Perbandingan Spesifikasi Rantis Pindad MV2 dan Maung

Pindad MV2

Kendaraan Taktis Maung garapan PT Pindad (perseroan) sempat menyita perhatian publik. Sekarang mereka berinovasi menampilkan model purwarupa anyar, mengusung nama MV2. Sepintas keduanya cukup mirip. Namun secara dimensi maupun kapabilitas mesin jauh berbeda. Dari sisi mekanis, walau sama-sama berjantung pacu diesel. Maung lebih bertenaga. Berikut sejumlah perbedaannya.

MV2 dibekali mesin diesel berdaya sekitar 138 PS pada 3.200 rpm dan torsi maksimum 385 Nm di 1.600 - 2.600 rpm. Ia merupakan mobil berpenggerak empat roda (4WD) atau 4x4 dengan ban 35 x 12.50 R17. Transmisi yang digunakan model manual, berjumlah percepatan 6 maju plus 1 mundur. Suspensi depan independent, double wishbone sedangkan bagian belakang disangga four link with coilover shock.

Pindad Maung Pindad Maung

Walau masih prototipe, perusahaan menyebut MV2 memiliki kecepatan maksimum 120 km/jam. Dan jarak tempuhnya mencapai 600 km dalam kondisi bahan bakar penuh. Kemampuan daya tanjak 60 persen, kemiringan 30 persen, mengarung (fording) 75 cm. Ia dirancang untuk memenuhi kebutuhan operasi modern. Juga, dimungkinkan untuk memenuhi pasar umum, selain kebutuhan militer. Kemampuan manuver diklaim gesit nan handal. Sebab mobil dilengkapi suspensi kokoh, baik pakai di medan on road maupun off road.

Sedangkan Maung mengandalkan mesin diesel turbo berkode 2GD-FTV 2.400 cc, 4 silinder (DOHC) 16 katup. Ya, sebuah enjin yang juga terpasang di Toyota Fortuner. Tenaga tersaji 151 PS berikut torsi 400 Nm. Rantis Pindad ini punya sistem penggerak roda 4WD dengan Rear Differential Lock. Kecepatan maksimal sampai 120 km per jam. Dan harus bisa melewati genangan air minimal 70 cm, mampu menanjak hingga kemiringan 30 derajat. Kemudian harus bisa melahap jalan miring serta sanggup menempuh jarak hingga 880 km.

 

Baca Juga: Kemenperin, NMAA dan PowerAce Adakan Kontes Modifikasi Digital Kendaraan Listrik Roda Tiga

Pindad MV2

Jadi bisa dilihat, kemampuan mesin Maung lebih unggul dari MV2. Daya jelajah pun kacek jauh, kemungkinan kapasitas penampung solar jauh berbeda. Namun dari dimensi, MV2 memiliki panjang 5.220 mm, lebar 2.010 mm, tinggi 1.860 mm, jarak sumbu roda 3.220 mm plus ground clearance 260 mm. Bobot kosong kendaraan 2.630 kg dan dapat menahan berat maksimal hingga 3.200 kg.

Lalu Maung punya berat kosong 2.160 kg dan bobot penuh 2.910 kg. Dimensi lebih kecil dari MV2. Panjang mencapai 4.900 mm, lebar 2.400 mm, tinggi 1.800 mm, jarak sumbu roda 3.090 mm. Kemudian kendaraan dapat dilengkapi braket senjata 7,62 mm, konsol senjata SS2-V4, GPS navigasi, tracker dan perlengkapan lain.

VP Inovasi PT Pindad (Persero), Windu Paramartha menyampaikan. Kendaraan diharapkan dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Mampu bersaing dengan menghasilkan inovasi barang berkualitas. “Produk ini adalah hasil kerja keras dari teman-teman dan para staf yang sudah membantu. Harapannya, tidak hanya produk ini saja yang bisa kita berikan. Tetapi juga produk-produk lain, kelak bisa mendukung Pindad. Untuk menjadi sebuah industri ternama, terdepan serta mampu bersaing di kancah pasar global,” sebut dia. (Alx/Odi)

 

Baca Juga: Pindad Luncurkan MV2 4x4, Kendaraan Taktis untuk Operasi Militer Modern

Baca Semua

Artikel Unggulan

Artikel yang direkomendasikan untuk anda

Baca Semua

Mobil Unggulan

  • Yang Akan Datang

Artikel Mobil dari Carvaganza

  • Road Trip Bersama Honda CR-V RS e:HEV: Ubah Jalur Boros Jadi Irit
    Road Trip Bersama Honda CR-V RS e:HEV: Ubah Jalur Boros Jadi Irit
    Wahyu Hariantono . Hari ini
  • Atto 1 Curi Perhatian, BYD dan Denza Catat 4.195 Unit SPK Selama GIIAS 2025
    Atto 1 Curi Perhatian, BYD dan Denza Catat 4.195 Unit SPK Selama GIIAS 2025
    Setyo Adi . Hari ini
  • Startup Milik Dongfeng Sedang Garap SUV Mewah Sekelas Cullinan
    Startup Milik Dongfeng Sedang Garap SUV Mewah Sekelas Cullinan
    Muhammad Hafid . Hari ini
  • Kenali Keunggulan Sistem Penggerak e-4orce Milik Nissan X-Trail e-Power
    Kenali Keunggulan Sistem Penggerak e-4orce Milik Nissan X-Trail e-Power
    Bangkit Jaya . 14 Agu, 2025
  • Perfection Auto Gallery Buka Cabang di PIK 2, One Stop Service untuk Pecinta Otomotif
    Perfection Auto Gallery Buka Cabang di PIK 2, One Stop Service untuk Pecinta Otomotif
    Zenuar Yoga . 14 Agu, 2025

