Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    MP1 Gandeng Gresini, Kenalkan Indonesian Racing

    PT Motora Prima Indonesia (MP1) resmi kenalkan ‘Indonesian Racing’ pada (11/11) lalu. Perusahaan lokal yang bergerak di bidang industri manajemen olahraga, mengenalkan Indonesian Racing sebagai sebuah brand untuk tim balap yang siap berlaga dan mewakili Indonesia di 4 kelas MotoGP (MotoE, Moto3, Moto2, MotoGP).


    MP1 menggandeng Gresini Racing dalam proyek mengorbitkan pembalap Tanah Air agar tampil di MotoGP. Mereka menjalin kerja sama dengan perusahaan Italia terhitung mulai 2021. Wujud kolaborasi dengan Gresini adalah menempatkan logo Indonesian Racing di livery motor tim asal Italia itu pada kelas MotoE, Moto3, Moto2, dan MotoGP. Bila tidak ada kendala dan berjalan mulus, di 2022 pihaknya mulai menjaring pembalap asal Indonesia.


    Indonesian Racing juga bisa dikatakan sebagai wadah atau platform kolaborasi dengan Gresini yang dikembangkan menjadi akademi balap, guna melahirkan pembalap Indonesia. Nantinya, tim asal Italia yang menilai kepantasan para pembalap di sini. Seperti kita tahu, banyak sekali pembalap berbakat di sini. Namun, tidak banyak platform atau memberi jalan mereka ke pentas dunia. Untuk alasan itu Indonesian Racing mewujudkan hal tersebut.


    “Saya membangun semua ini karena kecintaan saya pada Indonesia. Saya lihat banyak sekali yang berbakat di sini, tapi wadahnya kurang. Selain itu, kita seharusnya tidak hanya menjadi tuan rumah MotoGP. Menurutnya, wajib juga bagi kita untuk ambil bagian dalam pentas MotoGP dengan turut menurunkan tim di sana,” kata CEO MP1, Rocky Soerapoetra.


    Indonesia memang diketahui punya peluang untuk menjadi tuan rumah MotoGP. Sirkuit Mandalika yang terletak di Nusa Tenggara Barat (NTB) didapuk menjadi lokasi yang tepat. Namun saat ini, lintasan itu masih berstatus cadangan untuk ajang balap MotoGP.


    Indonesian Racing


    “Indonesian Racing bisa menjadi salah satu kebanggaan kita. Harus ada eksistensi lebih jauh dari sekadar tuan rumah bagi seluruh pembalap internasional. Sejalan dengan value yang diusung MP1, tim yang kami kenalkan juga berperan aktif membawa efek berkelanjutan bagi negara, di antaranya turut membangun reputasi Indonesia di mata dunia,” tutur Rocky.


    Sementara itu, Fausto Gresini, Manajer Gresini, menyebut kalau timnya punya hubungan yang erat dengan Indonesia. Hampir setiap musimnya, selalu ada perusahaan asal Indonesia berstatus sponsor di tim Gresini. Selain itu, Doni Tata Pradita juga pernah mentas bersama Gresini pada kelas Moto2 2013.


    Ke depannya, Fausto Gresini berharap Indonesian Racing tak hanya sekadar jadi mitra di tim. Tapi juga menurunkan tim untuk kelas MotoGP dan diperkuat pembalap Indonesia. "Tujuan utamanya adalah, suatu hari nanti bisa memiliki tim dalam kejuaraan yang mewakili seluruh bangsa, budaya dan antusiasme mereka (Indonesia) untuk MotoGP. Terima kasih saya ucapkan kepada semua tim di MP1 karena telah memilih Gresini Racing untuk mengembangkan proyek yang luar biasa ini," jelas Fausto Gresini.


    Sedang Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna menyebut pengumuman Gresini Racing membentuk kemitraan strategis dengan MP1 dari Indonesia adalah berita yang luar biasa.


    "Indonesia adalah pasar utama bagi semua orang yang terlibat dalam balap motor dan bermitra dengan tim MotoGP yang sukses. Dengan kehadiran di semua kelas, duduk sempurna di samping kembalinya balap MotoGP yang akan datang di Indonesia. Kami menyambut manajemen dan staf MP1 di olahraga ini dan berharap untuk melihat bagaimana kemitraan tumbuh dalam beberapa bulan mendatang," kata Carmelo Ezpeleta melalui keterangan pers. (Bgx/Odi)

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda