Pilih kota Anda untuk memulai pencarian

icon

Atau pilih dari kota populer

    Renault Tampilkan Kiger, Saudara Nissan Magnite yang Lebih Kece

    SUV mungil hasil racikan aliansi Renault-Nissan mulai terlihat. Setelah Nissan Magnite, kini giliran Renault Kiger. Memang masih sebatas konsep atau model pajangan, tapi inilah model untuk menarik pelanggan di segmen B. Tak hanya mengisi market domestik India, juga akan diekspor ke beberapa kawasan, termasuk Indonesia.


    Walau masih satu darah dengan Nissan Magite, perawakan Kiger sangat berbeda. Sekilas, model show car terlihat menonjol dengan kap terpahat. Kaca depan ramping dan atap semi mengambang dengan roof rail. Di kedua sisi, spion berbentuk runcing, didesain seperti sayap pesawat terbang. Di bagian belakang, roof drop diatapi spoiler, membuat kendaraan ini terlihat sangat lapang. Padahal panjangnya kurang dari 4 meter, sesuai ketentuan Negeri Bharata.


    Renault Kiger 2020


    Bagian bawah terlihat berotot dan kekar. Kiger bertumpu pada empat roda berukuran 19 inci yang dibingkai lengkungan persegi besar. Maklum, namanya saja kendaraan purwarupa. Gaya eksterior tampak gahar. Racikan itu menghasilkan ground clearance 210 mm. Lantas bahu menonjol menegaskan semangat berkelana dari sosok SUV. Sisi sporty diperkuat oleh knalpot ganda di tengah dan pola sarang lebah (honeycombs) yang tersebar di seluruh kendaraan.


    Renault Kiger dilengkapi dengan sorot pencahayaan LED dua bagian. Mirip seperti yang muncul di New Kwid tahun lalu dan lampu sein hijau. Di bagian belakang, lampu berbentuk C ganda menandakan kalau ia berada di bawah merek Renault. Diperkirakan model produksi tak bakal jauh-jauh dari yang Anda lihat sekarang ini.


    2020 renault kiger


    “Kolaborasi kreatif desainer Prancis dan India, adalah cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan serta harapan konsumen. Sehingga mereka semakin menyukai gaya, dinamisme dan kebaruan. Seperti halnya Triber, kami kembali menunjukkan kemampuan berinovasi. Yakni dengan menawarkan model baru berkepribadian ganda. Baik untuk perkotaan maupun bertualang. Kiger versi show car bakal sangat mirip dengan model produksi di masa depan,” papar Laurens van den Acker, EVP Corporate Design of Groupe Renault (18/11).


    Soal jantung mekanis, dikabarkan menggunakan mesin sama dari Magnite. Pertama pakai jenis bensin 1,0 liter B4D yang disedot secara alami dengan sistem Dual VVT Nissan. Enjin menghasilkan daya 73 PS pada 6.250 rpm. Kemudian torsi puncak 96 Nm diraih sejak 3.500 rpm. Unit ini hanya ditawarkan dengan transmisi manual lima percepatan saja.


    2020 renault kiger


    Lalu pilihan mesin yang lebih besar, turbo 1,0 liter tiga silinder. Di Magnite, mesin mampu memberi lecutan 100 PS pada 5.000 rpm. Dengan transmisi manual lima percepatan, torsi 160 Nm dihasilkan antara 2.800-3.600 rpm. Namun dengan CVT, torsinya turun menjadi 152 Nm yang dicapai rentang 2.200-4.400 rpm. Kemungkinan besar mekanikal pacu itu bakal ditawarkan di dalam Kiger.


    Ekspektasi lain dalam Kiger berupa automatic climate control alias AC digital. Selain itu, fitur keselamatan standar diperkirakan menyediakan rem cakram di depan dan teromol di roda belakang. Deselerasi diperkuat ABS berikut EBD. Syukur kalau pabrikan bisa menawarkan varian atas dengan empat kantong udara. Pertanyaan terakhir ialah soal harga. Di pasar India unit diperkirakan mulai dijual Rs 5.5 lakhs atau setara Rp 112 jutaan. Sama seperti Magnite.


    Nah, kalau Magnite turbo dipastikan bakal dijual di Indonesia. Ia pernah muncul di jalanan saat uji jalan. Sementara itu, di waktu yang berbeda. Salah satu petinggi Renault pernah berwacana soal ketertarikan pada Kiger. SUV mungil Nissan saja masuk, bukan tak mungkin kembarannya ikut meramaikan pasar. Tapi tunggu, sampai model produksi siap tersaji. (Alx/Odi)

    Artikel yang direkomendasikan untuk anda