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test
  • Konsumen Atto 1 Butuh Wall Charger, BYD Sediakan dengan Harga Rp8 Jutaan
    Konsumen Atto 1 Butuh Wall Charger, BYD Sediakan dengan Harga Rp8 Jutaan
    Setyo Adi Nugroho . Hari ini
  • Jadi Mobil Listrik Komersial Pertama Wuling, Mitra EV Siap Dukung Beragam Usaha
    Jadi Mobil Listrik Komersial Pertama Wuling, Mitra EV Siap Dukung Beragam Usaha
    Ardiantomi . Hari ini
  • Harga Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid 2025 Resmi Naik
    Harga Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid 2025 Resmi Naik
    Anjar Leksana . Hari ini
  • BYD Dolphin 2025 Dapat Warna dan Fitur Anyar
    BYD Dolphin 2025 Dapat Warna dan Fitur Anyar
    Anjar Leksana . Hari ini
  • Bukan Harga, Baterai Jadi Pertimbangan Utama Konsumen Mobil Listrik di Indonesia
    Bukan Harga, Baterai Jadi Pertimbangan Utama Konsumen Mobil Listrik di Indonesia
    Muhammad Hafid . 14 Agu, 2025
  • Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
    Anggaran Mobil Dinas Pejabat Naik Jadi Rp931 Juta, Bisa Beli Mobil Apa Saja?
    Zenuar Yoga . Hari ini
  • Low SUV Terbaru Agustus 2025: Hyundai Cartenz X hingga Citroën C3 Aircross
    Low SUV Terbaru Agustus 2025: Hyundai Cartenz X hingga Citroën C3 Aircross
    Setyo Adi Nugroho . 14 Agu, 2025
  • Memahami Sistem Penggerak e-4orce Milik Nissan X-Trail e-Power
    Memahami Sistem Penggerak e-4orce Milik Nissan X-Trail e-Power
    Bangkit Jaya Putra . 11 Agu, 2025
  • Komparasi Spek SUV Hybrid Terjangkau: Chery Tiggo Cross CSH vs Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid
    Komparasi Spek SUV Hybrid Terjangkau: Chery Tiggo Cross CSH vs Daihatsu Rocky e-Smart Hybrid
    Setyo Adi Nugroho . 06 Agu, 2025
  • Menengok Xingyuan, EV Hatchback dari Geely yang akan Hadir Tahun Ini
    Menengok Xingyuan, EV Hatchback dari Geely yang akan Hadir Tahun Ini
    Setyo Adi Nugroho . 04 Agu, 2025
  • EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
    EV Murah Makin Banyak Tapi Jangan Asal Beli, Pertimbangkan Ini Dulu
    Setyo Adi Nugroho . 12 Agu, 2025
  • Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Cuaca Kembali Ekstrem, Waspada Beberapa Masalah untuk Kendaraan
    Setyo Adi Nugroho . 08 Jul, 2025
  • 6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    6 Kesalahan Parkir Kendaraan yang Bisa Berujung Banyak Kerugian
    Anjar Leksana . 04 Jul, 2025
  • Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Garasi Oase Ungkap Cara Mudah Deteksi Kondisi Kaki-Kaki Mobil dan Perawatannya
    Zenuar Yoga . 30 Jun, 2025
  • Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Tips Memilih Aksesori Tambahan untuk Kenyamanan Mengemudi Harian
    Setyo Adi Nugroho . 04 Jun, 2025
  • First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
    First Drive Suzuki Fronx GL AT: Rasa Berkendara Mirip Baleno, tapi Suspensi Dibikin Kaku 
    Anjar Leksana . 11 Agu, 2025
  • First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    First Drive Mitsubishi Destinator: Pengendalian hingga Efisiensi, Paket Lengkap untuk SUV Keluarga
    Setyo Adi Nugroho . 21 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Test Drive Jaecoo J7 AWD: Tangguh di Off-road Ringan, Nyaman di Jalan Raya
    Muhammad Hafid . 04 Jul, 2025
  • Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Test Drive Jaecoo J7 SHS: Efisiensi Plug-in Hybrid dan Kenyamanan Modern di Jalan Tol
    Muhammad Hafid . 02 Jul, 2025
  • Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Test Drive Chery Tiggo 8 CSH: Uji Efisiensi dan Plus Minus PHEV Termurah Saat Ini
    Setyo Adi Nugroho . 24 Jun, 2025