 Dibanding Yamaha NMax 155
    4 Hal yang Perlu Diketahui Mengapa Lebih Pilih Honda PCX 160 Dibanding Yamaha NMax 155
    Bangkit Jaya Putra . 10 Sep, 2021
  • Honda PCX160 CBS Vs Yamaha Nmax 155 Connected Version, Mana Lebih Ok?
    Honda PCX160 CBS Vs Yamaha Nmax 155 Connected Version, Mana Lebih Ok?
    Helmi Alfriandi . 07 Apr, 2021
  • Hasil Road Test, Ini Kelebihan dan Kelemahan Honda All New PCX160
    Hasil Road Test, Ini Kelebihan dan Kelemahan Honda All New PCX160
    Helmi Alfriandi . 02 Mar, 2021
  • Sebelum Membeli, Simak Kelebihan dan Kekurangan All New Honda PCX 160
    Sebelum Membeli, Simak Kelebihan dan Kekurangan All New Honda PCX 160
    Zenuar Yoga . 11 Feb, 2021
  • Test Ride All New Honda PCX 160: Mesin Oke, Suspensi Kurang
    Test Ride All New Honda PCX 160: Mesin Oke, Suspensi Kurang
    Helmi Alfriandi . 08 Mar, 2021
  • First Ride Honda PCX 160: Revolusioner, Lebih Asyik dari Yamaha NMax?
    First Ride Honda PCX 160: Revolusioner, Lebih Asyik dari Yamaha NMax?
    Zenuar Yoga . 09 Feb, 2021
  • Test Ride All New Honda PCX: Jawaban atas Ekspektasi (Part 2)
    Test Ride All New Honda PCX: Jawaban atas Ekspektasi (Part 2)
    Ivan Hermawan . 17 Sep, 2018
  • Test Ride All New Honda PCX: Kenapa Harus Membelinya? (Part-1)
    Test Ride All New Honda PCX: Kenapa Harus Membelinya? (Part-1)
    Ivan Hermawan . 27 Agu, 2018