Piaggio MP3 500 HPE, Pakai Gigi Mundur Dijual Rp 360 Juta

JAKARTA -- PT Piaggio Indonesia memperkenalkan Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced. Skuter roda tiga ini mendapat perbaikan dari sisi mesin. Itulah yang membuatnya dilabeli HPE (Gigh Performance Engine). Sedangkan harga jual dibanderol di angka Rp 360 juta.


Piaggio MP3 menjadi skuter roda 3 pertama di dunia. Highlight utama Piaggio MP3 edisi terbaru ini adalah inovasi di bagian mesin dan transmisi. Ia diperkuat mesin MASTER HPE single cylinder 4 stroke berkapasitas 493 cc. Mesin baru ini lebih bertenaga dan memberikan kinerja 14% lebih tinggi dibanding mesin 500 cc sebelumnya dengan tenaga maksimum 44,2 hp pada 7.750 rpm. Sedangkan torsi membuncah diangka 47,5 Nm pada 5.500 rpm.


Berbagai teknologi pendukung disematkan seperti Electronic Injection pemetaan ganda (ECO dan STD) pada sistem bahan bakar. Tambahan lain adalah cooling system dengan cairan dan sistem Ride-by-Wire.


Piaggio MP3 500 HPE


Tenaga disalurkan dengan transmisi CVT (continuous variable transmission) with torque server. Sistem transmisi disempurnakan dengan pengguaan gigi mundur pada versi Sport Advance. Penggunaan gigi mundur ini tentunya akan memudahkan dan menambah kenyamanan saat parkir di tempat yang sempit. Pembaruan ini menjadikan Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced sebagai skuter roda tiga pertama di dunia dengan gigi mundur yang terpasang sebagai fitur standar.


“Kehadiran Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced adalah cara kami mengantarkan performa berkualitas tinggi, kenyamanan berkendara, dan mobilitas premium dengan teknologi mutakhir dan desain mewah ala Italia yang istimewa. Dengan menawarkan satu lagi yang pertama di dunia, yaitu gigi mundur canggih yang pernah diinjeksi pada sebuah skuter beroda tiga, memberikan pengendaranya kenyamanan yang belum pernah ada sebelumnya dan rasa yang eksklusif, menjadikannya sangat cocok untuk individu berkelas yang mencari petualangan dalam gaya paling canggih," kata Marco Noto La Diega, Presiden Direktur PT Piaggio Indonesia.


Piaggio MP3 500 HPE


Tampilan


Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced dirancang untuk pengalaman berkendara yang luar biasa. Detail yang sempurna dari setang, sadel, dan pijakan kaki telah dipikirkan dengan cermat untuk memastikan kenyamanan pengendara saat menjelajahi perkotaan.


Ia memiliki tubuh yang lumayan besar. Catatan Piaggio menyebutkan MP3 500 HPE ini memiliki dimensi 2.200 x 800 x 1540 mm (PxLxT). Meski demikian untuk duduk tak perlu khawatir karena tinggi duduk hanyalah 790 mm.


Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced dilengkapi dengan fitur roll lock pada suspensi depan yang memungkinkan pengendara memarkir Piaggio MP3 di mana saja dengan mudah dan tanpa harus berpijak di permukaan jalan. Perhatian utama terletak pada penambahan fitur gigi mundur, Piaggio MP3 500 HPE Sport Advanced pun menjadi skuter istimewa dan canggih yang pernah dibuat.


Piaggio MP3 500 HPE


Fitur Keselamatan


Kedua roda pada bagian depan dan sistem suspensi eksklusif yang dipatenkan dan dikembangkan oleh Piaggio. Suspensi depan yang disebut Articulated quadrilateral ini menggunakan sistem electro-hydrualic suspension blocking yang sangat fleksibel ketika bertemu dengan berbagai tipe jalan dan tikungan.


Di bagian digunakan double hydroulic shock abbsorber with gour-position spring pre-load adjustment. Bercat merah pekat, sepasang peredam guncangan gas Kayaba pada bagian belakang memungkinkan kinerja dan kenyamanan yang lebih baik, traksi yang luar biasa dan stabilitas kendaraan yang ditingkatkan karena kemampuan penyerapan guncangan saat melewati jalanan yang tidak rata.


Kemampuan pengereman didukung double disc berukuran 258 mm di depan dan disc 240 mm di belakang. Dilengkai ABS with braking integrated with the pedal.


Piaggio MP3 500 HPE


Fitur keselamatan lainnya termasuk lampu depan baru yang kini dilengkapi dengan lampu DRL berteknologi LED, integrasi ABS (anti-lock braking system) pada pedal dan kontrol traksi ASR (anti slip regulation) untuk kendali maksimal di berbagai jenis permukaan jalan.


Untuk pemakaian perkotaan rasanya tak terlalu masalah. Piaggio menyiapkan tangki bahan bakar berkapasitas 13,2 liter. Piaggio MP3 500 Sport Advanced baru tersedia dalam warna Oro Opaco (Emas) memukau dengan harga Rp 360 juta (OTR Jakarta).


"Pengenalan Piaggio MP3 500 Sport Advanced ini pun mendukung Strategi Premium PT Piaggio Indonesia untuk memberikan pelayanan terbaik dan pengalaman roda dua premium Italia melalui keunggulan produk, suasana dealer Motoplex yang unik, suku cadang asli, dan aksesori penuh gaya," tutup Marco Noto La Diega. (Raju)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda