Moxiao 500RR, Motor Sport Tiongkok Persis Ducati Panigale V4

Moxiao 500RR

Plagiat desain memang sudah jadi kebiasaan perusahaan otomotif asal Cina. Kali ini datang dari Moxiao yang merilis motor sport baru bernama 500RR. Bikin berita gempar bukan karena produk global, melainkan muncul mirip Ducati Panigale V4. Dari gambar yang terpampang sangat jelas, ia meminjam beberapa gaya dari supersport terkenal Italia.

Beruntungnya unit plagiat itu hanya beredar di Cina. Karena bila tersebar ke beberapa negara, banyak orang yang mengira itu adalah Panigale V4. Dari jarak jauh sulit membedakan antara Moxiao 500RR dengan produk legendaris asal Italia. Namun kalau dicermati lebih detail dan mendengarkan suara dari knalpotnya, sangat jauh berbeda. Selain itu, tentu saja tidak bisa disamakan dari sektor mesin.

Sebagai permulaan, gaya keseluruhan Moxiao 500RR sungguh mengesankan. Ia bisa meniru garis agresif Ducati. Desain bodi depan hingga belakang sangat identik Panigale V4. Headlamp sipit mengarah ke bawah, suspensi depan upside down berdiamater besar, fairing samping dengan knalpot sedikit menyembul, jok terpisah hingga single arm benar-benar mirip.

moxiao 500RR

Pilihan warna kombinasi merah solid juga berhasil membuatnya serupa dengan motor yang diproduksi di Borgo Panigale, Bologna, Italia. Termasuk pemilihan bentuk huruf di fairing. Perusahaan ini sangat berani untuk menuliskan merek dan model pakai font sama. Pekerjaan plagiat yang totalitas.

Untuk memberikan proporsi serupa, Ducati tiruan ini hadir dengan ban gemuk yang terdiri dari 120 dan 190 di bagian depan dan belakang. Beralih ke mesin, kita bakal menemukan dapur pacu yang agak umum digunakan pada sepeda motor buatan Cina. Moxiao 500 RR memakai mesin 471 cc paralel-kembar yang sangat mirip dengan mesin 471 cc milik Honda yang ditemukan di CBR500R, CB500X, dan Rebel 500.

Baca Juga: Hengjian Dahaidao 500 GS-ADV, Jiplakannya Honda Africa Twin 1100

Ducati panigale V4

Mesin itu bisa menggelontorkan tenaga sebesar 47 daya kuda dan mampu berakselerasi dari diam hingga kecepatan 100 kilometer per jam dalam waktu kurang dari 7 detik. Kecepatan tertinggi Moxiao 500RR ini 160 kpj dan pastinya tak ada apa-apanya dibanding Ducati Panigale V4 yang mampu menembus 280 kpj. Uniknya Moxiao justru menyebut keunggulan 500RR bukan hanya pada kemampuan mesinnya, tapi juga efisiensi bahan bakar yang tinggi. Untuk 1 liter, motor sport ini diklaim bisa menempuh jarak 22 kilometer. Tidak buruk, tapi juga tidak terlalu bagus.

Untuk diketahui, Panigale V4 tak hanya kencang, namun juga memiliki performa tinggi dari berbagai sisi. Jantung pacunya 1.103 cc liquid-cooled, L-twin silinder yang menghasilkan 214 hp dan torsi 124 Nm. Kelebihan dari segi performa, didukung dengan bobot bersihnya sekitar 172 Kg. Pengendalian mumpuni berkat pemakaian suspensi Ohlins, dan dikawal rem cakram dari Brembo. Paling penting dari semua itu, mudahnya mengendalikan motor ini.

Untuk menjamin keamanan, disematkan fitur mumpuni. Ducati telah menanamkan Bosch Cornering ABS EVO, Ducati Traction Control (DTC) EVO, Ducati Wheelie Control (DWC) EVO, Ducati Slide Control (DCS), Engine Brake Control (EBC) EVO, juga Riding Modes, Power Modes, dan Auto Tyre Calibration. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart, Motor Beam

Baca Juga: Hanway G30, Copycat Royal Enfield Himalayan asal Cina

Jelajahi Ducati Panigale V4

Model Motor Ducati

Motor Ducati
  • Ducati Diavel
    Ducati Diavel
  • Ducati Hypermotard 950
    Ducati Hypermotard 950
  • Ducati Monster
    Ducati Monster
  • Ducati MultiStrada
    Ducati MultiStrada
  • Ducati Multistrada 1260
    Ducati Multistrada 1260
Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Ducati Unggulan

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Super Sport

  • Yang Akan Datang