Perbandingan Honda Beat Baru, Suzuki Nex II dan Yamaha Mio M3

Perbandingan Honda Beat Baru, Suzuki Nex II dan Yamaha Mio M3
JAKARTA, Motovaganza.com -- Honda BeAT tak lagi ketinggalan dari Suzuki Nex II. Bahasannya tentu menyasar soal fitur, karena PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja menyegarkan skutik entry level-nya ini. Selain itu, ada lagi ubahan yang membuat BeAT makin unggul. Simak paparannya berikut ini. Wajar kami menyandingkan BeAT dengan Nex II. Secara peredaran, inilah skutik 110 cc yang paling banyak beredar di jalan. Ditambah lagi, keduanya juga menyandang status skutik termurah dari masing-masing pabrikan. Tapi jangan beranggapan produk ini murahan, toh pihak APM menyematkan beragam fitur. Sebut saja terapan semacam lampu LED. Suzuki Nex II sudah lebih dulu mengaplikasikannya, walaupun tak didapat pada versi standar. Aplikasi itu hanya ditemui pada tipe Fancy Dynamic dan Premium Elegant. Artinya, Suzuki Nex standar ditawarkan apa adanya, tanpa lampu LED. Lain halnya Honda BeAT. Tipe paling standar sudah diperkaya lampu hemat daya itu. Dari sini BeAT unggul. Sebagai informasi, tipe terendah sekarang dipegang oleh BeAT CBS. Ia menggantikan BeAT CW yang sebelumnya dipatok paling murah. Nah, di varian bawah ini penerangan LED sudah bisa didapat. Pun soal sistem kunci, ketambahan tombol pembuka jok. Sementara Nex masih bertahan dengan pengaman magnet.

Panel Digital

All New Honda BeAT StreetLantas mengenai panel meter. Sejak 2016 atau lebih tepatnya generasi keempat BeAT rilis, AHM memperkayanya dengan tampilan padu padan analog-digital. Lagi-lagi data fundamental kendaraan disajikan Nex secara analog. Sebagai contoh, penampang indikator BBM. Terkait bahan bakar, BeAT sanggup menampung bensin lebih banyak. Bahkan sekarang bertambah jadi 4,2 liter, sedangkan Nex: 3,6 liter saja. Urusan ini juga pasti berkaitan dengan mesin. All New BeAT menggendong mesin eSP anyar. Ya, jantung mekanisnya sama seperti milik Honda Genio. Secara data, ada peningkatan torsi dan tenaga dari BeAT lawas. Sayang, urusan satu ini BeAT masih harus mengakui performa Nex. Maklum, kubikasi total Nex adalah 113 cc.
Suzuki Nex II

Sasis eSAF

Tapi jangan skeptis dulu mengenai handling. Nyatanya sekarang BeAT mengandalkan sasis eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Betul, rangka baja yang pertama kali digendong Honda Genio. Kami sempat mencobanya dan benar saja, BeAT 2020 makin lincah bermanuver. Faktanya bobot Beat turun 3 kg menjadi 90 kg. Tentu impresinya berbeda dari Suzuki Nex II yang punya berat tubuh 93 kg. Berkat tulangan itu pula, BeAT bisa mengoptimalkan fitur lain. Termasuk bagasi yang notabene juga penting buat konsumen. Daya tampung barang di bawah jok itu berkapasitas 12 liter, dari sebelumnya 11 liter. Dan, jauh di atas Suzuki Nex II.
Yamaha Mio

Power Outlet

Ada satu lagi hal baru yang kini menjadi penawaran baru Honda BeAT. Ya, ketersediaan power outlet guna keperluan mengisi daya gawai. Terletak di bagian bawah rumah kunci, namun khusus ada di varian BeAT Deluxe. Karena fitur satu inilah Beat jadi setara Nex II, meski juga hanya dipunya versi atas. Namun mengenai harga, BeAT tetap lebih mahal ketimbang Nex. AHM Membanderolnya mulai Rp 16,45 juta sampai Rp 17,25 juta. Sementara Suzuki Nex II dari Rp 15,75 juta hingga Rp 16,45 juta. BeAT memang lebih mahal, tqpi ingat dia punya fitur lain seperti CBS (combi brake system), ISS (Idling Stop System) yang berperan mematikan mesin secara otomatis saat idle, ACG starter hingga ECO indicator. Bagaimana dengan entry level seperti Yamaha Mio? Jangan melihatnya dari kapasitas mesin karena jajaran Mio sudah 125 cc. Tapi di beberapa tipe sudah memakai sistem kunci dengan kelengkapan answer back system. Namun mengenai kapasitas bagasi (4,2 liter) dan lampu LED, BeaAT sama seperti Mio. Terkait hargapun mirip-mirip, tinggal Anda yang tentukan, mau skutik entry level 110 cc atau 125 cc. ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Motor Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Motor dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Vespa World Day 2024 Dihadiri 30 Ribu Pencinta Vespa
    Zenuar Yoga . 26 Apr, 2024
  • Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Bangkitkan Nilai Sejarah Balap, Yamaha Rilis XSR900 GP
    Anjar Leksana . 23 Apr, 2024
  • Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Ducati Indonesia Gelar Program Check-Up Gratis dan Diskon 70 persen Suku Cadang
    Zenuar Yoga . 23 Apr, 2024
  • Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Michelin Indonesia Gelar Safety Riding Class untuk Pengendara Perempuan
    Anindiyo Pradhono . 23 Apr, 2024
  • Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Honda Giorno+ 2024 Special Edition Bercorak Donald Duck
    Anjar Leksana . 22 Apr, 2024
  • Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Adu Varian Tertinggi Yamaha Lexi LX 155 dengan Honda Stylo 160, Siapa Unggul?
    Zenuar Yoga . 24 Apr, 2024
  • Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Update Motor Sport Yamaha 150 cc Pasca Lebaran 2024, Termurah Rp20 jutaan
    Zenuar Yoga . 22 Apr, 2024
  • Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Setelah Lebaran 2024 Mau Cari Skutik 125 cc Seharga Rp20 jutaan? Ini Pilihannya
    Zenuar Yoga . 19 Apr, 2024
  • Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Pilihan Skutik Maxi dan Classy Yamaha Pascalebaran 2024
    Zenuar Yoga . 18 Apr, 2024
  • Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Suka Jadi Perhatian? Ini Motor Ikonik Honda yang Layak Dipilih
    Zenuar Yoga . 15 Apr, 2024
  • Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Agar Tetap Optimal, Lakukan Hal Ini Setelah Motor Dipakai Mudik
    Zenuar Yoga . 16 Apr, 2024
  • Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Supaya Vespa Matic Anda Tetap Bugar saat Ditinggal Mudik, Lakukan Ini
    Zenuar Yoga . 08 Apr, 2024
  • Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Cara Mudah Merawat Sistem Pengereman Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 27 Mar, 2024
  • Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Perhatikan Hal ini Sebelum Mudik Menggunakan Sepeda Motor
    Zenuar Yoga . 21 Mar, 2024
  • Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Biar Aman dan Nyaman di Jalan, Ini Tips Berkendara saat Berpuasa
    Zenuar Yoga . 20 Mar, 2024
  • Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Test Ride Suzuki V-Strom 250SX: Jajal Kapabilitas Motor Tualang di Lintasan Off-Road!
    Setyo Adi Nugroho . 08 Mar, 2024
  • First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    First Ride Yamaha Lexi LX 155: Lincah, Irit dan Fungsional Jadi Satu
    Bangkit Jaya Putra . 07 Feb, 2024
  • First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    First Ride Honda Stylo 160: Desain Retro Tapi Ada Rasa yang Sama
    Setyo Adi Nugroho . 04 Feb, 2024
  • First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    First Ride Suzuki Burgman Street 125EX: Desain Nyentrik, Handling Pas
    Anindiyo Pradhono . 01 Feb, 2024
  • Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Test Ride Harley-Davidson Pan America 1250 Special: Sang Penantang Baru di Segmen Tualang
    Zenuar Yoga . 27 Okt, 2023