LiveWire ONE Tampakkan Diri Setelah Resmi Jadi Identitas Baru

livewire one

Awal Juni lalu LiveWire berpisah dengan Harley-Davidson. Berdiris sendiri sebagai identitas baru khusus melahirkan motor-motor listrik. Walau jadi merek mandiri, kedua perusahaan tetap berbagi teknologi. Mereka punya tim teknik yang didedikasikan untuk motor tenaga listrik, tetapi juga masih bersandar pada sumber daya Harley dalam hal manufaktur.

LiveWire ONE adalah model pertama yang segera beredar di pasar. Terlepas dari tidak adanya branding Bar-and-Shield, ia membawa beberapa perubahan halus dari LiveWire asli. Hal paling mencolok tentu saja terkait harga, lebih murah ketimbang versi Harley. Cuma dibanderol $21.999 atau setara (Rp319 juta).

livewire one

“Sebagai bagian dari The Hardwire Strategy, kami membuat komitmen bahwa Harley-Davidson bakal memimpin di bidang listrik. Kami mengakui semangat perintis dan nilai merek di LiveWire untuk komunitas kami, dan mengambil keputusan untuk mengembangkan sepeda motor LiveWire asli menjadi merek EV secara khusus,” kata Jochen Zeitz, Ketua, Presiden dan CEO Harley-Davidson, dikutip dari Motorcycle News.

Selisih harga mencapai $7.800 adalah perbedaan yang signifikan. Apalagi bila mempertimbangkan ONE sangat mirip dengan LiveWire asli (mulai dari sini kami menyebut sepeda motor itu sebagai ELW untuk menghindari kebingungan). Secara visual, ONE dan ELW terlihat serupa, terlepas dari branding.

livewire one

One memiliki tampilan grafis ringkas yang menampilkan logo LiveWire "LW". Tampaknya tidak ada Bar & Shield atau "HD" yang terlihat. Ia ditawarkan dalam dua pilihan warna, Horizon White dan Liquid Black. Penutup lampu depan dan tangki bahan bakar palsu menjadi satu-satunya bagian yang mendapat cat berbeda.

Lembar spesifikasi menunjukkan beberapa perubahan untuk LiveWire ONE. Ia menggunakan Motor Revelation synchronous magnet permanen berpendingin cairan. Pihaknya mengklaim output puncak yang dihasilkan mencapai 101 hp dan 104 Nm. Sementara ELW mampu 105 hp dan 96 Nm. Kapasitas baterai sekarang terdaftar di 15,4 kWh, turun sedikit dari 15,5 kWh.

Baca Juga: Makin Garang, Harley-Davidson Patenkan Supercharger Buat Mesin V-Twin

livewire one

LiveWire mengklaim jangkauan 146 mil (234 km) untuk berkendara di kota dan 95 mil (152 km) dalam kombinasi berkendara di jalan raya dan luar kota. Satu jam pengisian baterai Level 1 atau Level 2 (yang dicolok ke stopkontak sistem AC), motor hanya bisa digunakan sejauh 20 km. Sementara dengan fast charging DC, LiveWire mengklaim baterai dapat berubah dari 0 hingga 80 persen hanya memakan waktu 40 menit. Lalu 0 ke 100 persen cuma satu jam.

Sasis tampak tidak berubah, dengan bingkai cor aluminium dan lengan ayun yang sama. Showa memasok komponen suspensi Front-Fork Big Piston (SFF-BP) serta monoshock lite buat bantalan belakang. Brembo menyediakan kaliper depan dengan pemasangan radial monoblok empat piston ganda dan kaliper belakang dua piston tunggal. Pelek juga serupa, aluminium cor palang lima dan ban HD Michelin Scorcher Sport.

ONE mempertahankan fitur lain seperti layar TFT 4,3 inci, mode berkendara yang dapat dipilih, IMU enam sumbu, ABS, dan kontrol traksi. Satu hal yang telah berubah, yakni bobotnya. Menurut Harley-Davidson, ELW punya berat 250 kg, sedang pendatang baru 254 kg. Mungkin sebagian dari perbedaan harga ini disebabkan oleh penggunaan komponen yang lebih berat. Namun LiveWire belum menjelaskan secara spesifik.

Perbedaan besar lainnya yaitu jaringan ritel. Saat ini baru tersedia di 12 diler LiveWire tersebar di California, New York dan Texas. Lokasi tambahan direncanakan pada musim gugur. Bila tidak ada halangan, ONE melakukan debut publiknya pada 18 Juli di International Motorcycle Show di Sonoma, California. (Bgx/Odi)

Sumber: Motorcycle News, Cycle World

Baca Juga: Harley-Davidson Rilis Pan America 2021, Ada Kejutan di Mesinnya

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Harley Davidson Unggulan

  • Yang Akan Datang