REVIEW: Menilik Keunggulan Si Bongsor Yamaha XMax

JAKARTA, Motovaganza.com – Di Indonesia tak banyak pemain skutik premium 250 cc. Harus diakui, Yamaha Xmax menjadi model yang paling banyak berseliweran di jalan raya. Lantaran diproduksi mandiri oleh Yamaha Indonesia, harganya tentu paling ekonomis. Tapi apa hal yang membuat XMax unggul?

Embel-embel Maxi Yamaha memang pantas disematkan pada XMax. Sosoknya gambot. Dituangkannya melalui desain muka yang besar, lampu ganda disertai pula cover dengan bentuk agresif. Penerapan serupa pun dilakoni pada area buritan. Meski begitu ramuan bodi XMax sebenarnya proporsional. Dengan dimensi: 2.185 x 775 x 1.465 mm (PxLxT), XMax memang berukuran besar. Tapi coba tengok bentuk knalpotnya yang ramping, pas.

Racikan tubuhnya dibuat senyaman mungkin bagi pengendara. XMax punya posisi setang cukup tinggi. Sementara jok terkesan amblas dan bidang (lebar). Sektor ini kemudian ditunjang lagi dengan pijakan kaki luas, memudahkan pengendara untuk berkendara secara santai.

Anda kita memuntir tuas gas untuk menikmati mesin SOHC 150 cc berdaya 22,5 hp @7.000 rpm. Sedikit lebih unggul dibanding kompetitor seperti Honda Forza 32,1 hp @7.500 rpm maupun Kymco Downtown 250i (22,9 hp @7.750 rpm). Torsi Xmax selain besar juga didapat pada putaran lebih rendah yaitu 24,3 Nm @5.500 rpm. Sementara Forza maupun Downtown masing-masing mencatat 24 Nm @6.250 rpm dan 23,14 Nm @6.000 rpm.

Kapabilitas itu lantas ditunjang lagi keberadaan Traction Control System (TCS). Berkat fitur ini, ECU akan mengatur putaran roda belakang agar 'seirama' dengan roda depan. Sebagai tujuan meminimalisir gejala selip. Tentu saja perangkat itu bekerja berdampingan dengan perangkat ABS. Memang bukan hal spesial di jajaran big scooter, melainkan sebuah perangkat wajib. Toh, rival sekelas Forza juga punya terapan satu itu. Termasuk pemilihan roda berukuran belang dan suspensi belakang ganda.


Akomodasi dan Fitur


Kemampuan untuk jelajah dimiliki XMax. Dengan kapasitas tangki BBM 13 liter, paling tidak tak kepalang 'haus' ketika diajak touring. Sementara milik kompetitor di bawah itu (Honda Forza 11,5 liter, Kymco Downtown 250i 12,5 liter). Keunggulan akomodasi juga dimiliki. Ruang di bawah jok XMax bermuatan 37 liter. Pemilik bisa dengan mudahnya menaruh dua buah helm full face, plus beberapa barang tambahan lain.

Mengenai kelengkapan lain, Yamaha XMax tak kalah modern. Dimulai dari sematan sistem penerangan LED (lampu utama dan rem saja), kombinasi panel meter analog-digital yang informatif, sistem kunci dengan Smart Key System (SKS) yang bersanding dengan tombol pembuka jok dan cover tangki bensin. Ia pun menyediakan power outlet berikut konsol untuk menaruh gawai, ketika dayanya diisi ulang.


Harga Paling Ekonomis


Menariknya, XMax dibanderol Rp 61,475 juta. Sementara banderol Honda Forza mencapai Rp 83,81 juta. Begitu juga Kymco Downtown 250i yang dipatok Rp 68 jutaan. Wajar karena kedua lawan datang dengan status impor. Sementara XMax merupakan hasil buatan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Tak cuma untuk konsumsi domestik, produk tersebut juga disebar ke berbagai negara, meliputi Asia, Amerika Serikat hingga Eropa. Namun dengan kubikasi mesin lebih besar yakni 300 cc.

Spesifikasi Lengkap


Mesin
Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection
Tipe Kopling: Single Dry Clutch
Tipe Transmisi: Full Automatic
Tipe Mesin: Liquid Cooled 4-stroke, SOHC
Jumlah Silinder: Single Cylinder
Diameter x Langkah: 70,0 x 64,9 mm
Perbandingkan Kompresi: 10.5±0.4 : 1
Daya Maksimum: 16,8 Kw/7000rpm
Torsi Maksimum: 24,3 Nm/5500rpm
Sistem Starter: Electric Starter
Sistem Pelumasan: Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin: Total = 1,7 L ; Berkala = 1,5 L

Dimensi
P X L X T: 2185mm X 775mm X 1465
Jarak Sumbu Roda: 1540mm
Jarak Terendah ke Tanah: 135mm
Tinggi Tempat Duduk: 795mm
Berat: 179 KG
Kapasitas Tangki Bensin: 13 Liter

Rangka
Tipe Rangka: Underbone
Suspensi Depan: Teleskopik
Suspensi Belakang: Unit Swing
Ban Depan: 120/70-15M/C 56P
Ban Belakan: 140/70-14M/C 62P
Rem Depan: Disc Brake
Rem Belakang: Disc Brake

Kelistrikan
Sistem Pengapian: TCI
Battery: GTZ8V
Tipe Busi: LMAR8A-9

Baca juga: Ini Daftar Keunggulan Yamaha XMax

ARY DWINOVIANSYAH | RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda