Nissan Note e-Power Rilis di Singapura, Spek Mirip Kicks e-Power

Nissan Note e-power

Tak lama mendebut global, Nissan Note langsung singgah ke Singapura. Sudah tidak ada lagi pilihan pemacu konvensional, hanya dalam format hybrid yang dikenal sebagai e-Power.  Bila ditarik kembali sejarahnya, teknologi hybrid e-Power eksis di Note sejak generasi kedua. Mejeng bersama opsi pemacu konvensional. Baru model ketiga ini ia hanya didagangkan dalam paket hybrid secara global. Tapi jelas bukan tanpa penyempurnaan, menggendong e-Power generasi kedua. Melihat spesifikasinya mirip Kicks e-Power dijual di sini. Namun dengan banderol lebih murah.

Powertrain tetap mengusung unit tiga silinder 1.200 cc HR12 sebagai pembangkit tenaga listrik ke baterai. Velositas lantas tercipta langsung dari motor listrik. Kendati begitu, e-Power termutakhir ini diklaim telah didesain dan dikembangkan ulang. Bertujuan untuk meningkatkan tenaga, kualitas berkendara, serta efisiensi.

Komposisi motor listrik anyar diklaim memiliki torsi 10 persen dan output tenaga 6 persen lebih besar. Inverter dibuat 40 persen lebih kompak dan 30 persen lebih ringan. Sementara itu, mesin konvensional beroperasi di rpm lebih rendah dan semakin jarang dihidupkan saat berkendara normal. Seluruh aransemen ini menyuguhkan akselerasi lebih cekatan, halus, dan senyap sekaligus suguhkan peningkatan tenaga dan penghematan bahan bakar.

Baca Juga: Satu Dekade Beredar, Nissan Luncurkan Leaf Edisi Spesial

Dua varian yang ditawarkan, Lite dan Premium, gendong enjin serupa. Siapkan kekuatan elektris 115 PS dan torsi 280 Nm ke roda depan. Ya, sebagaimana kita ketahui, teknologi e-Power sajikan rasa berkendara ala EV tanpa perlu pusing mengisi ulang daya baterai. Tetap meminum bensin, unit HR12 hanya perlu menenggak 4,6 liter BBM untuk menempuh 100 km. Kalau dikonversi berarti sekitar 21,7 kpl.

Secara dimensi, Note lebih kecil dari Kicks. Berstatus hatchback atau mini MPV dengan dimensi 4.055 x 1.520 x 1695 mm (PxLxT) dan wheelbase 2.580 mm. Sebagai gambaran, tubuhnya kurang lebih sebesar Honda Jazz dengan dimensi 4.035 x 1.694 x 1.524 mm. Dengan ukuran tadi, ia membawa konsep Timeless Japanese Futurism. Tampil sederhana sekaligus modern. Pun tak ketinggalan identitas khas V-Motion di depan, dihiasi patron jaring grille yang mengambil inspirasi dari desain tradisional Jepang.

Fitur standar Note jelas kekinian. Seluruh varian kebagian lampu LED otomatis dan Nissan Intelligent Key komplet Push Start Ignition. Dalam kabin, kelengkapannya diramaikan bangku Zero Gravity, instrumentasi digital, head unit 9 inci komplet konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay, hingga AC otomatis. Tak ketinggalan cara berkendara satu pedal yang memungkinkan pengemudi melakukan akselerasi dan deselerasi via regenerative braking lewat pijakan gas.

Baca Juga: Kicks e-Power Menjadi Jembatan Era Mobilitas Listrik Nissan

Urusan keselamatan, Nissan Note mengadopsi perlengkapan komprehensif. Airbag saja tujuh titik. Penjagaan berkendara pun bukan sebatas kontrol stabilitas elektronik. Terdapat berbagai peranti aktif demi meminimalisir risiko atau dampak celaka. Termasuk di dalamnya Intelligent Forward Collision Warning plus Intelligent Forward Emergency Braking, lane departure warning, high beam assist, sensor depan belakang, dan kamera parkir.

Nissan Note e-Power diberi label mulai dari 99.800 ribu SGD atau sekitar Rp 1,063 miliar untuk trim Lite. Di atasnya ada model Premium seharga 102.800 SGD, sekitar Rp 1,095 miliar. Sebagai informasi, nominal ini masih lebih rendah dari Kicks e-Power yang didagangkan mulai dari 107.800 sampai 110.800 SGD. Diferensiasi antara dua trim tidak terlalu banyak. Paling banter pembeda berupa bungkusan jok fabric atau nappa leather serta pelek kaleng atau alloy 16 inci.

Akankah ia diterbangkan ke Tanah Air? Mungkin ada probabilitas mengingat nama Note tidak begitu asing lantaran sempat dijadikan barang pameran sekitar 2017. Kita tunggu saja, setidaknya saat ini sudah ada Kicks yang menunjukkan pergerakan elektrifikasi Nissan di Indonesia. Kalau e-Power makin diterima konsumen sini, niscaya bakal ada model lain yang masuk. (Krm/Odi)

Baca Juga: Tengok Fitur Safety Nissan X-Trail, Tak Kalah Canggih dari Honda Sensing

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Nissan Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil Nissan dari Carvaganza

  • BEIJING AUTO SHOW 2024: Empat EV Baru Nissan Gempur Pasar Cina
    BEIJING AUTO SHOW 2024: Empat EV Baru Nissan Gempur Pasar Cina
    Setyo Adi . Hari ini
  • Ini Hal-Hal Menarik Yang Wajib Diketahui dari Nissan Kicks e-Power
    Ini Hal-Hal Menarik Yang Wajib Diketahui dari Nissan Kicks e-Power
    Alvando Noya . 06 Apr, 2024
  • Mudik Bersama Nissan Kicks e-Power, Nyaman Dan Irit Banget
    Mudik Bersama Nissan Kicks e-Power, Nyaman Dan Irit Banget
    Alvando Noya . 06 Apr, 2024
  • The Arc, Rencana Besar Nissan Lahirkan Puluhan Mobil Elektrifikasi
    The Arc, Rencana Besar Nissan Lahirkan Puluhan Mobil Elektrifikasi
    Setyo Adi . 30 Mar, 2024
  • Nissan Indonesia Berikan Diskon Hingga 60 persen Selama Ramadhan 2024
    Nissan Indonesia Berikan Diskon Hingga 60 persen Selama Ramadhan 2024
    Zenuar Yoga . 22 Mar, 2024

Artikel Mobil Nissan dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test
  • Poin Menarik yang Ditawarkan Nissan Kicks e-Power
    Poin Menarik yang Ditawarkan Nissan Kicks e-Power
    Alvando Noya . 06 Apr, 2024
  • Mudik Bersama Nissan Kicks e-Power, Nyaman dan Irit Banget
    Mudik Bersama Nissan Kicks e-Power, Nyaman dan Irit Banget
    OTO . 06 Apr, 2024
  • Nissan Ungkap The Arc, Langkah Strategis untuk Bersaing Global
    Nissan Ungkap The Arc, Langkah Strategis untuk Bersaing Global
    Setyo Adi Nugroho . 01 Apr, 2024
  • Nissan Siapkan Bengkel Siaga dan Layanan Darurat 24 Jam Selama Musim Mudik 2024
    Nissan Siapkan Bengkel Siaga dan Layanan Darurat 24 Jam Selama Musim Mudik 2024
    Zenuar Yoga . 25 Mar, 2024
  • Pertama Kali di Indonesia, Nissan Memperkenalkan Ariya dan Sakura
    Pertama Kali di Indonesia, Nissan Memperkenalkan Ariya dan Sakura
    Anindiyo Pradhono . 21 Feb, 2024
  • Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Toyota Yaris Cross Hybrid Menantang Nissan Kicks e-Power
    Setyo Adi Nugroho . 24 Mei, 2023
  • Toyota All New Voxy atau Nissan All New Serena, Pilih Mana?
    Toyota All New Voxy atau Nissan All New Serena, Pilih Mana?
    Setyo Adi Nugroho . 18 Feb, 2022
  • 5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
    5 Alasan Mengapa All New Nissan Leaf Layak Dilirik untuk Kendaraan Harian
    Setyo Adi Nugroho . 02 Sep, 2021
  • Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Nissan Leaf Datang Menantang Hyundai Ioniq, Simak Perbandingannya
    Setyo Adi Nugroho . 18 Agu, 2021
  • Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Adu Crossover Bermesin 1.000 cc Turbo Paling Murah, Pilih Daihatsu Rocky atau Nissan Magnite?
    Ahmad Karim . 18 Mei, 2021
  • Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Setelan Baru Mengejar Efisiensi
    Test Drive New Nissan Kicks e-Power: Setelan Baru Mengejar Efisiensi
    Wahyu Hariantono . 29 Nov, 2023
  • First Drive New Nissan Kicks e-Power 2023: Performa Masih Idaman, Efisiensi Jadi Bonus
    First Drive New Nissan Kicks e-Power 2023: Performa Masih Idaman, Efisiensi Jadi Bonus
    Setyo Adi Nugroho . 13 Apr, 2023
  • Realita Nissan Leaf Dibawa Pergi Jauh: Mumpuni dan Nikmat Namun Dibatasi Kondisi
    Realita Nissan Leaf Dibawa Pergi Jauh: Mumpuni dan Nikmat Namun Dibatasi Kondisi
    Ahmad Karim . 09 Sep, 2021
  • First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    First Drive Nissan Magnite 1.0L Premium CVT: Mencari Jawaban atas Kualitas dan Kenyamanan
    Ahmad Karim . 14 Jan, 2021
  • Road Test Nissan Kicks e-Power, Konsumsinya Bisa 25 Km/Liter
    Road Test Nissan Kicks e-Power, Konsumsinya Bisa 25 Km/Liter
    Wahyu Hariantono . 13 Okt, 2020