MV Agusta Rush 1000 MY 2021, Hyper Naked Bike Sangar yang Cuma Dibuat 300 Unit

MV Agusta Rush 1000

MV Agusta merilis Rush 1000 model 2021 dengan jumlah terbatas. Tampangnya bengis penuh dengan emosi dan sangat menantang. Ini merupakan model kedua versi spesial dari Brutale 1000RR. Sentuhan baru berupa warna yang terinspirasi dari ‘jet tempur’.

Rush pertama kali muncul di EICMA 2019 sebetulnya masih berstatus motor konsep. Namun karena mendapat perhatian lebih dari para penggemarnya, pabrikan mulai memproduksi setahun setelah dikenalkan. Tepatnya pada 2020, Rush 1000 mulai dijual. Hanya dibuat 300 unit saja di seluruh dunia. Harganya saat itu ditaksir lebih mahal dari Ducati Streetfighter V4, yakni 34.250 Euro atau sekitar Rp553 juta di Eropa sana. Sementara lawannya hanya 19.990 Euro. Meski dilepas ke pasar dalam kondisi pandemi Covid-19, kabarnya sudah terjual habis.

MV Agusta Rush 1000

Sejak kemunculan Rush 1000 pada 2019, kualitas produksi pabrikan Italia ini terus meningkat. Mereka telah mencapai tingkat yang sesuai dengan tradisi dan citra perusahaan. Ini semua berkat upaya mengesankan dari CPE Brian Gillen dan tim teknisnya, baik di kantor pusat Schiranna maupun studio R&D CRC San Marino. Sekarang, MV memiliki potensi kualitas, keandalan, dan kinerja yang membuat model edisi khusus seperti ini makin kredibel dan menguntungkan.

MV Agusta menyebut motor ini sebagai “hyper naked”, karena menawarkan performa lebih dari motor naked biasa, gaya eksklusif, dan eksekusi detail menakjubkan. Tak banyak perbedaan dari Rush versi awal. Paling mencolok tentu saja penggunaan skema warna. Kalau sebelumnya pakai cat hitam dengan highlight merah, buat model 2021 menggunakan trim abu-abu dan kuning yang terinspirasi pesawat militer. Selain itu, ada peningkatan quickshifter EAS 3.0 terbaru dari MV sebagai ganti unit EAS 2.1 sebelumnya. Ditambah peralihan dari elektronik Bosch ke Continental ABS. Sisanya semua mirip.

Baca Juga: MV Agusta Superveloce 75 Anniversario, Model Terbatas Serba 75

MV Agusta Rush 1000

Ciri khas yang dimiliki Rush yaitu bagian headlamp. Punya bodi mirip Brutale tapi dengan lampu bulat. Di dalamnya sudah terpasang pencahayaan modern dari JW Speaker model 8791 Adaptive LED Headlights. Sorot sinarnya bisa mengikuti arah motor dan terdapat 16 titik lampu yang punya fungsi masing-masing. Kemudian disematkan spion bundar model bar end.

Tangki abu-abu metalik yang indah dengan sisipan serat karbon dan sorotan kuning membuatnya eksklusif. Jok kulit Alcantara baru juga ditambahkan. Sentuhan premium nyata pada komponen seperti tuas dan pedal, kebanyakan dari mesin CNC dari billet. Pakai knalpot SC-Project tipe tertinggi dengan bagian ujung berlubang ganda. Suspensi upside down Ohlins EC yang diadopsi dari Brutale 1000 RR pada bagian depan, dan monosok merek serupa bisa diatur tingkat kekerasannya.

MV Agusta Rush 1000

Ia menggunakan tipe rangka yang sama dengan Brutale lain. Namun sasisnya pakai bahan alumunium dan titanium. Semua unsur bodi dari plastik ABS diganti serat karbon. Peleknya juga pakai material ringan dan kuat serta model palang berbeda dengan saudaranya. Menariknya lagi, roda belakang yang menempel di single arm diberikan cover carbon fiber sebagai peranti penunjang aerodinamika. Pabrikan menyebutnya sebagai "drag-racing aesthetic". Penggunaan tutup berbahan ringan itu sebagai solusi teknis untuk mengurangi koefisien drag.

Rush 2021 menggunakan versi Euro 5-homologated dari 1.000 cc MV inline-four (bore dan stroke 79.0 mm x 50.9 mm). Ditenagai oleh empat throttle body Mikuni 50 mm dengan dua injektor per body. Sistemnya menarik, menggunakan empat injektor “showerhead” aliran tinggi Magneti Marelli di atas throttle body dan empat injektor Mikuni di bagian bawah. Rush baru mempertahankan distribusi tata letak katup radial eksklusif edisi sebelumnya. Tapi katupnya sekarang titanium, dan profil bubungan serta bentuk ruang bakar juga baru, bersama dengan rasio kompresi 13,4:1. Hasilnya bisa menyemburkan power sebesar 208 hp pada 13.000 rpm, dengan torsi 116 Nm di putaran 11.000 rpm.

MV Agusta Rush 1000

Model edisi terbatas ini juga memiliki fitur kontrol traksi yang dapat diprogram dalam 8 tingkat aktuasi, sistem antiwheelie, launch control, quick shifter up maupun down sebagai piranti standar. Berkat penerapan komponen ringan, bobot kering MV Agusta Rush hanya 185 Kg.

Sepeda tersedia untuk dipesan sekarang dari situs web MV Agusta, dengan biaya reservasi €100 (Rp173 jutaan) dan total harga €38.800 (Rp672 jutaan dengan kurs saat ini). Seperti Rush versi pertama, hanya dibuat 300 unit di seluruh dunia. (Bgx/Odi)

Sumber: Bennetts, Cycleworld

Baca Juga: MV Agusta Superveloce Alpine Limited Edition, Dibalut Kemasan Mobil Sport Prancis

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor MV Agusta Unggulan