MV Agusta Brutale 1000 RR Versi Euro 5 Meluncur, Output Tak Berubah

MV Agusta Brutale 1000 RR

Motor berwajah brutal, MV Agusta Brutale 1000 RR keluar generasi barunya. Kalau dilihat dari desain seperti tidak ada ubahan apa-apa. Ternyata penyegaran terjadi di sektor mesin dan beberapa update komponen. Hasilnya sekarang sudah lolos homologasi emisi Euro 5.

Pabrikan Italia ini berhasil mempertahankan jumlah tenaga dari upaya regulasi emisi. Mirip Superveloce dan Rush 1000 sebelumnya, Brutale hanya mendapat ubahan di bagian katup dan tappet berlapis Diamond-Like Coated (DLC). Komponen itu tidak hanya membantu kinerja mesin menjadi lebih bersih, ia juga bisa mengurangi keausan, tahan panas sekaligus meningkatkan keandalan. Knalpot didesain ulang tanpa mengorbankan gaya peashooter ikonik yang identik dengan MV.

MV Agusta Brutale 1000 RR

Dilihat dari data teknis pabrikan, mesin berkapasitas 998 cc dengan konfigurasi inline-four cylinder DOHC masih bertahan. Dengan bore x stroke 79 mm x 50,9 mm, jantung mekanis itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 208 Hp pada 13.450 rpm dan torsi 116,5 Nm pada 11.000 rpm. Dengan transmisi 6-percepatan, dirinya diklaim mampu melesat hingga 186 mph atau 300 kpj.

Brutale 1000 RR kini dilengkapi cornering ABS by Contentinal yang tergabung dalam Continental IMU, untuk pengalaman berkendara dan handling lebih baik. Kemudian sekarang layar TFT di kokpit memiliki ukuran lebih besar. Kalau sebelumnya 5 inci, saat ini 5,5 inci. Panel meter itu dapat mengakses berbagai menu konfigurasi. Fungsi Bluetooth juga masih bertahan. Peranti itu dapat terhubung ke smartphone pengendara, untuk mengelola panggilan masuk, pesan, dan musik. Dari dasbor itu juga menawarkan aplikasi navigasi MV Ride. Dari aplikasi tersebut, dapat membuat dan menyimpan rute, yang kemudian dapat dibagikan ke pengendara lain. Fungsi navigasinya juga sangat berguna dan dapat diakses melalui mirroring pakai aplikasi tadi.

Baca Juga: MV Agusta Superveloce Alpine Limited Edition, Dibalut Kemasan Mobil Sport Prancis

MV Agusta Brutale 1000 RR

Sisanya semua sama dengan model sebelumnya. Bagian rangka masih menggunakan komponen serupa dengan seri Oro. Memakai tulang tubular baja Chromium Molybdenum (CrMo). Swingarm memadukan material aluminium, dibungkus dengan serat karbon. Sedang fairing berbahan termoplastik. Pelek juga pakai bahan ringan dan kuat. Begitu juga dengan baut-baut yang terpasang di sekujur tubuhnya.

Kaki-kakinya dibekali suspensi upside down lansiran Öhlins tipe Nix EC di bagian depan dan monoshock Öhlins EC TTX yang dapat disetel di belakang. Sistem pengeremannya mengaplikasikan sepasang cakram baja berukuran 320 mm dengan kaliper ganda Brembo Stylema empat piston di depan, dan cakram 220 mm dengan kaliper dua piston Brembo. Masing-masing dipadu dengan fitur ABS Bosch 9 Plus.

MV Agusta Brutale 1000 RR

Fitur canggihnya ada lampu berteknologi LED, inersia 6-Axis IMU yang mengelola kontrol traksi dengan delapan pengaturan berbeda dan ada opsi untuk menonaktifkannya. Lalu ada Front Lift Control, sebuah evolusi dari sistem anti-wheelie, yang bisa diaktifkan atau dimatikan. Dilengkapi pula launch control, yang menghitung putaran mesin, torsi, dan kecepatan motor saat start. Serta sistem quickshifter, membuat pengendara tidak perlu menarik kopling saat mengganti gigi.

MV Agusta belum mengumumkan kapan Brutale baru didistribusikan. Tetapi model 2021 ini dijual seharga €32.000 atau setara Rp551 juta. Banderol ini lebih mahal €2.000 dibanding model sebelumnya. (Bgx/Odi)

Sumber: Ride Apart, Bikes Republic

Baca Juga: MV Agusta Rush 1000 MY 2021, Hyper Naked Bike Sangar yang Cuma Dibuat 300 Unit

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor MV Agusta Unggulan